Selasa, 15 Desember 2020

Apa Saja Kegiatan di Kota Padang Dalam Satu Hari Penuh Secara Backpacker atau Anggaran Ketat Budget Murah

Setelah hingga pada kota Padang Sumatera Barat apa saja aktivitas yg akan dilakukan disana dalam waktu satu hari penuh sang seorang backpacker. Kegiatan ini dilakukan melihat beberapa objek wisata alam, sejarah, dan pantai. Kegiatan ini membutuhkan fisik yg bertenaga & stamina yang prima. Semuanya berhubungan dengan waktu banyak diluar dengan bantuan sepeda motor buat menelusuri holistik objek wisata yang saya maksud. Rincian daftar lokasi ini aku buat karena aku sebagai orang lokal ingin membagikan keterangan ini bagi rekan yg mempunyai anggaran terbatas budget murah terjangkau dengan kantong.

Saya ilustrasikan itinerary kegiatan ini sehabis rekan sudah menginap di kota Padang satu hari sebelumnya. Kegiatan ini dilakukan pada pagi hari dimulai pada jam 07:00 hingga dengan 18:00 WIB. Keseluruhan kegiatan ini rata-rata berlokasi di tepi pantai yang tentu akan menaruh nuansa lain. Kota Padang adalah kota pesisir pantai yg mempunyai objek wisata yg wajib dikunjungi sebelum meninggalkan kota ini. Mudah sekali mencapainya & yang krusial rutenya wajib diperhatikan. Apa saja kegiatan yang dilakukan pada kota Padang pada satu hari penuh menggunakan porto murah budget terjangkau menggunakan kantong, inilah penjelasannya.

1. Wisata Kota Tua Padang.

Inilah aktivitas yg harus dilakukan buat melihat saksi bangunan bersejarah pada kota Padang yg terletak di sepanjang sungai batang arau. Banyaknya bangunan sejarah menggunakan bergaya spesial kolonial Belanda pada zamannya sebagai loka penyimpanan barang atau aktifitas perdagangan seperti rempah-rempah atau bongkar muat bahan-bahan industri perdagangan. Jangan risi buat rekan backpacker kegiatan ini tidak dipungut bayaran alias perdeo. Dimulai berdasarkan ujung jalan seberang padang menelusuri jalan pasar mudiak sampai dengan lokasi muara. Lokasi ini dapat digunakan menjadi eksplorasi potography sambil menikmati peninggalan sejarah. Kegiatan ini sangat populer di kota Padang yang dilakukan oleh kawula muda yang ingin melihat gedung-gedung tua bersejarah pada masa Kolonial Belanda. Dapat dikatakan kota tua ini adalah satu kompleks disekitar Sungai Batang Arau.

Pesona Kota Tua Padang berlokasi di Jl Kampung Nias. Poto oleh: Pesona Alam Minang - blogger

Indahnya Kota Tua Padang. Poto oleh: PADANG INDAH KEMILAU Holiday - WordPress.com

Wisata kota tua pada kota Padang ini telah mendapat perhatihan spesifik sang pemkot buat merevitalisasi gedung tua dengan perawatan dan pembenahan. Pada waktu sekarang telah terlihat beberapa gedung tua sudah mulai terlihat dikerjakan. Kondisi kota tua di kota Padang cukup memprihatinkan beberapa dasa warsa belakangan ini tidak adanya atensi penuh berdasarkan Pemerintah Kota dan ditambah dengan gempa yang relatif besar pada saat yang lalu memperparah syarat gedung tua yang ada di sepanjang sungai Batang Arau. Ada yang roboh, retak, dan terdapat jua yg masih bertenaga berdiri.

2. Gedung Bank Indonesia & Gedung Bank Mandiri.

Gedung Bank Mandiri di Kota Tua Padang. Poto oleh: Jelajah Nagari Awak - blogger

Kedua jenis bangunan Bank ini merupakan saksi sejarah pada Kota Padang betapa pentingnya kota ini sebagai basis perekonomian kolonial Belanda. Kedua gedung ini masih terawat baik sang instansi perbankan masing-masing. Masih berdiri kokoh menggunakan baiknya perawatan dari instansi bank yang menempatinya & masih sempurnanya desain masa kolonial masih terlihat. Untuk Gedung Bank Mandiri masih beroperasi sebagai bank utama dan Gedung Bank Indonesia hanya sebagai museum saja yg masih mampu dinikamti arsitekturnya.

Tiga. Jembatan Siti Nurbaya.

Lokasinya tidak jauh menurut Gedung Bank Indonesia & Gedung Bank Mandiri. Jembatan ini sebenarnya menghubungkan sisi dari kota primer menggunakan sisi kota pada bukit Padang. Infastruktur ini dibangun sang pemkot buat mengapresiasi pendapat warga buat menaruh suatu landmark yang mengadopsi cerita rakyat Siti Nurbaya yg syahdan dimakamkan di Gunung Padang. Jadi, alasan pembangunan jembatan buat menunjang pariwisata khususnya di kota Padang.

4. Pantai Air Manis.

Kegiatan yang tidak boleh terlewatkan oleh rekan semuanya yang dapat dilakukan secara backpacker yaitu mengunjungi Pantai Air Manis. Pantai ini sangat cantik sekali dan terdapat miniatur Batu Malin Kundang. Lokasinya menuju ke arah Teluk Bayur dan memasuki gerbang yang bernama Mata Air. Menuju lokasi Pantai Air Manis sangat alami sekali dengan kondisi jalan yang baik mendaki menelusuri bukit. Tanjakan ini sekitar 5-15 menit perjalanan yang akhirnya sampai di Pantai Air Manis. Jika menggunakan sepeda motor menelusuri jalan seberang padang menuju teluk bayur.  Untuk kegiatan disekitar Pantai Air Manis ini adalah sebagai berikut:

#1. Melihat pemandangan kota Padang & Pantai Air Manis menggunakan mengikuti olah raga Paralayang yang berada pada Bukit Gado-Gado. Anda wajib melakukan kegiatan ini mulai puncak bukit ini anda sudah disuguhkan pemandangan yang rancak bana. Untuk mengikuti Paralayang ini anda harus membayar IDR300.000 per orang yang sudah diikutsertakan pemandu yang akan terbang beserta anda. Pastikan anda melakukan kegiatan ini pada cuaca cerah sebagai akibatnya kenyamanan buat melihat indahnya pesisir Pantai Air Manis dan pulau kecil kurang lebih menjadi lebih paripurna.

#2. Menaklukan ombak pada Pantai Air Manis menggunakan mencoba surfing. Ombak disekitar pantani sangat cocok sekali bagi pemula yang ingin mencoba bermain menggunakan papan selancar. Pastikan anda sudah melakukan pemanasan dan sandang khsusu supaya surfing mampu lebih nyaman. Untuk sewa papan selancar dimulai menurut harga IDR50.000. & akan dipandu sang tour sufing yang akan mengajari anda bagaimana teknik yang baik.

#tiga. Jangan lupa mencoba ATV buat menyusuri pantai. Tentu kegiatan ini sangat disenangi oleh para turis lokal & luar kota yg ingin menikmati suasana pantai dengan ATV. Untuk harga dimulai dari IDR50.000 tergantung lamanya saat sewa yang anda inginkan.

#4. Jangan lupa melihat patung si Malin Kundang anak yg dikutuk oleh ibunya sebagai bantu. Spot tempat wisata ini sangat poly dikunjungi sang para turis sebagai pelengkap wisata disekitar Pantai Air Manis pada kota Padang.

5. Taplau atau Tepi Pantai Padang.

Setelah menelusuri semua poin diatas, kini ada aktivitas yang masuk ke pada daftar kegiatan yg dilakukan pada satu hari secara backpacker merupakan taplau atau tepi pantai Padang. Taplau adalah singkatan dari urang awak yang pada Bahasa Indonesia berarti Tepi Pantai.

Kondisi taplau kini sudah jauh tidak selaras bila dibandingkan beberapa dasa warsa belakangan ini. Pembenahan oleh Pemrintah Kota Padang sangat berfokus menggarap pariwisata pantai sebagai andalan wisata yg sanggup menggerakan ekonomi masyarakat secara keseluruhan. Penataan kota menggunakan menenpatkan para pedagang pada lokasi dan adanya jam eksklusif buat menaruh waktu untuk mereka berdagang sinkron dengan konvensi dengan Pemkot.

Kegiatan di taplau dapat rekan backpacker lakukan misalnya menelusuri seluruh pantai dimulai menurut Logo Padang, Pantai Muaro Lasak, sampai ke Tugu Merpati. Lokasi ini adalah lokasi strategis buat menikmati kota Padang dan sunset. Jangan salah , lokasi ini akan penuh sesak dengan tunggangan baik roda empat atau roda 2 buat menikmati senja pada pantai Padang.

Untuk melengkapi suasana sore anda juga coba camilan ringan sore hari dimulai berdasarkan pensi, langkitang, kerupuk mie, & kelapa muda. Camilan ini harus dicoba agar suasana melihat sunset mampu lengkap dengan sruput hidangan ringan yg sangat gurih dan lezat .

6. Museum Aditiyawarman.

Keseluruhan kegiatan ini dapat rekan lakukan satu hari apabila berada di kota Padang. Semua kegiatan ini sangat mudah sekali dilakukan dan lokasinya satu arah. Saya ambil awal mula menikmati wisata kota Padang menurut sungai Batang Arau, lalu menuju ke Pantai Air Manis, dan akhirnya menuju ke taplau atau pantai Padang untuk menikmati sunset di sore hari. Seluruh aktivitas ini sangat pas waktunya satu hari penuh menggunakan biaya yg nisbi tidak mahal & sinkron menggunakan kocek dompet. Jika rekan backpacker mempunyai waktu berlibur di kota Padang & nir membutuhkan biaya yang tidak terlalu mahal, poin ini sangat krusial sekali.

Museum ini mempunyai relatif lengkap koleksi sejarah dimulai berdasarkan geologikan, arkeologi, biologika, dan seterusnya. Museum ini pula tersedia diaroma yg menyebutkan norma adat Minang yang telah mengakar budaya turun-temurun. Jadi lokasi ini relatif baik melengkapi aktivitas apa saja yg dilakukan dalam satu hari penuh secara backpacker atau angaran ketat budget.

Tips buat mengikuti keseluruhan kegiatan yang dilakukan di kota Padang, Sumatera Barat sebagai aman dan nyaman.

1. Saya merekomendasikan minimal memakai kendaran roda dua buat menempuh seluruh perjalanan yang saya jelaskan diatas. Memang lokasi relatif tidak jauh tetapi saat adalah tujuan utama. Apabila rekan habis waktu buat satu objek akan berdampak objek wisata lain akan terbengkalai.

2. Selalu siapkan uang yg relatif buat keperluan belanja makan, parkir, dll untuk memudahkan kegiatan yg akan dilakukan yg ada di seluruh kota Padang.

Tiga. Saya merekomendasikan rekan cukup paham lokasi yang akan dikunjungi. Namun, jangan kawatir apabila terjadi keraguan dapat memakai GPS [Global Positioning System] lewat smartphone untuk memudah jalan yg akan ditempuh.

4. Apabila masih jua terkendala dengan keraguan bisa bertanya ke penduduk setempat yg bisa membantu rekan backpacker buat menuju lokasi objek wisata.

5. Jangan kawatir, di kota Padang Sumatera Barat tempat menunaikan sholat lima ketika sangat poly tersedia. Karena dominan penduduk kota Padang merupakan muslim tentu memiliki banyak mesjid buat menunaikan ibadah ini.

6. Serta jangan lupa buat mempersiapkan tempat penginapan yang sudah pada reservasi sebelumnya. Hal ini sangat penting jika ketika sudah sore menjelang malam rekan semua wajib beristirahat.

Semoga penjelasan ini dapat membantu rekan backpacker yang ingin melakukan holistik kegiatan wisata di kota Padang, Sumatera Barat sehari penuh. Kegiatan ini tidak membutuhkan biaya yg relatif poly & relatif masih mampu diikuti. Selamat tiba di kota Padang Kota Tercinta pada ranah Minang yg begitu elok nan rancak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar