Kamis, 17 September 2020

Pulau Pasumpahan Padang Sumatera Barat

Fenomenalnya Pulau-Pasumpahan-Padang-Sumatera-Barat sudah menjadi sebuah pilihan terbaik wisata dalam paket yang dipersiapkan sang beberapa agen. Ada tulisan ini Plesirankotatua menaruh liputan yang cukup lengkap mengenai Pulau-Pasumpahan pada: paket wisata, harga penginapan hotel, rute menuju pulau, harga tiket masuk, & beberapa tips yang wajib diketahui sang para wisatawan yg ingin mendatangi Pulau-Pasumpahan atau sebutan lainnya Pasumpahan-Island sebagai destinasi wisata yang terbaik & nir akan mengecewakan anda. Tidak berpanjang-panjang dalam istilah pembukaan ini ayo eksklusif ke topik yg akan dibahas.

Poto oleh: dikebadawi.blogspot.com
Poto oleh: sirandah-island.com

GEOGRAFI PULAU PASUMPAHAN.

Lokasi Pulau-Pasumpahan di alamat Teluk Kabung Selatan, Bungus, Kecamatan Teluk Kabung, Padang, Sumatera Barat. Masih sangat dekat dengan sentra kota Padang ini telah tersebut telah keindahannya yg menciptakan Pasumpahan-Island sebagai destinasi wisata krusial. Jadi tidak diragukan lagi bahwa pulau yang selalu banyak didatangi ini terus menjadi perbincangan & posisinya sangat strategis itu menjadi sebuah potensi buat menyalurkan hobi anda yang senang menggunakan wisata bahari dilengkapi menggunakan berenang, diving & snorkeling. Kondisi terumbu karang yg sangat sehat ini telah tentu niscaya sebagai rumah daerah asal bagi jenis ikan karang dan ikan hias bergembira hidup dan anda layak menjadi saksi untuk melihatnya.

Untuk jenis ikan yg hayati pada sekitar Pulau-Pasumpahan ini lebih kurang 21 jenis ikan yang didominasi menggunakan species Chaetodon Trifascialis. Destinasi wisata ini sudah sebagai wisata laut unggulan di kota Padang Sumatera Barat dan seluruh infrastruktur pendukung telah dipersiapkan buat menyambut wisatawan lokal & seluruh dunia.

Keindahan ini bisa anda satukan dengan berbagai jenis kegiatan apakah secara pribadi atau backpacker, touring, atau outing dari kantor atai institusi anda. Apapun itu anda bisa memilih pulau ini sebagai pilihan karena tidak akan mengecewakan saat sudah menginjakan kaki di pasir putihnya.

Spot Pulau Pamutusan. Poto oleh: 22motomoto.com

RUTE JALAN MENUJU PULAU PASUMPAHAN.

Inilah yg banyak dicari oleh para wisatawan rute-jalan-menuju-pulau-Pasumpahan-Island sebagi petunjuk bagi anda yang ingin mendatangi segera tanpa ada keraguan. Setelah anda memasuki jalan primer Padang-Painan menuju ke Kelurahan Sungai Pisang dengan jarak tempuh /- 35 km dari sentra kota Padang. Cara ini paling poly dilakukan karena masih mampu ditempuh dengan kendaraan bermotor. Setelah anda menemukan simpang Gardu Induk Teluk Sirih maka inilah petunjuk awal buat menuju ke keluarahan Sungai Pisang telah dekat menggunakan jeda /- 7 km. Perlu dipandang bahwa angkutan generik nir terdapat buat sampai ke kelurahan Sungai Pisang, cara terbaik merupakan anda harus menyewa tunggangan mobil eksklusif atau ojek di simpang Gardu Induk Teluk Sirih.

Jika anda membawa tunggangan langsung sebaiknya jenis yg lebih stabil pada tanjakan dan pada jalan yg sedikit off-road seperti jenis Avanza, Xenia, Rush, ataupu Inova. Setelah anda hingga pada dermaga penyeberangan telah banyak para nelayan yang akan menyewakan kapalnya buat menyediakan paket tour yg disediakan menggunakan rute Pulau Suwarnadwipa, Pulau Padang dan Pulau Pasumpahan. Anda sanggup sesuaikan jenis pulau mana yg akan dipilih, & sebaiknya anda melakukan perundingan harga buat medapatkan harga terbaik ketika berada pada dermaga penyeberangan ini.

Lamanya bepergian berdasarkan dermaga penyeberangan ini kurang lebih /- 25 mnt.

BIAYA PAKET WISATA PULAU PASUMPAHAN.

Untuk bepergian ini poly sekali didatangi sang para wisatawan bertema backpacker, mahasiswa, dan mungkin saja beberapa orang saja buat mendapatangi pulau ini untuk tema wisata laut bahkan hingga camping. Untuk biaya atau paket wisata ke Pulau-Pasumpahan-Island ini untuk tema lain misalnya tour ataupun outing tentu terdapat sedikit perbedaan kasus harga.

1. Secara Backpacker.

Cara misalnya ini banyak diminati oleh para pelajar atau mahasiswa pecinta alam yang ingin mendatangi pulau sebagai program buat orientasi ataupun internal mereka.

Rincian porto ini pembulatan buat satu orang peserta, bepergian dimulai menurut bundaran Mesjid Taqwa Muhammadiah Pasar Raya Padang.

Ongkos berdasarkan Pasar Raya - Bungus: IDR10.000

Ojek menuju ke Sungai Pisang: IDR25.000 - IDR30.000 lakukan perundingan dapat harga terbaik.

Sewa boat PP : IDR50.000 - IDR75.000 lakukan negosisasi ke pemilik boat kapisitas isi kapal 15-20 orang

Untuk biaya camping per-malam pada Pulau Pasumpahan: IDR15.000 bila ada perubahan harga tidak terlalu poly.

Biaya masuk ke pulau seberas IDR15.000 per orang.

2. Secara Keluarga, Touring, atau Outing.

Untuk pilihan ini memang sedikit tidak sama dengan secara backpacker. Namun bagi anda yang sudah berkeluarga, touring, dan outing ingin melakukan cara tadi dipersilahkan. Untuk paket Tour one day trip buat dua pulau yaitu Pulau-Pasumpahan dan Pulau-Pamutusan dimulai berdasarkan harga IDR300.000 - IDR500.000 per orang lakukan negosiasi buat mendapatkan harga terbaik tergantung menurut jenis paket & fasilitas yg diberikan. Teliti sebelum deal seperti jenis kapal yang digunakan & beberapa pilihan dalam ketenangan juga anda dapatkan misalnya keliru satunya perlengkapan keselamatan, dan tiket masuk ke pulau wajib anda pertanyakan apakah termasuk atau tidak. Untuk paket tour ini memang mengunjungi dua pulau ini & masuk pada biaya paket yg anda bayarkan tadi.

Khusus anda yg nir mau repot menikmati perjalan ini tentu sinkron dengan selera. Jadi bepergian ini anda hanya penekanan pada liburan saja tidak memikirkan hal lainnya misalnya prentilan kecil yang akan Mengganggu waktu liburan anda. Khusus bagi anda wisatawan berdasarkan luar kota Padang bisa menunjuk tour & travel agency yang menyediakan paket bepergian ini dimulai dari penjemputan berdasarkan Bandara BIM Padang hingga diantarkan pulang , Sebagai dasar biaya sebelum anda deal menggunakan mereka menggunakan 4 orang, dengan porto ini anda bisa mengetahui berapa biaya yang akan ditawarkan oleh travel agency kepada anda.

Sewa tunggangan jenis minibus jenis Avanza, Xenia atau Inova: IDR400.000 - IDR450.000 plus supir belum termasuk BBM.

Sewa kapal per orang IDR300.000 - IDR400.000 per orang.

Biaya masuk pulau: IDR15.000 per orang.

Biaya sewa penginapan di pulau per hari: IDR250.000 - IDR700.000

Biaya sewa penginapan di kota Padang: IDR350.000 - IDR500.000 {transit sebelum pulang kembali ke kota tujuan}.

Poto oleh: jelajahpulau.com

FASILITAS PULAU PASUMPAHAN.

Untuk fasilitas yang mampu anda dapatkan selama melakukan wisata disana merupakan: penyewaan indera selam, snorkeling, toilet, mushola, kamar bilas, tempat nongkrong kalem pada semi cafe, ayunan diatas air, dan masih poly lagi. Cocok pula bagi anda yang membawa keluarga termasuk anak-anak. Untuk fasilitas olah raga telah dipersiapkan seperti lapangan voli beserta net nya.

SEJARAH PULAU PASUMPAHAN.

Menurut cerita dari penduduk lokal bahwa ada legenda pada kembali pulau ini. Dengan sangat eksotis dan tentu disenangi oleh para wisatawan menyimpan pelajaran yg bisa diambil hikmahnya. Mirip dengan legenda Malin Kundang, laksana seorang anak yg telah dikutuk oleh ibunya, bukit yang berbentuk anak yang bersujud pada ibunya untuk meminta ambun dalam ketika kutukan itu terjadi. Maka nama pasumpahan itu sendiri berarti sumpah seseorang ibu yang bermakna marah atau kutukan.

TIPS PENTING.

Saat anda memasuki pulau ini sebagai destinasi wisata buat liburan kali ini ada beberapa tips penting yg menjadi perhatian & atensi supaya perjalanan ini tetap nyaman.

1. Waktu Tepat Musim Kemarau atau Musim Panas.

Perjalanan anda tentu akan memakai kapal menuju ke Pulau-Pasumpahan dan pulau kurang lebih perlu berada pada demam isu kemarau atau isu terkini panas. Lantaran pengalaman bila pada ketika demam isu hujan akan sebagai kesulitan lantaran kapal tidak sanggup berlayar menuju ke tujuan. Suasana bahari akan sangat tidak bersahabat dan ombak relatif tinggi akan membahayakan keselamatan. Jika dipaksakan pula maka kapal yg anda sewa sekelas kapal nelayan tentu sangat membahayakan, kapal yg berlayar mencoba memecah dan menerjang ombak yg relatif akbar akan menjadikan fatal & bodi kapal akan pecah dan mengancam keselamatan semua penumpang.

Saat dalam demam isu hujan frekuwensi telepon seluler di pulau sudah dipastikan tidak terkoneksi sempurna bahkan nir ada frekuwensi sama sekali, jadi akan menyulitkan anda untuk berkomunikasi.

Dua. Apabila anda mempunyai nyali buat hingga ke puncak sebaiknya daki bukit dengan tinggi 100 meter posisinya di sebelah utara pulau. Di puncak tadi anda bisa melihat holistik pemandangan diatas pulau dimana pada posisi zenit terdapat berdiri bendera Merah Putih sebagai tanda anda telah sampai di klimaks.

3. Selama anda mengunjungi wisata bahari pulau seperti ini harus selalu menjaga kebersihan dan buang sampah dalam tempat yg sudah disediakan. Pulau bukan loka sampah yg sudah anda buat dan jika perlu bawa balik hingga eksklusif anda & buang pada tempat penyeberangan kapal tadi. Banyak sekali tangan jahil yang nir bertanggung-jawab yang membuang sampah walaupun ukurannya kecil tetapi sungguh merusak pemandangan.

4. Untuk wisata pulau ini memang poly menggunakan jasa kapal lokal penduduk karena mereka lah yg sangat paham syarat & geografi wisata pulau seperti ini. Untuk mendapatkan harga yang terbaik anda lakukan negosiasi yg relatif sopan supaya deal harga bisa terwujud menggunakan baik.

Lima. Khusus anda backpacker anda wajib menunggu jumlah penumpang kapal penuh dulu dan harus bersabar lantaran sesudah relatif maka kapal akan segera berlayar. Jumlah penumpang satu kapal 15-20 orang cocok sekali buat satu rombongan atau satu grup sehingga perjalanan tidak perlu menunggu penumpang lain dan sudah pasti bepergian anda akan segera cepat berjalan.

6. Untuk aliran listrik selama pada Pulau-Pasumpahan masih mengandalkan genset selama 24 jam jadi untuk kebutuhan mandi & fasilitas pendukung lain mampu berjalan sesudah genset ini beroperasi dengan baik oleh pengelola.

7. Persiapkan jumlah uang yg cukup jika anda melakukan beberapa transaksi disekitar pulau seperti nongkrong atau belanja di warung penduduk. Semua transaksi dalam uang tunai & belum ada ATM di pulau, pastikan seluruh kebutuhan ini mampu anda kalkulasikan jumlah yang akan dibawa supaya nir kekurangan ketika telah berada di Pulau-Paumpahan.

8. Pulau-Pasumpahan penginapan hotel yang lebih baik dan relatif nyaman berada pada kurang lebih Pulau Pagang tepatnya pada depan pulau Sikuai jikalau perjalanan kurang lebih 10 mnt menurut Pulau Pasumpahan. Bahkan mereka juga memberikan paket tambahan apabila anda menginap disana yaitu trip perdeo ke pulau sekitar sebagai akibatnya anda wisata sekalian berlibur sudah mampu terpenuhi. Fasilitas tambahan ini termasuk transportasi boat PP, penginapan, makan tiga kali pagi, siang, & malam, menikmati barbeque di pantai, trip langsung ke Pulau Pagang Pulau Swarnadwipa, & Pulau Pasumpahan. Khusus buat alat-alat snorkeling pula mereka persiapkan ditambah dengan anda yang ingin berfoto pada pada laut juga pada arahkan oleh guidenya pribadi. Wisatawan juga tercover dengan auransi dan beberapa fasilitas lain jua akan mereka siapkan sesuai dengan impian para wisatawan.

Note Penting!

Untuk harga yg tertera ini sanggup terjadi kenaikan sinkron menggunakan kondisi dalam ketika traveling nanti. Kenaikan tentunya tidak jauh menurut harga pasar yg tertera diatas, jika terdapat kenaikan antara 10%-15%. Jadi, intinya anda sanggup melakukan negosiasi harga pada pemilik armada baik rental mobil, hotel, atau kapal bila bepergian rombongan agar menerima harga yang kompetitif waktu anda berkunjung ke Pulau Pagang & sekitarnya.

Jika anda ingin menerima holistik paket ke formasi beberapa pulau disekitarnya misalnya Pulau Swarnadwipa, Pulau Pamutusan, Pulau Sikuai, Pulau Sironjong Gadang, Pulau Sironjong Ketek, Pulau Gosong, Pulau Ular, Pulau Sirandah, dan Pulan Pandan lebih baik. Inilah pulau-pulau favorit yang telah menjadi kunjungan wisatawan yang menyukai alam bahari di Sumatera Barat tepatnya di pesisir pantai. Jadi perjalanan anda sanggup sekalian selama traveling nanti sudah dipastikan kunjungan wisata Bahari bisa terlaksana menggunakan baik. Lantaran lokasi pulau ini relatif berdekatan satu sama lainnya. Semoga bermanfaat goresan pena ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar