Kamis, 19 November 2020

Panduan Lengkap Menggunakan Kendaraan Umum PO Bus dari Kota Padang ke Tujuan Antar Kabupaten Kota di Sumatera Barat

Rasanya saya perlu menciptakan sebuah ilustrasi lengkap mengenai panduan lengkap menggunakan tunggangan generik dari kota Padang ke aneka macam tujuan pada provinsi ini. Pencarian populer pada search engine seperti Bukittinggi, Payakumbuh, Padang Panjang, Batusangkar, Pasaman, Pariaman, Air Haji, Painan, Solok, Sawahlunto, Painan, dsb hanya dibutuhkan petunjuk jelas dan sempurna. Setelah saya melihat keyword ini sangat poly dicari para turis yg ingin berkunjung ke Ranah Minang ini ingin cita rasanya aku membantu walau hanya berupa tulisan artikel misalnya ini. Besar harapan semoga tulisan ini sanggup sedikit membantu, dan jika berguna dapat sharing ke rekan lainnya yg butuh bantuan ketika sampai di kota Padang.

Di kota Padang buat terminal bus antar kota yg representatif belum tersedia di satu kompleks, sehinga beberapa tujuan wajib terpisah. Tetapi hal ini tidak menyurutkan saya ingin memandu beberapa rekan yang ingin berwisata pada Sumatera Barat hanya bermodalkan kendaraan generik buat sampai ke lokasi tujuan. Kota tujuan adalah tujuan yg paling banyak dicari, bila lokasi terdekat atau satu jalur dengan tujuan akhir anda sanggup menaiki bus antar kota ini sebagai cara awal untuk hingga walau harus estafet sampai ke tujuan akhir.

Trans Padang Transportasi Publik di Ranah Minang. Poto oleh: skyscrapercity.com

1. Tujuan Akhir dari Padang ke: Padang Pariaman, Bukittinggi, Payakumbuh, Padang Panjang, Lubuk Basung, Pasaman, Air Haji, dan Batusangkar.

Semua tujuan akhir pada poin 1 diatas PO Bus ngetem atau menunggu penumpang pada Plaza Basko Mall atau sekitaran Universitas Negeri Padang [UNP]. Dapat dikatakan lokasi ini merupakan terminal bayangan PO Bus buat menanti penumpang dengan jurusan yg sebutkan pada judul ini. Jangan kawatir, buat bus relatif tersedia walau nir setiap jam tetapi mereka tetap setia menunggu penumpang di lokasi ini.

Bagaimana cara hingga ke Plaza Basko Mall atau Universitas Negeri Padang [UNP]

A. Dari Bandara Internasional Minangkabau [BIM] Padang Sumatera Barat.

Seorang turis ala backpacker akan memasuki kota Padang lewat Bandara BIM menjadi awal pintu masuk. Sangat gampang sekali selesainya merogoh semua barang bawaan menuju ke parkiran bus Damri & Tranek menggunakan cara merogoh jalur kiri pada pintu keluar kedatangan, berjalan kurang lebih tiga-5 mnt berjarak lebih kurang 100 meter. Posisi parkir kedua bus ini terdapat diujung menggunakan posisi bus yg saling berdampingan. Anda naik saja galat satu bus Damri atau Tranek karena lokasi ke Plaza Basko Mall atau UNP yang akan dilalui oleh ke 2 bus ini. Jangan risi dengan tarif, ke 2 merek bus ini memiliki tarif yg sama, ongkos yang akan anda bayar kurang berdasarkan IDR 25rb saja.

2. Dari pusat kota Padang.

Jangan kawatir buat turis atau rekan backpacker yang telah beribur pada kota Padang dan telah menginap pada hotel nir aku lupakan. Apabila lokasi hotel anda berada disekitar Lapangan Imam Bonjol dapat memakai Trans-Padang menuju ke Basko Mall atau UNP menggunakan tarif IDR 3500. Dan bila hotel anda berlokasi pada Jl Bundo Kanduang, Jl Gereja, Sekitar Museum Adityawarman, Jl Hangtuah, Jl Samudera, Jl Damar, Jl Veteran, atau Jl Letj.S Parman wajib menggunakan angkutan kota dengan jurusan air tawar, tabing, atau batas kota. Ketiga angkutan kota ini melewati Basko Mall & UNP menggunakan tarif IDR 4000 saja.

Apabila anda ragu & masih nir pede alias baper diperjalanan menggunakan kondisi yang agak rumit anda sanggup memakai taksi atau gojek yg telah hadir di kota Padang. Dengan kondisi anda mempunyai badget lebih buat hingga ke lokasi yang saya maksud.

2. Tujuan akhir berdasarkan Padang ke: Alahan Panjang, Solok, Sawahlunto, Sijunjung, Sungai Rumbai.

Tujuan akhir buat poin 2 ini PO Bus akan ngetem atau berhenti di daerah Kubu atau Lakuak di Padang Timur. Semua tujuan pada poin dua ini terdapat pada lokasi sini. Memang tidak setiap jam PO Bus tujuan anda ada tetapi hanya menunggu beberapa ketika sudah tersedia. Menurut pendapat aku , bus tujuan akhir Solok mendominasi pada loka ini.

Bagaimana cara hingga ke Kubu atau Lakuak.

A. Dari Bandara Internasional Minangkabau [BIM] Padang Sumatera Barat.

Setelah barang bawaan dibawa menuju ke lokasi parkir bus Tranek. Jangan keliru naiki bus, bus bandara yang melewati Kubu atau Lakuak adalah bus menggunakan merek Tranek. Di BIM anda ambil posisi kiri menuju pintu keluar kedatangan, berjalan sekitar tiga-lima mnt atau berjarak 100 meter anda akan menuju ke lokasi parkir bus Tranek. Ongkos transportasi sampai ke tujuan yg saya maksud kurang menurut IDR 25rb saja.

B. Dari sentra kota Padang.

Mungkin saja turis atau backpacker telah menginap di pusat kota Padang ingin menuju ke lokasi poin 2 ini. Sangat gampang sekali, bila anda ingin naik angkutan kota berdasarkan pusat kota misalnya Mesjid Taqwa Muhammadiah atau Lapangan Imam Bonjol, anda wajib menaiki angkutan kota jurusan Pegambiran, Gadut, atau Indarung. Dengan cat mobil berwarna merah atau biru. Namun buat rona biru wajib waspada karena jurusannya ada ke Aur Duri. Pastikan dengan cermat masalah rona cat kendaraan beroda empat buat angkutan generik ini & label tujuan akhir dalam stiker kaca kendaraan beroda empat. Tarif ongkos IDR 4000 saja. Atau anda merasa kurang pede dapat menggunakan taksi atau gojek buat sampai ke Lakuak atau Kubu tempat ngetem bus yg aku maksud.

3. Ke kota Painan.

Khusus untuk kota Painan sudah saya jabarkan dalam satu sesi khusus dalam artikel tersendiri anda bisa membaca dengan link yang saya berikan ini [baca: link].

Inilah panduan lengkap bila anda ingin mengunjungi beberapa tujuan akhir dari kota Padang ke Bukittinggi, Payakumbuh, Padang Panjang, Batusangkar, Pasaman, Pariaman, Air Haji, Painan, Solok, Sawahlunto, atau Painan. Apabila kota lain yang masih satu jurusan menggunakan tujuan akhir bus antar kota ini mampu anda naiki walau nanti akan estafet menggunakan kendaraan lain sampai tujuan. Jika anda memakai pesawat udara sebaiknya mendarat di kota Padang di BIM pagi hari sekitar jam 08:00 WIB. Anda masih poly saat pada perjalanan & nir baper diperjalanan. Semoga bermanfaat & selamat berlibur di Ranah Minang serta selamat hingga ke tujuan masing-masing. Semoga berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar