Jumat, 25 Desember 2020

Air Terjun Sarasah Nagari Siguntur Tuo Pesisir Selatan

Nagari Siguntur Tuo adalah daerah hasil pemekaran menurut kenagarian Siguntur - Kecamatan Koto XI - Tarusan - Pesisir Selatan menjadi produsen gambir & pesona Air Terjun Sarasah. Nagari yang damai dengan jumlah penduduk 1000 jiwa 300 KK ini sangat berpotensi dengan hasil bumi yg didapatkan tentu pesona pariwisata yang masih belum poly diketahui oleh wisatawan.

Sekilas.

Terletak sepanjang bukit barisan Kenagarian Siguntur Tuo membentuk potensi dibidang pertanian & perkebunan dimana secara umum dikuasai rakyat berprofesi menjadi buruh & petani. Tanaman yang menjadi primadona yg dikelola merupakan gambir, jengkol, dan durian. Dengan hasil utama ini banyak berdasarkan mereka bekerja dilahan pemilik kebun bekerja sebagai buruh menggunakan menerima upah sesuai menggunakan hasil pekerjaan. Namun saat sudah mulai berlalu, syarat gambir gampo nir begitu menjanjikan lagi menurut segi harga. Biaya operasional yg mahal nir tertutupi dengan upah yang dibayarkan oleh pemilik kebun sehingga poly sekali huma terbengkalai begitu saja. Tetapi mereka pula tidak kehilangan nalar mencoba peruntungan menggunakan menanam pohon durian & jengkol menjadi alternatif pemasukan yang masih dilakukan hingga kini .

Dengan meningkatnya porto hidup dan kebutuhan, banyak sekali penduduk lokal bermigrasi ke nagari lain buat menjadi buruh. Sangat disayangkan sekali potensi daerah ini sudah menjadi sentra gambir di Pesisir Selatan.

Pesona Alam Air Terjun Sarasah.

Photo by : Aprison Irsyam
Photo by : Aprison Irsyam

Kenagarian Siguntur Tuo tentu memiliki pesona alam yg akan menyentuh keindahan wisata anda apabila berkunjung ke daerah ini. Memiliki air terjun yang sangat unik & indah sekali. Air Terjun Sarasah namanya. Dengan ketinggian kurang lebih 60 meter pada lokasi air terjun masih ada lubuk yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat buat mandi & menikmati sejuknya air dengan pemandangan alam yg masih alami ini. Dikelilingi pohon durian dan jengkol tentu sebagai lokasi yang sangat sejuk dan asri. Tentu saja, daerah ini dapat sebagai loka liburan cara lain yg terdapat pada kabupaten Pesisir Selatan.

Wisata air terjun Sarasah Siguntur pada Kanagarian Siguntur Tuo memiliki debit air yang jatuh berdasarkan zenit cukup tinggi. Dengan banyaknya embun air disekeliling lokasi wisata menciptakan kondisi udara menjadi sejuk dan lembab tentu akan membasahi holistik tubuh anda. Tentu tidak akan melewatkan untuk mandi disekitar lubuk dan mencicipi kesegaran air alam yg masih bersih ini. Air yang ada di loka wisata ini jua dipakai oleh masyarakat lebih kurang buat konsumsi air minum.

Bagaimana cara kesana.

Air terjun Sarasah Siguntur terletak pada kanagarian Siguntur Tuo lebih kurang 38 km dari kota Padang, lokasi primer berjarak dua km menurut jalan raya kanagarian. Dan harus menempuh sekirar 200-300 meter menelusuri jalan setapak selesainya anda parkirkan tunggangan. Lokasi air terjun Sarasah Siguntur Pesisir Selatan sangat dekat menggunakan pemukiman masyarakat & harus anda tempuh menggunakan berjalan kaki selama /- 30 mnt. Tentu disekitar lokasi anda harus menyeberangi dua butir anak sungai. Petunjuknya masih minim karena lokasi air terjun belum banyak wisatawan yg mengetahuinya dan warga disana sangat minim mempromosikan aset ini pada dunia pariwisata atau pengunjung.

Dari kota Padang anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan umum atau sepeda motor. Direkomendasikan anda dapat memakai tunggangan langsung sebagai akibatnya lebih cepat sampai ke lokasi air terjun Sarasah Suguntur.

Fasilitas lain.

Fasilitas di lebih kurang Air Terjun Sarasah masih sangat minim. Belum banyaknya penduduk menyediakan beberapa kebutuhan kuliner dan minuman berupa toko. Namun dapat siasati dengan membawa bekal secukupnya agar wisata anda tetap nyaman.

Disekitar lokasi jua mampu berkemah. Lokasi yang relatif ini anda dapat mencoba berkemah sambil menikmati indahnya alam didunia terbuka disekitar Air Terjun Sarasah

Jika anda datang ke lokasi ini pada trend durian tentu sangat menyenangkan. Rasa durian dari Kanagarian Sarasah Tuo ini sangat anggun & gurih. Tentu harganya sangat terjangkau jika anda bandingkan sehabis hingga ke pusat kota. Dapat anda rasakan disekitar wisata Ari Terjun Sarasah.

Biaya-biaya .

Tentu berlibur akan mengeluarkan porto yang wajib anda bayar. Tetapi masih sangat terjangkau. Biaya transportasi, porto parkir, atau biaya masuk ke lokasi Air Terjun Sarasah.

Tips.

1. Lokasi air terjun masih sangat alami & higienis. Sebagai wisatawan yg bijak wajib menjaga kebersihan. Jangan membuang sampah disekitar wisata yang akan memperburuk suasana dan Mengganggu lingkungan.

2. Jangan lakukan cora-coret lingkungan wisata dimanapun anda berada. Tidak hanya dilokasi ini, tetapi disemua lokasi yg akan anda kunjungi.

3. Lokasi wisata bukan tempat pacaran atau loka perbuatan yang melanggar norma. Semua wisatawan ingin menikmati suasana alam yang asri & anda harus melakukan hal yang sama di lokasi Air Terjun Sarasah ini. Agar terjadi ketenangan semua pengunjung.

4. Mari kita rawat beserta seluruh aset wisata seperti Air Terjun Sarasah Kanagarian Sarasah Tuo Pesisir Selatan ini permanen asri dan bersih. Agar menjadi destinasi wisata buat seluruh wisatawan.

5. Apabila anda seseorang muslim, jangan lupa menunakan solat fardhu. Anda akan merasa bersyukur menggunakan adanya nikmat misalnya ini berupa keindahan dan kesegaran lokasi wisata ini yg anda rasakan.

6. Anda tentu akan sharing pengalaman ini ke dunia sosial media supaya masyarakat yang belum mengetahui wisata baru ini dapat mengunjunginya. Secara tidak langsung anda sudah membantu pemerintah dalam hal meningkatkan kecepatan perkembangan daerah tertinggal dan meningkatkan pendapatan rakyat lebih kurang berdasarkan kunjungan wisatawan.

Dengan keterbatasan sarana misalnya syarat jalan menuju lokasi wisata yg masih belum maksimal , hal ini nir mejadi halangan bagi anda untuk berwisata ke lokasi ini. Potensi wisata yang cukup baik dengan syarat lingkungan yang masih alami ini tentu menjadi magnet yang sangat kuat bagi pemburu wisata alam misalnya anda. Air Terjun Sarasah, Kanagarian Sarasah Tuo Pesisir Selatan ini telah mulai masuk kedalam aset wisata & sudah mulai berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar