Kamis, 24 Desember 2020

Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta merupakan lokasi tempat peninggalan gedung tua pada masa Kolonial Belanda dengan sebutan Kota Batavia pada abad ke 17. Bangunan tua bergaya Eropa dan Cina ini mendominasi bentuk secara keseluruhan, bahkan terdapat campuran ke 2 negara tadi. Beberapa antara lain digunakan menjadi museum yang dikelola sang pemkot Jakarta. Kota tua Jakarta sangat menarik sebagai tempat wisata sejarah yg akan anda kunjungi bersama keluarga pada demam isu libur nanti.

Museum Fatahilah . Poto by: http://nabilahandrini.Wordpress.Com/

Salah satunya merupakan Museum Fatahillah yg terletak di pusat Kota Tua Jakarta. Namun anda tidak akan percaya, terdapat beberapa objek wisata kota tua lainnya yang terdapat disekitar Museum Fatahillah ini misalnya Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, Stasiun Jakarta Kota, Batavia Cafe, Menara Syahbandar, & Hotel Batavia. Tentu loka ini akan anda habiskan pada sehari penuh buat menikmati liburan ini disekitar kota Jakarta.

Napak Tilas Sejarah

Gaya arsitektur gedung adalah cikal-bakal perkembangan kota Jakarta pada ketika ini. Pembangunan hotel di muara sungai Ciliwung ini menjadi pusat berkumpulnya para saudagar buat bertransaksi pada Batavia dalam saat itu. Menjadi pusat perdagangan dunia yang relatif sibuk ini telah sebagai incaran beberapa negara Eropa buat mendudukinya. Sebagai loka penting yg bernama Sunda Kelapa inilah sebagai pintu masuk ke Kerajaan Hindu yang berada pada Sunda Pajajaran yang terletak pada Bogor. Negara Portugis merupakan armada pertama dari dataran Eropa yang melabuhkan kapalnya pada wilayah Sunda Kelapa.

Di daerah Sunda Kelapa inilah awal penyerang Kerajaan Demak yg dipimpin sang Fatahillah. Setelah direbut pada 22 Juni 1527 berubah nama menjadi Jayakarta yang berarti kota kemenangan dan kemuliaan. Maka setiap lepas ini diperingati sebagai ulang tahun kota Jakarta.

Pada abad ke 16 Belanda tiba merebut Jayakarta dibawah pimpinan Jan Pieterszoon Coen. Kemudian terjadi perubahan mulai dari nama Jayakarta menjadi Batavia termasuk konstruksi gaya bangunan. Pada masa penjajahan Jepang 1942-1945 Batavia berubah nama Jakarta.

Tempat menarik lainnya disekitar Kota Tua Jakarta.

Glodok merupakan kota Cina (China-Town) berlokasi lebih kurang 1-2km dari Kota Tua Jakarta. Taman Impian Jaya Ancol mempunyai beberapa arena liburan misalnya SeaWorld Indonesia, Dunia Fantasi, yg berlokasi 3-lima km dari kota tua.

Cara Aman Wisata Kota Tua Jakarta.

Apabila anda mempunyai waktu bersama famili melakukan wisata sejarah kota tua sempatkanlah juga berwisata pada lebih kurang lokasi ini. Objek wisata disekitar lokasi sangat gampang ditemui hanya berjalan kaki buat mengunjungi lokasi lain. Tentu ada jasa ojek atau none Belanda yang perlu berselfie ria relatif asik dilakukan. Sambil memakai sepeda ontel mengelilingi kota tua juga lebih mengasikan lagi.

Perjalan wisata kota tua Jakarta sebaiknya di pagi hari, sehabis itu menuju lokasi wisata lainnya misalnya museum disiang hari.

Akses transportasi publik tersedia untuk menuju lokasi kota tua Jakarta. Sepeti commuter-line, TransJakarta, atau Taksi. Sangat terkoneksi seluruh moda transportasi membuahkan wisata kota tua & tentu anda sanggup menentukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar