Rabu, 16 Desember 2020

Martabak Kubang Legenda Sejarah

Sebagai urang awak Minang sangat familiar menggunakan martabak kubang dimana sebuah martabak yg menjadi terkenal dan sangat lezat gurihnya rempah menggunakan paduan daging berbumbu. Aslinya, daging tadi adalah irisan daging rendang yg dibalut oleh kulit martabak yg telah krispi. Dengan lezatnya sepiring martabak kubang ini, kita wajib mengenal sejarahnya kok bisa terdapat martabak seperti ini bisa ada di Sumatera Barat Ranah Minang tidak hanya rendang atau sate.

Martabak Kubang atau Martabak Mesir Khas Padang Sumatera Barat. Poto oleh: MasakanDapurku.com

Sejarah Martabak Kubang dari Padang, Sumatera Barat.

Martabak kubang ini berasal dari wilayah Kubang di kecamatan 5 puluh kota, Sumatera Barat. Di kota inilah timbul sebuah pandangan baru menurut H.Yusri Darwis yg ingin membentuk wangsit sebuah martabak yang lezat , nikmat, serta menurut bumbu yang ada disekitarnya. Cerita awal, kuliner martabak ini memang sangat terkenal & berasal menurut daerah Negara Mesir loka asalnya. Namun, ditangan H.Yusri Darwin memodifikasi sinkron dengan karakter lidah orang Sumatera Barat sehingga tercipta nama Martabak Mesir Kubang. Proses ini melalu perjalanan yg sangat panjang, tidak mulus, bahkan perlu strategi tinggi sanggup menjadi sajian yang sangat dicari bagi pecinta kuliner seperti kini ini.

Martabak kubang ini pertama kali di lounching menggunakan gerobak pada Padang Sumatera Barat pada tahun 1974 sang pendirinya sendiri H.Yusri Darwis. Setelah lama sekali pada perantauan, dia ingin pensiun & ingin mengabdi pada kampung laman terutama untuk nagari kubang. Perjalanan bisnis ini terus berlanjut sampai sekarang & diteruskan sang famili inti beliau.

Bedah Martabak Kubang atau Martabak Mesir.

Martabak kubang atau martabak mesir merupakan sebuah nama sebutan buat semua konsumen khususnya bagi urang awak Minangkabau. Namanya berbeda tetapi produknya sama yaitu martabak. Sepirin martabak kubang yang telah terpotong segi empat berjumlah 12 dilengkapi menggunakan satu mangkok kecil saos cocol yang cita rasanya asam, anggun, & pedas bercampur menggunakan warna relatif kehitaman yg didapat menurut kecap serta rabat cabai rawit hijau, bawang bombay, & tomat merah. Taburan cabai rawit dan bawang bombay sebagai peninggi rasa kuah sebagai akibatnya sempurna bercampur menggunakan martabak kubang atau martabak mesir.

Martabak Kubang Tidak Sama Dengan Martabak Telor.

Dari sekilas terlihat hampir sama, tetapi secara holistik tidak selaras. Sama-sama martabak tetapi cita rasanya sangat jauh sekali tidak sinkron. Martabak telor seperti menggunakan martabak india atau bahkan martabak bandung yang memakai telor bebek atau telor ayam negeri sebagai bahan utama, & kulit antara ke 2 martabak ini relatif hampir sama. Apalagi membuat satu buah martabak membutuhkan pembungkus martabak telor dan martabak kubang dengan sedikit ayunan cantik menjadi lebar dan relatif sehingga siap dimasukan campuran yang sudah disiapkan. Maka isian siap di gabungkan dicampur diatas pembungkus yang telah diayun manis tadi dimasak pada tungku panas menggunakan minyak samin, dilipat buat mengikat keseluruhan adonan martabak.

Digoreng pada tungku akbar berkuran bulat dengan diameter kurang lebih /- 50 centimeter dengan minyak samin menjadi minyak utama penggorengan martabak kubang atau martabak mesir atau tambahan margarin meninggikan rasa martabak kubang. O iya. Yg sangat unik adalah bahan racikan daging sapi yang telah berbumbu misalnya rendang ini dimasukan ke pada gelas campurkan dan kocok buat mencampurkan beberapa bahan lainnya seperti daun bawang. Telur, bahkan bumbu rahasia lain tercipta rasa yg sangat nagih istimewa.

Proses masak nir lama memakan waktu lebih kurang 10-20 menit sampai terhidang diatas meja. Jumlah potongan sepiring sejumlah 12 potong ditambah menggunakan satu mangkok kecil saos cocolan martabak kubang atau martabak mesir menjadi pelengkap makan.

Inilah masakan asli dari urang awak Minang Sumatera Barat yg telah membumi di Indonesia & bisa dikatakan menjadi sajian makanan harus yg wajib dicoba. Martabak kubang atau martabak mesir ini dihidangkan panas dan wajib segera di santap. Tetapi, jika rekan ingin memakannya keesokan harinya dapat pula menggunakan meletakan di kukusan magic jar supaya masih tetap empuk & tidak bantat.

Sumatera Barat nir hanya populer dengan pemandangan alam yg masih alami, budaya yang masih bersinergi dengan tatanan hayati warga , & oleh-sang khas balado. Martabak kubang atau martabak mesir menjadi masakan penting urang awak Minang Kabau yg telah bisa dijadikan panganan yang sangat bergizi dan dapat bersaing dengan makanan western belum tentu sehat kaya bumbu seperti ini. Rempah-rempah khas inilah yang akan membuahkan martabak mesir atau martabak kubang menjadi destinasi lain makanan yang sudah mulai pada bisa pada beberapa kota besar di Indonesia misalnya Jakarta, Surabaya, Medan, dsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar