Rabu, 16 Desember 2020

Cara ke Sawahlunto Dari Bandara Minang Kabau Padang Sumatera Barat

Ada beberapa cara ke Sawahlunto dari bandara Minang Kabau Padang Sumatera Barat. Saya mau menjelaskannya cara yang dari saya dapat diadaptasi dengan kantong alias cara backpacker yg mengutamakan biaya terendah dan aporisma. Cara ini selalu dicari oleh para pelancong buat mengunjungi kota Sawahlunto yg telah berbenah diri buat menyambut pariwisata khususnya dalam pertambangan batu baranya.

Kota Sawahlunto menggunakan Pohon Cemara. Poto oleh: hariansinggalang.Co.Id

Cara ke Sawahlunto jika rekan mendarat dengan pesawat pada Bandara Minang Kabau Padang Sumatera Barat. Cara estafet yang nir terlalu sulit untuk diikuti hanya saja wajib selalu bertanya ke kondektur bus buat turun pada wilayah Lakuak - Jl. Dr.Sutomo [tempat perberhentian bus bayangan]. Lokasi ini adalah loka turun naik penumpang berdasarkan luar kota khususnya berdasarkan Solok & Alahan Panjang.

Dari Bandara Minang Kabau ke Daerah Lakuak - Jl.Dr Sutomo.

Setelah mendarat pada Bandara Minang Kabau Padang Sumatera Barat, anda jangan galat menaiki bus menuju wilayah Lakuak. Bus yg melewati daerah ini adalah Bus menggunakan merek Tranex. Bukan bus Damri. Karena ke 2 bus ini memiliki trayek yang tidak sama. Pastikan anda jangan keliru menaiki bus menuju ke wilayah Lakuak. Biaya bus Tranex [update 27/03/2017] adalah /- IDR 24.000.

Pastikan bus tersedia dan anda menerima kursi duduk yg relatif nyaman. Saya memberikan pengalaman selesainya menaiki bus dimana syarat bus dengan ukuran sedang dengan jumlah penumpang maksimal /- 12 orang. Fasilitas lain bus jua menyediakan AC sebagai pendingin ruangan yg cukup memuaskan.

Perjalanan ke daerah Lakuak lebih kurang /- 1 jam dimana anda akan sampai pada wilayah Lakuak. Pastikan telah sampai Lakuak menggunakan selalu mengingatkan ke supir bus atau kondektur Tranex.

Setelah Sampai Daerah Lakuak.

Lokasi Lakuak ini misalnya terminal bayangan yang terdapat pada kota Padang buat transportasi antar daerah khususnya buat kota Solok dan sekitarnya. Tempat inilah berkumpulnya armada transportasi dan penumpang. Tempatnya hanya berupa 2 buah lajur boulevard yang bernama Jl. Dr.Sutomo. Karena terminal spesifik di kota Padang belum tersedia dan masih pada tahap yg akan diselesaikan sang Pemerintah Kota Padang maka untuk sementara saat bus antar kota yang aku maksud berada di lokasi Lakuak atau di Jl Dr.Sutomo raya.

Untuk menuju kota Sawahlunto dalam waktu sekarang belum terdapat bus pribadi menggunakan tujuan akhir kota Sawahlunto [update 28/03/2017]. Jika selesainya goresan pena ini ada bus eksklusif ke Sawahlunto sebagai rekomendasi yg baik baik anda yg direct langsung anda nir wajib estafet ke kota Solok terlebih dahulu. Yang sangat krusial adalah perhatikan bus yang ditumpangi memang tujuan akhir ke kota Sawahlunto. Semoga di masa yg akan datang ada bus pribadi yg sanggup mengakomodir semua penumpang yg ingin pribadi. Update terkini 2018: Sudah mulai tersedia bus pribadi ke Sawahlunto yg dimulai jam operasional menurut pagi hingga sore. Jika bus tadi pada masa waktu tertentu nir tersedia anda bisa melakukan bepergian estafet misalnya dbawah ini.

Lakuak Menuju ke Terminal Kota Solok.

Pastikan bus yg anda tumpangi menuju ke Terminal Kota Solok. Ada beberapa merek bus yg menuju tujuan yang aku maksud, anda mampu pilih. Mayoritas rona bus berwarna biru misalnya danau raya. Biaya transportasi yg akan anda bayar antara IDR 20.000 - IDR 25.000 [jika terjadi kenaikan tidak begitu jauh apabila ada peraturan yang mengaturnya untuk penyesuaian tarif]. Setelah hingga ke Terminal Kota Solok anda bisa menaiki bus dengan tujuan ke Sawahlunto.

Solok Menuju kota Sawahlunto.

Inilah cara akhir menuju ke kota Sawahlunto dari Bandara Minang Kabau Padang Sumatera Barat. Situasi & syarat terminal tidak begitu ramai dengan pengunjung lantaran terminal ini menjadi transit saja menurut bus AKAP dengan tujuan akhir beberapa kota Sumatera & Jawa. Anda jangan kawatir, situasi relatif kondusif menggunakan banyaknya beberapa agen bus yang siap membatu menggunakan menyebutkan tujuan akhir anda ke kota Sawahlunto. Pastikan tujuannya ke kota Sawahlunto bukan tujuan lain.

Perjalanan ke kota Sawahlunto menurut kota Solok membutuhkan waktu lebih kurang 1,lima jam memakai armada generik misalnya ini. Biaya yang akan dibayar antara IDR 15.000 - IDR 20.000 [ini adalah kisaran harganya, apabila lebih karena adanya penyesuaian tarif]. Pilihlah armada bus yg cukup baik kondisinya agar perjalanan menuju kota Sawahlunto menjadi kondusif & nyaman.

Tips.

Saya ada beberapa tips untuk rekan semua apabila memakai armada estafet misalnya ini menuju kota Sawahlunto, karena membutuhkan ketika yang relatif poly diperjalanan bila rekan seluruh memakai pesawat udara pastinya mendarat pada bandara Minang Kabau Padang Sumatera Barat. Tetapi buat rekan seluruh yg sudah berada di kota Padang juga bisa menggunakan tips ini buat pencerahan.

1. Pastikan rekan semua mendarat dalam pagi hari di bandara Minang Kabau. Direkomendasikan datang antara jam 7-9 pagi.

Dua. Barang bawaan tidak terlalu banyak misalnya ransel backpacker yg ringkes & hanya beberapa bawaan lainnya.

Tiga. Selalu bertanya pada kondektur, sopir, atau rakyat jika rekan membutuhkan petunjuk, jika terdapat keraguan wilayah yang aku maksud diatas. Lantaran keraguan itu akan muncul bila nir cermat terhadap nama.

4. Perjalanan ini sebaiknya dilakukan minimal dua orang agar lebih pede dan saling mengingatkan jika terjadi kelupaan.

Lima. Siapkan uang yg relatif buat membayar dan belanja kebutuhan lain misalnya minum atau makan. Lantaran didalam bepergian ATM bank nasional terdapat namun relatif jauh. Apabila dalam perjalanan tidak mungkin sopir akan melayani permintaan ini.

Saya rekomendasikan bila jumlahnya uang kurang, rekan bisa mencari ATM di pintu keluar kedatangan di Bandara Minang Kabau. Ambil lajur kiri, nir jauh berdasarkan lajur kiri masih ada ATM center. Dan juga ada tersedia ATM Bank BNI pada wilayah Lakuak - Jl Dr Sutomo yaitu dekat XL center menunjuk ke jalan yg sama ke kantor Pos dan Giro. Jaraknya /- 200m - 300m ke arah timur.

6. Siapkan fisik yg sehat setelah makan yang bergizi. Lantaran perjalanan membutuhkan saat hampir 1/2 hari.

7. Jangan berlibur dalam ketika perlop beserta, liburan sekolah termasuk mahasiswa, & weekend. Karena armada akan penuh serta ketersediaan terdapat tetapi harus menunggu. Jadi, libur pada hari kerja untuk menghindari waktu menunggu.

8. Jika rekan backpacker muslim tersedia tempat menunaikan ibadah sholat. Di wilayah Lakuak jua ada lokasinya bersebrangan dengan perberhentian bus Tranex berdasarkan Bandara Minang Kabau. Posisi tepatnya dibelakang ruko. Untuk di Terminal Solok jua tersedia.

Semoga goresan pena cara ke Sawahlunto menurut Bandara Minang Kabau Padang Sumatera Barat ini bisa membantu rekan seluruh yang ingin mengunjungi kota ini memakai aturan ketat misalnya backpacker. Semoga bepergian rekan semua nyaman, kondusif, & selamat sampai tujuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar