Selasa, 02 Juni 2020

Khas Padang Minangkabau Sumatera Barat Buruan Traveler: Makanan, Minuman, Oleh-Oleh, dan Suvenir

Yang sebagai spesial Padang Minangkabau Sumatera Barat dimulai berdasarkan makanan, minuman, oleh-oleh, sampai suvenir telah membius para traveler buat membelinya supaya lengkap sudah liburan pada nagara bundo kanduang ini. Semua output karya urang awak ini sudah terkenal diseluruh dunia bahkan selalu dicara setelah menginjakan kaki selama beberapa hari. Banyak sekali pilihan yg akan anda masukan pada dalam itinerary bepergian nanti kami berhasil menghimpun semua warta yang diperlukan yaitu yg menjadi unik spesial berdasarkan Padang Sumatera Barat menjadi daerah Ranah Minangkabau ini bisa sebagai acum anda sebelum pergi kembali ke daerah masing-masing.

Berikut daftar yg anda cari yang kami tulis pada artikel relatif lengkap khas Padang Minangkabau Sumatera Barat yaitu makanan, minuman, sang-oleh, sampai suvenir yg dapat menjadi acum anda buat dibawa ke wilayah berasal selesainya trip menyenangkan sepanjang masa terdapat di nagari yg elok ini, berikut penerangan lengkapnya:

WISATA KULINER.

Ada beberapa kuliner spesial Padang Minangkabau Sumatera Barat yang wajib anda coba masuk dalam kateregori sebagai berikut:

#1. Makanan.

Anda tentu sudah mengetahui kuliner yg wajib wajib dicicipi selama liburan di wilayah ini. Banyak sekali jenis olahan kuliner yang tersaji di meja makan ini terdapat beberapa makanan yang harus anda coba & harus masuk dalam menu makan siang atau makan malam. Rasa bumbu yg terasa, terdapat pedas, cantik, legit, dan akhirnya ngangenin.

--> Rendang Daging Sapi.

Poto credit: foodandwine.com

Memang kuliner ini sudah menurut generasi ke generasi dan pastinya waktu zaman dahulu menjadi hidangan penghormatan di program-acara krusial norma, nikahan, atau tagak gala anugerah gelar harus ada bahkan harus. Sekarang ini sajian enak yg sudah diakui keberadaannya sebagai makanan paling enak di dunia ini menggunakan bumbu rempah yg sangat lengkap, santan kelapa kental, & daging sapi pilihan. Proses memasaknya sangat panjang & usang, jika bertambah legit & nikmat rendang ini dimasak bersama kayu bakar. Hampir seluruh tempat tinggal makan menyeiakan rendang daging sapi ini menjadi sajian unggulan & wajib anda coba.

--> Gulai Kepala Ikan.

Poto credit: resepcaramasak.org

Ada wilayah di pesisir pantai dengan olahan kuliner yg sangat lezat yaitu gulai ketua ikan utuh. Rempah yg digunakan memang sangat poly menggunakan santan kental yg berpadu dengan bumbu yg digunakan disajikan enak buat satu piring segera dapat dinikmati untuk 2 orang. Apabila anda punya nyali dengan berukuran ketua ikan medium tentu merasa puas terobati rasa kangen yg ingin terjawab eksklusif di wilayah dari. Daerah yg paling secara umum dikuasai gulai kepala ikan ini adalah di Padang Pariaman & Pesisir Selatan sebagai surganya output tangkapan laut yang relatif berlimpah yg membuat lidah anda tidak berhenti mengunyah saking lezatnya hidangan ini.

--> Ayam Pop.

Poto credit: pengusahasukses.com

Olahan daging ayam terutama jenis kampung sudah menyihir selera para traveler yang pastinya enak didampingi menggunakan sambel khusus. Proses pembuatannya memakai air kelapa ini & beberapa bumbu dapur kemudian digoreng. Warnanya tentu tidak sama hanya putih saja nir seperti ayam goreng dalam biasanya. Hidangan ini banyak disajikan pada tempat tinggal makan Minang yang ada pada kota Padang & harus anda coba. Untuk perkara rasa nir kalah lezat menggunakan ayam goreng bumbu Padang biasa, sekali anda coba pasti akan ngangenin.

--> Itiak Lado Mudo.

Poto credit: ksmtour.com

Kalau jenis olahan makanan ini berasal dari kota Bukittinggi dan dapat anda jumpai di daerah Ngarai Sianok. Daerah yang terletak di lembah bukit dan di tepi sungai ini banyak sekali tempat makan disana menyeiakan olahan bebek dengan sambel ijo, pastinya rasa sangat enak dan dagingnya empuk sampai bumbu meresap sampai ke tulang. Pastinya, saat anda berada di kota Bukittinggi sempatnya buru makanan ini agar anda bisa menjadi saksi sejarah betapa lezatnya hidangan yang berkualitas tinggi ini. Lokasi daerah jalan ke lokasi ini masih sama saat anda ingin ke Taruko Cafe Resto, untuk sampai ke sana harus melewati tempat makan Itiak Lago Ijo ini.

--> Nasi Kapau.

Poto credit: sabigaju.com

Masih juga berada di kota Bukittinggi, terdapat nama daerah yg bernama kapau ada sajian satu piring lengkap menggunakan beberapa hidangan isian yang bervariasi yg bisa dipilih misalnya ayam gulai Minang, daging rendang sapi, ayam goreng berbumbu, usus sapi tambunsu isi telur, atau sayuran Kolonel menggunakan kacang panjang, masih poly lagi. Pajangan jenis olahan kuliner ini terdapat diatas tempat yang lebih tinggi dari loka duduk pembeli dan penjual duduk diantara olahan masakan & merogoh jenis pilihan olahan hidangan yang dipilih sang pembeli menggunakan sanduak. Untuk menikmati sajian ini anda ada los lambuang pada pasar lereng dekat menurut pasar atas Bukittinggi. Sekali anda mencobanya niscaya akan minta "tambuak ciek" karena lezat . Nasi Kapau ini sangat seperti dengan nasi Padang yang membedakannya dari sajian ini dari berdasarkan nagari Kapau.

--> Sambel Ijo Minang.

Poto credit: bukumasakan.com

Setiap rumah makan pasti ada sambel ijo sebagai hidangan buat memperlezat ketika makan. Jenisnya sangat bermacam-macam dimulai dari olahan matah dan disiram menggunakan minyak kelapa panas, sampai sambel yg dimasak matang. Namun yang paling banyak disenangi adalah sambel jenis hijau yg cita rasanya pas nir terlalu pedas dan cocok sekali pada pengecap Indonesia dan turis. Namun tergantung berdasarkan penjualnya apakah memakai cabai hijau keriting atau cabe rawit yg akan menghipnotis rasa pedas tersebut. Namun dari keindahan rasa masih dalam zona enak & ngangenin jenis sambel ini lantaran adonan bumbu misteri yang membuat rasa tidak sama buat hidangan makan siang atau makan malam. Ada rasa manis, pedas, dan adonan sedikit terasi bahkan jeruk memberikan zona nyaman makan menjadi berselera. Bahkan terdapat tempat tinggal makan menambahkan ikan asin, ikan teri goreng, ditambah dengan pete tentu lebih maknyus.

--> Sate Padang.

Sate Padang Kuah Merah Padang Pariaman. Poto credit: brupple.com

Rasa Sate Padang asli di wilayahnya tentu akan terasa tidak selaras, olahan bumbu yang lebih lengkap akan tercipta hidangan yg sudah menggema ke semua global. Setiap olah sate orisinil di Sumatera Barat yang populer asal berdasarkan Pariaman, Padang Panjang, & Payakumbuh. Yang membedakannya adalah kuah sate dan memakai daging yang berbeda-beda dimulai berdasarkan daging sapi, jeroan, lidah, hingga kerang lokan sebutan penduduk lokal. Bahkan kenyataan terkini ada tambahan daging burung puyuh yang terdapat pada Padang Pariaman sudah mulai digunakan ternyata cita rasanya tidak selaras. Saat anda berada di kota ini wajib mencoba olahan sate yg akan membuat lidah anda tid berhenti mengunyah.

--> Sala Lauak.

Poto credit: min.wikipedia.org

Kalau yang ini menu snack yang dapat digado langsung atau adonan pada makanan berkuah lainnya misalnya ketupat sayur Padang. Sala Lauak ini berasal menurut Padang Pariaman yang terbuat berdasarkan tepung beras, bumbu pilihan, dan daging ikan. Kudapan ini banyak disajikan di pagi hari atau sore hari sebagai snack namun cita rasanya sangat legit dan enak cocok sekali berdamping menggunakan beberapa jenis kuliner lainnya dan pastinya apabila anda penggemar Sate Padang sangat cocok jua pada cocol dengan sala ini.

--> Bubur Kampiun.

Poto credit: apasih.web.id

Kuliner manis ini buat satu porsi isinya beragam, jenis kolak yang yang digunakan misalnya kolak pisang dan ubi jalar dan kacang ijo dicampur menggunakan bubur putih berdasarkan tepung beras. Setelah semuanya masuk pada satu porsi kemudian disiram menggunakan gula merah. Menu ini sudah mulai langka dan menjadi sajian yg diburu ketika bulan puasa sebagai hidangan pembuka. Anda jangan khawatir untuk keseharian terdapat penjual yg tetap giat menjual hidangannya misalnya pada kota Padang tepatnya pada Pasar Simpang Haru. Untuk perkara rasa anda akan ketagihan dan akan kembali lagi ketika berada di kota ini.

--> Bika Si Mariana.

Poto credit: batamnews.co.id

Kuliner kuliner bika yang terbuat menurut tepung beras dan campuran gula merah ini sudah terdapat dari tahun 1960-an. Lokasinya bila anda berada dari kota Padang Panjang menuju Bukittinggi lokasinya sebelum Pasar Koto Baru. Jenis camilan snack yang terkenal ini masih dimasak di tunggu menggunakan kayu bakar dimana proses memasaknya bara barah pada bawah & atas tunggu secara bergantian supaya matangnya merata. Untuk varian kini ini sudah mulai terdapat campuran pisang yg tentu akan menggugah selera anda ketika berada pada sana.

#dua. Minuman.

Jangan galat, Ranah Minang pula ada olahan minuman yg permanen bisa anda rasakan dengan rasa yg sangat gurih, anggun, dan pastinya cukup gampang ditemukan pada kurang lebih wilayah wisata. Minuman ini memang dari pengalaman menurut generasi ke generasi yang sudah ada zaman dahulu menggunakan memanfaatkan bahan yg terdapat & cocok dinikmati pada saat senggang bahkan waktu nongkrong. Khas Padang Minangkabau Sumatera Barat ini termasuk jenis minuman yang memang disenangi bahkan hingga kini permanen bertahan, berikut pilihan minuman yang unik dan harus anda coba di saat berada disana.

--> Kopi Kawa Daun.

Poto credit: goodnewsfromindonesia.id

Minuman ini diolah dari daun kopi yang sangat poly ditemukan di daerah Batusangkar dimana dizamannya di waktu butir kopi yang dipanen tidak boleh dinikmati sang penduduk lokal hanya dapat dimanfaatkan oleh penjajah Belanda. Fenomena saat itu penduduk lokal memanfaatkan daun kopi menjadi pilihan buat menikmatinya, hasil olahan ini mirip sebagai teh daun kopi yg diseduh air panas dan uniknya diminum pada batok kelapa yg dijadikan wadah buat diminum. Di waktu anda berada di Nagari Pariangan ada menemukan spot loka minum di atas bukit yg menyediakan minuman Kopi Kawa Daun sebagai idola dan harus anda coba.

--> Teh Talua.

Poto credit: saribundo.biz

Olahan minuman teh yang sangat luar biasa dipadukan menggunakan telur ayam kampung menaruh jenis minuman energy drink alami hadir di Ranah Minangkabau Padang Sumatera Barat. Minuman ini sebenarnya dibuat saat pagi hari sebelum beraktifitas bertani & berkebun & memang sangat baik buat menaikkan kebugaran tubuh sebagai akibatnya favorit diminum di perkampungan tempo dulu. Sekarang tetap diminum hampir semua nagari telah terdapat bahkan dirumah makan besar sekalipun juga tersedia dan harus anda coba. Rasanya cantik & gurih & diberikan perasan jeruk nipis buat memberikan kesegaran, pastinya tidak amis sama sekali.

--> Aia Aka.

Poto credit: robbyybie.com

Minuman tradisional unik pastinya hadir pada kota Padang & beberapa loka wisata terkenal di Sumatera Barat bernama Aia Aka. Minuman dari air daun kacang & pastinya terdapat agar-agar rona hijau dari daun tadi menjadi pelengkap buat satu gelas penyajian. Bahkan pilihan lainnya ada diberi santan kelapa menjadi penggurik minuman. Banyak penduduk lokal berpendapat digunakan menjadi minuman kesehatan panas pada dan memang terbukti memberikan kesejukan waktu diminum & pastinya cita rasanya sangat segar menyejukan anggun & gurih.

--> Es Tebak.

Poto credit: sajiansedap.grid.id

Sekilas seperti es campur yang misalnya pernah anda lihat ada adonan agar, tape, roti, kolang kaling, kelapa muda, cincau, dan lainnya. Yang menjadi unik adalah tebak yang seperti misalnya cendol namun terbuat berdasarkan tepung beras ketan yang dicampur dengan tepung sagu kemudian dimasak bersama sejumput garam. Tebak ini harus ditambah menurut adonan lainnya diberikan es serut & diberikan pemanis dalam bentuk sirup merah. Saat sekarang ini jajanan es tebak ini telah mulai terlupakan namun jangan risi pada pasar tradisional di kota Padang tepatnya pada Pasar Raya masih ada penjual yang tetap setia menjual es tebak ini sebagai masakan harus yg wajib anda coba waktu berada di kota Padang atau pada Bukittinggi.

--> Jus Pinang Muda.

Poto credit: ulinulin.com

Mungkin sebagian orang masih asing, minuman ini sempat booming beberapa tahun terakhir di loka nongkrong tang terbuat menurut pinang belia dicampur dengan madu & beberapa tambahan lainnya sudah tentu niscaya ada dibubuhi telor bebek yang diambil kuningnya saja. Banyak yang menaruh testimoni minuman ini cocok sekali sebagai energy drink yg sangat alami yang bisa anda coba tentunya sehat dan menyehatkan. Memang benar adanya minuman ini setiap derah jua ada namun setiap daerah memiliki keunikan dalam rasa dan penyajiannya.

#tiga. Oleh-Oleh Khas Sumatera Barat.

Untuk jenis oleh-oleh asli dari Ranah Minang tentu saja sudah mulai dilirik sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Jenis yang paling disenangi jenis keripik balado, karak kaliang, sarang balam, dakak-dakak, dan lainnya. Bahkan saat sekarang ini sudah juga ada rendang yang dijadikan oleh-oleh tidak dari jenis daging sapi saja dari jenis daging ayam, jengkol, hingga kerang {lokan} juga disediakan oleh penjual. Rekomendasi terbaik membeli di toko oleh-oleh khas Padang sebaiknya langsung dari pusat wisata karena anda telah memajukan UMKM penduduk setempat.

#4. Suvenir.

Tidak hanya makanan, minuman, dan oleh-oleh spesial . Anda jua wajib mempunyai beberapa suvenir manis yg juga dari berdasarkan Ranah Minang seperti kain songket menurut Silungkang dan Pandai Sikek. Pilihan lainnya jua ada berupa pakaian muslim, baju kurung, sampai mukena sholat di Pasar Aur Kuning Bukittinggi. Pastinya pilihan lebih menarik dan harga yang diberikan tentu grosir apabila anda membeli lebih poly. Saat berada pada Bukittinggi anda jua wajib sempatkan tiba ke pasar tradisional ini yg poly sekali penduduk lokal yg memiliki pengrajin handal & pastinya kualitas terbaik buat satu unit pakaian yang akan anda pilih. Sekitar jam gadang juga poly tersedia suvenir manis lainnya misalnya gantungan kunci, baju kaos, hingga tas etnik cantik menggunakan harga menarik. Semua output karya UMKM ini selalu dicari sang para turis waktu menikmati suasana Jam Gadang Bukittinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar