Rabu, 16 Desember 2020

Taman Hutan Raya Bung Hatta Sumatera Barat

Taman hutan raya [tahura] Bung Hatta merupakan suatu lokasi berupa daerah hutan yg dilindungi dan bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat sebagai cagar alam yg dijadikan sebagai hutan primer. Fungsi primer taman hutan raya [tahura] Bung Hatta ini merupakan sebagai loka yg bertujuan buat melindungi sumber daya alam, melestarikan plasma nutfah, membangun karakter cinta alam bagi pemuda-pemudi, penelitian, pendidikan, dan nir ketinggalan menjadi loka rekreasi. Taman Hutan Raya Bung Hatta terletak di jalan primer Padang-Solok Sumatera Barat dengan jawak tempuh lebih kurang 30-40 mnt dengan posisi letak sebelah kiri.

Pintu masuk kawasan adanya logo Taman Hutan Raya [Tahura] Bung Hatta

Perjalanan Sejarah

Perjalanan sejarah taman hutan raya [tahura] Bung Hatta nir terlepas peran serta berdasarkan Wakil Presiden Pertama RI yaitu Bp Muhammad Hatta dalam tahun 1955 diresmikan oleh dia dengan nama Kebun Raya Setia Mulya. Dengan berjalannya ketika peralihan & tanggung jawab pula beralih berdasarkan instansi yg ditunjuk untuk bertanggung-jawab dimulai sejak diresmikan merupakan LIPI [Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia]. Setelah berjalan lebih berdasarkan 5 tahun sekitar tahun 1961 seluruh pengelolaan diberikan kepada Pemerintah Daerah Tingkat I Sumbar. Lebih dari 20 tahun selesainya itu tepatnya tahun 1981 Pemerintah Daerah Tingkat I memilih Universitas Andalas [Unand]. Pada akhirnya pada lepas 12 Agustus 1986 daerah ini menurut Kepres No.35 Tahun 1986 & diresmikan sang Wakil Presiden Bp Umar Wirahadikusuma tempat ini sebagai tempat yg dikelola sang Departemen Kehutanan dengan rincian luas 240 Ha. Bertambah usia luas hutan raya terus berkembang sebagai 70.000 Ha. Sampai kini dimulai pada tanggal 31 Januari 1991, holistik pengelolaan Taman Hutan Raya [tahura] Bung Hatta yang bertanggung jawab adalah Pemerintah Daerah tingkat II Kodya Padang dengan membuat unit kerja misalnya badan pelaksana, unsur-unsur Pemerintah Daerah tingkat II, Universitas Andalas, & beberapa isntansi lainnya.

Kondisi Taman Hutan Raya [tahura] Bung Hatta

Pada saat sekarang syarat taman hutan raya Bung Hatta sudah baik menggunakan membenahi infrastruktur berupa penggantian monumen nama dan pintu gerbang. Pembenahan ini bertujuan buat meningkatkan kapabilitas daerah sebagai lebih baik menggunakan membuat beberapa aktivitas yg sanggup menarik pengunjung. Kegiatan ini sudah terlihat pada tahun 2016 tepatnya pada Lebaran Idul Fitri.

Gerbang Memasuki Kawan Wisata Taman Hutan Raya Bung Hatta

Kawasan Taman Hutan Raya [tahura] Bung Hatta ini masih terlihat pohon-pohon akbar seperti pohon pinus & mahoni yang cukup akbar. Dengan suhu yang relatif sejuk antara 18-26 derajat yang membuat kunjungan loka wisata baru ini bisa sebagai cara lain .

Kegiatan Apa Saja pada Kawasan Hutan Raya Bung Hatta

Ada beberapa kegiatan yg aku lihat waktu berkunjung ke lokasi ini. Semoga dapat membantu rekan semua yg ingin menghabiskan ketika beserta keluarga.

1. Hanya menikmati suasana hutan di lokasi Taman Hutan Raya menggunakan menelusuri keseluruhan jalan mengelilingi tempat. Saya rekomendasikan berjalan kaki untuk dapat memaksimalkan menghirup udara yg masih alami.

2. Pengelola telah mulai menyediakan aktivitas outbound yang terlihat alat yang sudah terhubung dengan tali rajutan yg menghubungkan antara pohon besar . Kegiatan outbond seperti vertical net, burma bridge, spider net, flying fox, taman kelinci, ATV mini , dan paint ball. Rekan semua dapat menggunakan fasilitas ini menggunakan menghubungi pengelola untuk mengikuti prosedurnya bagaimana caranya.

Lokasi Outbond di Taman Hutan Raya [Tahura] Bung Hatta

tiga. Untuk tempat menginap ada beberapa kapasitas ruangan yg dapat dinikmati menggunakan syarat & ketentuan yg sudah dibuat oleh pengelola buat reservasi.

4. Gali potensi potography rekan semua dengan jepretan yang berlatar pohon-pohon disekitar tempat taman hutan raya Bung Hatta yg sangat asri & alami.

Asrinya Taman Hutan Raya menggunakan Pepohonan Rindang Asri

Lokasi ini jua buat Olah Raga di Bawah Pohon di Kawasan Taman Hutan Raya Bung Hatta

Tips Berada di Kawasan Taman Hutan Raya [tahura] Bung Hatta

1. Kawasan Hutan Raya masih sangat minim sekali fasilitas seperti tempat makan menggunakan menu yang lebih lengkap. Rekan seluruh bisa mesiasati menggunakan membawa beberapa bekal yang lengkap buat menunjang liburan di Taman Hutan Raya Bung Hatta. Jika rekan semua membawa tikar hanya buat sekedar duduk dibawah pohon besar disekitar daerah Taman Hutan Raya Bung Hatta sangat direkomendasikan.

2. Siapkan keuangan yang relatif pada lokasi tempat. Di kurang lebih daerah nir terdapat ATM Bank Nasional.

Tiga. Penginapan yang tersedia di daerah tidak telalu poly hanya beberapa tempat saja. Kalau di standarkan tipe melati.

4. Untuk menunaikan ibadah sholat saya belum melihat pengelola menyediakan ruangan khusus. Jika belum ada rekan semua dapat membawa sajadah dari tempat tinggal dan berwudhu di toilet yg disediakan oleh pengelola & rasakan sholat dibawah pohon yg rindang.

5. Jagalah kebersihan disekitar daerah Hutan Raya Bung Hatta & nir melakukan corat-coret disetiap sudut. Terciptanya tempat wisata ini sanggup terjaga menggunakan adanya partisipasi menurut kita semua.

Semoga uraian poin krusial dibawah ini buat pihak terkait bisa mempertinggi kapabilitas tempat sebagai tempat wisata cara lain bagi semua wisatawan.

1. Dapat mengembangkan program yang menarik untuk seluruh pihak  dengan membuat penelitian atau pendidikan yang ada di kawasan Taman Hutan Raya [tahura] Bung Hatta seperti adanya acara kemah bersama untuk anak-anak sekolah, atau acara-acara alam lainnya bagi pecinta alam.

Dua. Kawasan Hutan Raya Bung Hatta ini bisa dibuat jadwal untuk jelajah alam di sekitarnya hutan lebih kurang. Lokasinya cocok buat melihat keasrian alam liar yg memiliki peluang buat dikembangkan.

3. Untuk hiburan uji nyali dengan kegiatan olah raga dapat ditingkatkan kwalitasnya dengan mendatangkan tenaga professional buat kegitan yg dimaksud. Seperti outbond pada alam liar dengan kawasan pada dalam hutan.

4. Meningkatkan hunian yg lebih representatif dengan memberdayakan tempat Taman Hutan Raya kurang lebih buat penginapan, loka makan atau food court, dan fasilitas lainnya. Dengan cara ini dapat membuatkan tempat Taman Hutan Raya [tahura] Bung Hatta menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar