Senin, 23 November 2020

Kenapa Sumatera Barat Menjadi Destinasi Wisata Halal Dunia

Muslim dunia membutuhkan suatu lokasi yg tidak diragukan dengan prinsip halal, nir hanya kuliner saja tetapi semua aspek yang mendukung kehalalannya. Sumatera Barat telah terpilih menjadi keliru satu provinsi yang menaruh segudang destinasi wisata, tidak hanya budaya, kepercayaan , dan kuliner tetapi kehalalan keseluruhan aspek tersebut nir akan diragukan lagi. Kondisi inilah membuat aku ingin menaruh sedikit ulasan bagaimana menciptakan agama publik khususnya muslim di seluruh global memilih Sumatera Barat sebagai destinasi wisata halal dunia yg akan selalu hadir sebagai salah satu cara buat memasukan devisa dan mengangkat derajat ekonomi masyarakat.

Poto oleh: crescentrating.com

1. Mayoritas Agama Islam.

Penduduk Sumatera Barat telah bisa dikatakan lebih banyak didominasi muslim menjadi kapital awal buat menciptakan kepercayaan global. Dengan syarat ini dipastikan semua aspek yang berhubungan dengan konsep halal telah niscaya dijalanakan dimulai dari cara membuat makanan, proses, hingga menjadi sajian lezat . Keseluruhan cara ini adalah akibat dari kondisi sah suatu kehalalan menurut Al-Quran & Hadits.

Dua. Norma Adat Juga Mengatur.

Sudah bisa dibuktikan bahwa kebiasaan adat jua mengatur pada setiap sendi sosial warga . Sekarang terdapat julukan "urang ampek jinih" buat sebuah nagari yg menjadi pengawas setiap rapikan krama & norma pada rakyat suatu nagari. Norma ini telah ada dalam zaman nenek moyang dimulai dalam Kerajaan Pagaruyung dengan pola pemerintahan yang diadopsi ke beberapa kerajaan mini yg terdapat pada semua Sumatera Barat pada saat itu dengan moto "Adat bersandi syarak, syarak bersandi Kitabullahdanquot;. Poin ini jua akan mensugesti keotentikan wisata halal yg ada di Ranah Minang.

3. Tema Makanan Mendunia.

Memang provinsi ini telah membuahkan seluruh masakannya disukai bahkan bisa masuk kedalam level status rakyat dunia. Sebagai contoh rendang, gulai, sambal, soto Padang, sate Padang, dsb telah diakui kelezatannya tentu diolah pribadi oleh urang awak asli Minangkabau. Melegendanya masakan ini keliru satu poin krusial mensugesti para wisatawan muslim yang terdapat diseluruh global untuk tiba dan berwisata di Sumater Barat.

4. Potensi Alam Memadai.

Termasuk lokasi patahan tektonik yang masih aktif menjadikan Sumatera Barat sebagai lokasi yang unik dimulai berdasarkan lembah, gunung, bukit, & pesisir bahari. Keseluruhan poin ini menjadi nilai jual tinggi terhadap kunjungan wisata buat melihat konsep alam & bahari telah mulai menggeliat pada seluruh Kabupaten Kota Provinsi. Sebagai perpanjangan tangan buat sebuah destinasi wisata membangun sinergi positif berdasarkan setiap pejabat negara pada pusat dan wilayah.

5. Hotel Bertema Muslim Dibangun.

Dapat jua dilihat dalam pusat wisata yg telah dikelola oleh penduduk lokal menciptakan hunian hotel bertema muslim sudah menjamur buat dibangun. Dimulai berdasarkan petunjuk kiblat & sajadah disetiap kamar hotel turut menyumbang nilai positif mendukung wisata halal muslim global. Saya menyarankan untuk menginap pribadi ke sentra wisata misalnya Bukittinggi, Padang Panjang, Payakumbuh, dan Batu Sangkar yg masih dikelola oleh urang awak asli menggunakan fasilitas buat muslim jua diperhatikan. Tidak menutup kemungkinan di pusat kota Padang sudah terdapat tetapi terdapat beberapa hotel yang belum ada konsep seperti ini.

6. Mesjid Ada pada Pelosok Nagari.

Untuk menunaikan ibadah sudah pasti ada disetiap sudut nagari yang terdapat pada Ranah Minang Sumatera Barat termasuk di sentra kota yaitu Mesjid Raya di Jl Khatib Sulaiman. Kepercayaan inilah yang membuahkan nilai besar penyumbang kemenangan provinsi ini buat dinobatkan menjadi destinasi halal global. Perjalanan sejarah kepercayaan Islam di Sumbar ini sangat mengakar dan bahkan telah dimasukan kedalam beberapa kebiasaan warga turun temurun. Kebiasan ini bisa terlihat menurut perempuan berkerudung, dan para ninik mamak pakai peci.

7. Sebagai Pusat Sekolah Islam Bentuk Pesantren.

Sudah lebih dari seabad lamanya sentra sekolah Islam tumbuh fertile di Sumatera Barat. Lokasi yang terfokus pada kota Padang Panjang. Pusat studi Islam yang dimulai menurut anak-anak sampai perguruan tinggi mengakibatkan perkembangan kemajuan Islam bisa dipertahankan sampai sekarang. Dimulai kota inilah beberapa tokoh nasional berkecimpung pada usaha kemerdekaan menggunakan semangat juang ingin membentuk negara ini menjadi lebih baik & berdikari.

Menurut pendapat saya inilah poin penting yang terdapat di Ranah Minang Sumatera Barat menjadi destinasi halal penting dunia yg niscaya akan terus mengalir menghadirkan wisatawan muslim global ke provinsi ini. Untuk fasilitas yg terdapat pada provinsi ini relatif memadai menggunakan banyaknya pembangunan infrastruktur tambahan yg dibangun sang Pemerintah. Tidak hanya itu, menggunakan promosi yang relatif baik dari beberapa anak nagari yang pula berperan serta aktif mempromosikan nagari rancak Sumbar menjadi nirwana baru yg lebih anggun berdasarkan negara manapun didunia didunia maya sudah relatif banyak. Jadi, wisata halal yg dicari sang para turis semuanya terdapat di Ranah Minang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar