Jumat, 25 Desember 2020

Wisata Air Terjun Nyarai Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman

Air-Terjun-Nyarai terletak di verbal Hutan Gamaran, jorong Gumaran, Korong Salibutan, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman. Wisata air terjun ini sedang digandrungi sang beberapa wisatawan lantaran masih alami serta unik. Dengan tinggi lebih kurang 8 meter menggunakan menempuh bepergian darat selama 2-tiga jam sampai ke lokasi wisata. Tetap anda jangan risi, lokasi ini dijamin akan menjadi wisata alam yang sangat dekat dengan kota Padang.

Air-Terjun-Nyarai-Lubuk-Alung. Photo by : Valianta

Air-Terjun-Nyarai. Photo by : http://maulanasaedarifin.blogspot.co.id/

Bagaimana cara kesana.

Wisata Air Terjun Nyarai terletak di Lubuk Alung dan tidak terlalu sulit buat mencapai lokasi wisata ini. Namun anda membutuhkan hiking sesudah parkir kendaraan anda. Wisatawan akan dipandu oleh penduduk sekitar buat mencapai lokasi wisata. Dibutuhkannya pemandu dan wajib melapor pada pengelola buat membayar retribusi, karena perjalanan ini memasuki sawah rakyat, hutan ulayat, & hutan masyarakat Gamayan. Tentu pengalaman ini akan anda dapatkan ketika jalan kaki menuju lokasi wisata Air Terjun Nyarai. Ada beberapa lubuk yang akan anda temui tentu memiliki beberapa nama yg unik misalnya lubuk lalang, lubuk ngugun, serta lubuk batu tuduang. Anda jangan kawatir lokasi Air Terjun Nyarai Lubuk Alung telah terdapat jalan yg telah dibuat oleh penduduk menggunakan penyangga di sisi kiri dan kanan menjadi pengangan buat menempuh treking sampai ke lokasi air terjun Nyarai.

Lokasi petunjuk lokasi Air Terjun Nyarai Sicincin Lubuk Alung. Photo by : http://maulanasaedarifin.blogspot.co.id/

Situasi Air Terjun.

Lokasi air terjun Nyarai sangat terpelosok ini didalam hutan mempunyai daya magis bagi seluruh wisatawan. Masih alaminya lokasi wisata tentu sebagai tujuan utama anda buat menikmati alam. Kolam akan berwarna hijau jika anda berkunjung dalam ekspresi dominan kering, namun dalam musim hujan nir direkomendasikan lantaran suasana Air Terjun Nyarai sangat keruh.

Air yang mengalir kedalam lubuk diapit oleh dua butir batu besar seperti pintu air, seolah seperti bendungan & berbentuk seperti kolam. Terbentuk secara alami. Sangat bagus & indah sekali. Disisi kolam ada batu besar menciptakan lokasi pemandian ini menjadi sangat paripurna buat dicoba, Air yg sangat sejuk menjawab sudah keheningan lokasi didalam hutan sebagai nirwana baru wisata di Lubuk Alung.

Kegiatan pada air terjun.

Beberapa aktivitas yg dapat anda lakukan seperti camping atau menangkap ikan disekitar wisata air terjun. Anda wajib berafiliasi dengan guide menurut penduduk lokal yg akan memandu anda buat mencari lokasi yg tepat buat camping. Ikan disekitar air terjun juga dapat anda tangkap menjadi hidangan makan siang, cita rasanya sangat legit & dagingnya lembut. Harus memiliki keahlian khusus untuk menangkap mereka, relatif gesit & cepat sembunyi.

Oh ya, jangan lupan ada ayunan berdasarkan akar kayu yg dapat anda pakai buat menikmati alam dan berenang. Air nya sangat sejuk dan bersih. Sangat beda karena air ini pribadi dari pegunungan. Lokasi yg relatif terpencil ini sangat nyaman dan anda dapat mencicipi bagaimana menyatu menggunakan alam, disinilah tempatnya.

Wisata air terjun Nyarai ini dapat anda jadikan loka bersantai sepuasnya jauh berdasarkan kebisingan kota. Menangkap ikan, berenang, & bermain ayunan. Semua sangat alami sekali dan pasti anda akan ketagihan untuk tiba lagi.

Berikut berita NET TV indahnya Air-Terjun-Nyarai-Sicincin-Lubuk-Alung.

Tips.

1. Jika datang kelokasi wisata air terjun Nyarai pada Lubuk Alung ini harus dimusim kemarau. Lantaran dalam ekspresi dominan ini anda bisa menikmati kondisi air sangat bersih dan jernih. Pada saat inilah anda bisa melihat situasi kolam airnya berwarna hijau. Jika dalam ekspresi dominan hujan kondisi air terjun keruh & tidak nyaman buat menikmati suasana kolam.

Dua. Anda harus menyewa guide menurut penduduk lokal lantaran lokasi wisata masuk kedalam hutan & melewati beberapa lokasi hutan lain yang masih alami. Supaya anda tidak tersesat & salah arah. Untuk harga anda bisa negosiasikan kepada guide secara langsung. Jika anda ingin melakukan camping dilokasi ini jua bisa berbicara langsung menggunakan guide-nya buat menentukan spot yang terbaik.

3. Jagalah kebersihan disekitar lokasi air terjun Nyarai. Buang sampah pada tempatnya dan jangan lakukan corat-coret dinding batu yg akan merusak kealamian lokasi wisata.

4. Lokasi ini bukan loka berpacaran atau aktivitas mesum. Dan tentu anda tiba kelokasi ini untuk menikmati keindahan alam menggunakan lokasi alam yang masih alami.

Lima. Jangan lupa menunaikan solat fardhu, dengan cara ini anda mensyukuri rahmat dan karuniaNya atas semua keindahan alam seperti ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar