Selasa, 22 Desember 2020

Sate Mak Syukur Padang Panjang

Begitu fenomenal Sate Mak Syukur Padang Panjang sebagai suguhan sate daging sapi yg harus jika lagi wisata pada Sumatera Barat. Rasa sate yg sangat legit ini sudah menyihir kuliner Indonesia menggunakan kuah yg gurih menyelimuti ketupat & tusukan daging. Wangi rempah spesifik berdasarkan awal Mak Syukur menciptakan sate ini tetap sama berdasarkan tahun ke tahun. Lokasi tepatnya pada Jl Sutan Syahril Silaiang Bawah kota Padang Panjang.

Sate ini dimulai dalam tahun 1941. Mak Syukur memikulnya buat dijual disekitar kota Padang Panjang. Beliau lahir dalam tahun 1911 yang sudah mempunyai jiwa dagang dalam umur 20-30 tahun. Nama orisinil beliau adalah Syukur Sutan Rajo Endah yang sangat giat & sabar menyebarkan bisnis sate ini sebagai kini . Beliau wafat pada tahun 1985.

Dengan berjalannya ketika, Sate Mak Syukur Padang Panjang sudah merambah beberapa kota akbar di Indonesia termasuk DKI Jakarta. Jerih payah beliau mencari pelanggan buat membeli sate buatannya malah kini berbalik pelanggan yang rela antri buat mendapatkan sepiring sate yang enak. Bahkan pejabat wilayah dan nasional rela datang dan antri buat menikmati sate pujian ini.

Menjadi trending topik di sosial media menjadikan masakan wajib bagi wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Barat. Lokasi yg sangat strategis terletak di jalan utama Padang-Bukittinggi ini berjejer kendaraan beroda empat langsung yang rela parkir buat singgah melepas penat dengan menikmati sepiring Sate Mak Syukur yang begitu penomenal. Sate ini tersaji diatas piring dengan selembar daun pisang yang masih dipertahankan jika anda berkunjung ke kios Sate Mak Syukur yang berlokasi di Padang Panjang.

Sepiring Sate Mak Syukur Padang Panjang menggunakan Kuah Kuning Kental

Menikmati Sate Mak Syukur Padang Panjang ini nir lengkap menggunakan beberapa cemilan spesifik dari kulit sapi sebagai pendamping makan sate. Kerupuknya cukup akbar menggunakan sekali gigit "kresssdanquot; berpadu menggunakan kuah siap menggoyang lidah anda. Ciri khasnya adalah menurut kuah yang kental berpadu menggunakan bawang goreng & bumbu pilihan tadi, dan daging empuk menurut punuk sapi inilah menjadi rahasia daging yg dipakai. Jenis daging yg disajikan kepada konsumen jua bervariasi mulai dari usus, jantung, pengecap, jeroan, ataupun daging utuh. Terserah anda mampu kombinasi atau sinkron menggunakan pilihan lainnya.

Di kios Sate Mak Syukur Padang Panjang ini jua tersedia minuman unik yang bernama sorbat telur, yaitu minuman jahe campur telor yang sangat angat ditubuh. Minuman ini sangat cocok sekali pada cuaca dingin dan sejuk misalnya Padang Panjang sebagai minuman favorit bagi wisatawan.

Pelajaran berharga dari Mak Syukur.

Sate ini dalam waktu pikulan Mak Syukur berjalan hingga ke kota Padang Panjang yg rutenya cukup mempunyai tanjakkan. Begitu gigihnya dia menjual kuliner yang sudah menjadi legendaris misalnya ini menggunakan proses yang sangat panjang. Apalagi dimulai dalam tahun 1941 syarat masih pada perperangan dan keadaan ekonomi sangat sulit, tetapi dia permanen menekuni bisnis sate. Perjuangan dia nir sia-sia pada tahun 1980 an Sate Mak Syukur telah mulai banyak dikenal sang rakyat luas dan bahkan kini sudah mulai membuka cabang pada kota Jakarta. Butuh 40 tahun merintis bisnis menjadi sebagus ini dengan keuletan & kesabaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar