Jumat, 04 Desember 2020

Tahap Cara Mempersiapkan Liburan Menjadi Terarah dan Gue Banget

Sebenarnya liburan sebagai baik terarah terorganisasi menjadi lebih sempurna wajib dipersiapkan. Harus siap, saat akan berjalan lebih cepat menurut dugaan anda sebelumnya. Membuat sesuatu yg direncanakan akan menghasilkan sesuatu yang tidak pernah berakhir romansanya. Jika anda menginginkan sesuatu untuk membeli barang niscaya anda akan memberikan effort waktu untuk mendapatkannya. Tidak hanya waktu uang jua direlakan. Konsep ini akan sama dengan liburan yg akan anda buat buat beberapa ketika kedepan, mungkin bulan depan, tahun depan, atau nanti.

Kadang kala seluruh persiapan yang terarah terfokus dalam hal yang tidak krusial, akhirnya kegalauan. Salah kaprah menggunakan autis diri sendiri membuat planning gagal total & mentah di tengah jalan. Seorang newbie sepertinya relatif sok pengalaman tetapi jeblok pada hukuman. Bukan menjelekan pihak lain namun inilah yg terjadi didunia persilatan liburan. Untuk ditelisik sedikit makna liburan sebenarnya buat menghilangkan kepenatan rutinitas yg telah menciptakan diri misalnya robot, ingin cita rasanya robot itu hilang buat isu terkini liburan ini. Itu konsepnya.

Poto oleh: http://clipart-library.com

Dengan fenomena ini saya rasanya terpanggil untuk memberikan sedikit pengalaman yang telah saya rasakan, jika anda ingin berliburan ke luar negeri dengan berbagai kendala yang akan ditemui. Sebenarnya tidak kendala sih, tetapi beberapa kegalauan akut [kadan-kadang] membuat perjalanan ini tidak seperti biasanya seperti waktu liburan di dalam negeri. Berikut cara membuat persiapan matang berlibur di luar negeri lebih terstruktur dan terarah, sebenarnya mirip-mirip Q&A tapi saya rasa cukup mewakili untuk cara yang akan anda lakukan.

1. Kamu mau kemana.

Inilah pertanyaan yang pertama yang harus di jawab. Kamu mau kemana, tujuan kemana, dan mau nya apa. Inilah persamaan pertanyaan yang dijawabnya selalu tidak sama. Tentukan kemana tujuan liburan nanti. Ini sangat sangat sangat penting sekali. Dengan adanya tujuan anda sudah fokus dan sudah mulai terarah.

2. Berapa hari kamu disana.

Liburan berbeda dengan pindah. Liburan hanya membutuhkan waktu berapa hari saja sedangkan tinggal di luar negeri sudah rencana untuk menetap disana. Berapa hari tergantung dengan keinginan, ada yang suka satu minggu, dua minggu, bahkan sebulan. Sebenarnya relatif waktu yang akan anda gunakan sebagai lama berlibur di luar negeri dengan kapasitas yang dimiliki.

3. Lihat masa berlakunya paspor.

Dokumen penting dan harus dibawa sebagai ID internasional untuk diri anda adalah paspor. Paspor sebagai tanda pengenal ini harus punya dan selalu perhatikan masa berlakunya. Masa berlaku paspor pada masa liburan nanti harus 6 bulan sebelum hari-h paspor habis. Jika masa berlaku paspor ini beada pada waktu liburan anda maka apa yang akan terjadi, masuk ke gate imigrasi anda akan disuruh pulang dan tidak diperbolehkan terbang. Tidak mau kan, selalu cek dan ricek masa berlaku paspor.

4. Visa or non Visa.

Pertanyaan yang penting yang ingin memasuki negara luar menggunakan visa or non visa. Komponen penting liburan ini berhubungan erat dengan rencana no 1. Untuk negara yang tidak membutuhkan visa tentu sangat tidak masalah, yang butuh visa harus mengikuti prosedur untuk mendapatkannya. Tentu persyaratannya langsung datang ke negara yang akan menjadi destinasi liburan sesuai dengan jam kerja mereka. Jika anda ingin berlibur keluar negeri harus ada asuransi sebagai syarat utama mendapatkan visa [baca: link].

Negara Tujuan Wisata. Poto oleh: phones-detective.com

5. Berapa orang yang ikut.

Jumlah anggota yang ikut disini dipisahkan antara solo backpacker dengan keluarga. Kalau solo backpacker tidak masalah hanya concern kepada diri sendiri sudah mengetahui siapa yang akan berangkat, tentu anda sendiri bukan. Jika anda membawa anggota keluarga harus dihitung siapa saja yang ikut. Anda sendiri, orang tua, anak, atau bayi. Kalkulasi ini penting untuk mengetahui prosedur yang dilakukan nanti mulai berangkat sampai pulang.

6. Budget.

Tentukan anggaran. Bentuk anggaran saya memasukan secara total dimulai dari tiket pesawat, hotel, makan, minum, oleh-oleh, transportasi, dll. Persiapan budget ini berbanding lurus dengan jumlah hari dan berapa anggota yang ikut. Menentukan budget akan membuat liburan lebih maksimal mulai dari kunjungan destinasi wisata. Pembelian tiket dan hotel tidak saya ulas pada saat sekarang ini karena untuk setiap anda pasti mempunyai selera hotel yang akan dipilih dan penerbangan apa yang akan dinaiki. Beda anggaran beda selera. Saya telah membuat tulisan bagaimana cara hemat makan di luar negeri [baca: link]

7. Buat Itinarary.

Setelah budget ditentukan mulai buat itinarary perjalanan. Bagi yang tidak mengetahui itinarary itu apa, kasihan banget ya. Baiklah, saya akan menjelaskan sedikit itinarary itu apa. Itinarary adalah sebuah daftar yang dibuat oleh traveller untuk menentukan detail dari perjalanan, ya seperti round down acara sendiri. Tentukan apa saja kegiatan yang dilakukan, tulis di itinarary.

8. Koper atau ransel.

Penentuan tempat simpan barang bawaan terhubung dengan jumlah barang yang dibawa. Misal, jumlah hari akan menentukan jumlah pakaian yang akan dibawa. Tentu hal lain adalah jumlah anggota pengikut juga akan menentukan jenis koper atau ransel. Saya sudah membuat penjelasan mengenai tata cara pemilihan koper [baca: koper] dan tata cara pemilihan ransel [baca: ransel] untuk pengetahuan saja.

9. Barang penting dan tidak penting.

Jangan bawa barang yang tidak penting. Inilah cara yang salah bagi anda yang ingin berlibur di luar negeri. Kadang barang yang tidak penting menjadi sangat penting dan sebaliknya barang yang sangat penting malah lupa dibawa. Nah, jika anda ingin mengetahui benda apa yang penting untuk dibawa saya juga sudah membuat tulisannya [baca : penting] termasuk obat [baca: obat]

10. Beli buku tambahan.

Sebagai akhir tulisan ini adalah untuk menambah wawasan anda tentang negara tujuan belilah buku tutorial dari pengarang lain yang ada di toko buku. Perbanyaklah pengetahuan lain dari berbagai sumber untuk memberikan cara yang efektif sesuai dengan karakter liburan anda sehingga menjadi lebih fokus terarah dan terorganisir dengan baik. Jadi istilahnya "gue banget".

Semoga tahap ini dapat mengurangi kegalauan anda yang ingin melakukan liburan ke luar negeri. Memang ada keresahan dengan banyak sekali pertanyaan dari A-Z yang harus dijawab tetapi harus dijalani saja. Dengan pengalaman dari beberapa solo backpacker atau traveller lain akan memberikan gambaran untuk diri anda sendiri. Sesuaikan liburan dengan karakter anda, cara anda, dan anda banget karena setiap orang mempunyai selera masing-masing. So, have a nice flight.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar