Kamis, 17 September 2020

Air Terjun Tapian Puti Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat

Sangat dekat dengan kota Padang ini pula menjadi destinasi wisata menggunakan nama air-terjun-tapian-puti-Lubuk-Alung-Kabupaten-Padang-Pariaman. Panorama pesona alam yg masih alami ini sebenarnya telah poly dikenal sang wisatawan lokal dan perantau Minang yang sudah mengenal baik lokasi ini menjadi destinasi untuk menghabiskan waktu berlibur beserta teman & rekan sahabat.

Poto oleh: IG tripcanvas.travel

GEOGRAFI AIR-TERJUN-TAPIAN-PUTI.

Terletak pada alamat Sikabu Bukik, Nagari Sikabu, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat ini tentu sangat dekat menggunakan sentra kota Padang. Anda yang menyukai suasana alam loka ini menjadi alternatif pilihan yang tidak bisa terlewatkan. Air terjun ini memiliki 7 taraf buat hingga ke tingkat paling atas anda wajib mempunyai energi dan staminan yg bertenaga terutama anda yang mempunyai mental pecinta alam bisa menjajal treking ini.

Dengan unik & tingkatnya ini bentuk air terjun berupa kolam-kolam kecil yang terbentuk secara alam ini yang dilingkupi oleh air terjun yg masuk ke masing-masing kolam tersebut. Sudah pasti kolam alam yang terbentuk ini dialiri eksklusif oleh air hutan alami berdasarkan bukit sehingga terasa dingin dan menyejukan. Kawasan Wisata Air Terjun Tapian puti ini tentu asal berdasarkan air alami menurut pegunungan yang mengaliri seluruh kolam secara bertingkat, dan setiap tingkatnya tentu mempunyai keistimewaan dan keasyikan tersendiri. Setiap tingkat memiliki ciri air terjun yg tidak selaras dan berukuran luasnya. Sangat bening dan bersih & mampu anda lakukan mandi berendam laksana jacuzzi alami hadir dekat dengan pusat kota Padang.

BAGAIMANA CARA KE AIR TERJUN TAPIAN PUTI.

Cara jalan menuju ke lokasi air-terjun-tapian-puti adalah setelah anda masuk ke Lubuak Aluang tepatnya pada akses jalan Nagari Sikabu jarak berdasarkan pusat kota Padang /- 40 km. Setelah memasuki Nagari Sikabu atau masuk dari persimpangan BLKM, & sudah ada goresan pena yg menjelaskan Wisata Air Terjun ini & anda akan menemukan jalan aspal dengan panjang /- 2 km hingga ke huma kosong di atas bukit. Dan adanya gapura yg bertulisan Selamat Datang. Setelah anda parkir kendaraan pada kurang lebih lokasi ini anda harus estafet menuju ke loka objek wisata Pemandian Tapian Puti. Selama anda berjalan kaki akan disuguhkan pemandangan yang sangat alami sekali, lebatnya pepohonan hijau, sejuknya udaram ditambah menggunakan kicauan burung seolah menyambutnya anda pada air terjun ini. Jarak bepergian menurut gerbang ini hingga ke lokasi air terjun /- 15 km berjalan kaki.

Poto sang: twitter.Com/IlhamPoetraTJ

SEJARAH LEGENDA AIR TERJUN TAPIAN PUTI.

Cerita kisah legenda atau sejarah air terjun ini tentu perlu diketahui para wisatawan, tempat ini merupakan pemandian para 7 putri khayangan yaitu kisah percintaan antara Malin Deman & Putri Bungsu. Penduduk lokal berkisah bahwa ke tujuh strata kolam ini adalah tujuh putri tersebut yg mandi di masing-masing kolam yang ada. Jadi sebabnya, tujuh kolam ini adalah tempat mandi menurut putri tadi.

KEGIATAN SELAMA AIR TERJUN.

Tentu kegiatan yg anda lakukan di lokasi air terjun tentu menikmati suasana alam yang sangat alami dan mampu menyatu eksklusif menggunakan alam. Lokasi yg sangat disukai oleh penduduk lokal untuk wisata pula sebagai loka buat menghabiskan saat akhir pekan & liburan sekolah. Lantaran lokasi sangat dekat dan aksesnya relatif sanggup ditelusuri & biayanya nir terlalu mahal ini menjadi pilihan terbaik buat anda datang ke lokasi ini.

Apabila anda ingin menjajal keseluruhan tingkat air terjun ini harus melakukan perjalanan menyisir di tepian sungai buat hingga ke puncak akan membutuhkan waktu tempuh /- 1 jam berjalanan.

TIPS WISATA AIR TERJUN TAPIAN PUTI.

Selama anda melakukan perjalanan wisata pada air-terjun-tapian-puti ini ada beberapa catatan krusial bagi seluruh wisatawan yg ingin mendatangi tempat ini sebagai lokasi wisata.

1. Perjalanan wisata ini sebagiknya dilakukan pada isu terkini kemarau, karena air akan terlihat sangat bersih dan bening cocok menggunakan medan perjalanan yang nyaman saat kaki melangkah.

Dua. Kunjungan ini memang mebutuhkan fisik karena selama perjalan estafet berjalan kaki jalan yang akan ditempuh relatif licin & berlumpur. Makanya perjalanan ini usahakan dilakukan dalam animo kemarau buat menghindari jalan lumpur & licin.

Tiga. Jalan akses berjalan kaki ini telah ada jalan rintisan dan relatif kuat dan jalurnya jelas. Khususnya dalam saat penurunan anda wajib berhati-hati & pengawasan. Lantaran penurunan ini relatif terjal dan relatif sedikit licin.

4. Gunakan sepatu spesifik pertualangan karena antisipasi fauna pacet yg bisa saja melekat di kaki, sepatu hiking mendaki gunung sangat direkomendasikan.

Lima. Lokasi ini merupakan tempat wisata & jaga selalu kesopanan & kebiasaan-kebiasaan dan bagi wanita anda selalu berpakaian tertutup dan menutup aurat.

6. Apabila anda ingin mendapatkan spot terbaik sebaiknya berkunjung dalam hari biasa jangan dalam akhir pekan. Lantaran akhir pekan sudah tentu pasti poly dikunjungi oleh para wisatawan & ramai sekali.

7. Jangan buang sampah asal-asalan apapun jenisnya, kuliner atau minuman wisatawan yang berkunjung termasuk anda. Lokasi wisata nir loka sampah & selalu jaga lingkungan ini buat kenyamanan seluruh wisatawan. Baik di lingkungan air terjun atau selama bepergian menuju lokasi wisata.

Khusus bagi anda yg perokok jangan buang puntung rokok anda asal-asalan akan memicu kebakaran lantaran selama akses bepergian menuju ke air terjun terdapat semak belukar yang tentu mampu memicu barah ketika puntung rokok anda masih ada nyala barah.

8. Jauhkan sifat corat-coret atau destruksi pada semua spot kunjungan air terjun. Sifat yang nir direkomendasikan lantaran akan Mengganggu pemandangan dan ketidaknyamanan pemandangan.

9. Bawa bekal dan air minum secukupnya selama perjalanan ke tempat wisata ini. Karena perjalanan estafet tersebut tentu membutuhkan air minum dan anda sudah niscaya akan cepat haus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar