Rabu, 16 September 2020

Indahnya Pemandangan Alam Panorama Bukit Gagoan Solok Sumatera Barat

Pesona Bukit Gagoan atau Puncak Gagoan telah dihinggapi sensor hipnotis seluruh wisatawan atau traveler lokal buat melihat indahnya spot terbaik alam berlatar Danau Singkarak. Wisata-Solok yg sudah mulai berbenah untuk siap mendapat para penakluk medan terjal dan berliku ini menjadi keasyikan tersendiri bila sudah menaklukan menggunakan teknik yang sahih & minimalisir resiko yang ditimbulkan terasa andalah seorang kampiun. Gagoan-Peak-Solok telah mulai diincar sang traveler seluruh global lantaran akses yang butuh tantangan seperti hiking atau semi mendaki gunung mampu dilakukan secara bersamaan waktu isu terkini liburan tiba pastinya anda nir butuh poly biaya buat mewujudkan liburan singkat, padat, & adventure.

Poto oleh: aissyputriz.Wordpress.Com

GEOGRAFI BUKIT GAGOAN.

Penduduk lokal menyebutnya Bukik-Gagoan memang terdapat artinya. Makna ini sebenarnya berasal dari penggalan kata Gagau pada Bahasa Minangkabau yang berarti gamang atau bermakna takut jatuh atau takut ketinggian. Memang sahih adanya, Bukit Gagoan ini memang berada di posisi batuan karang yang keras dengan taraf terjal, curam, dan kemiringan bukit telah sanggup mencapai 90 derajat tentu sebuah spot sebagian orang menyebutnya gila dengan sejumlah solusi tantangan yang wajib dilihat jangan hingga galat akan menimbulkan korban. Jadi, pastikan buat mendatangi lokasi ini anda telah ada mental pecinta alam, fisik prima, nir mudah menyerah, & harus mentaati seluruh teknik yg tepat buat melangkah agar bepergian tetap pada jalur & selamat.

Puncak Bukik-Bukit-Gagoan ini diapit oleh 2 buah bukit yg berbatasan pribadi dengan sungai air yg sangat jernih yg sudah dimanfaatkan sebagai asal air bersih sang pemerintah buat dialirkan keseluruh tempat tinggal penduduk lokal dengan pipa yang terlihat kentara berdasarkan zenit sampai ke bawah bukit. Jika anda menuju ke puncak bukit harus memperhatikan treking yg akan dilewati lantaran sangat sempit, apabila anda phobia ketinggian tidak disarankan untuk sampai ke puncak .

BAGAIMANA CARA KE BUKIT GAGOAN.

Puncak ini berada di Nagari Paninggahan pada Kecamatan Tanjung Junjung Sirih, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat. Puncak Bukit Gagoan ini berjarak kurang lebih 20 km menurut pusat kota Solok atau lebih kurang 77-80 km berdasarkan sentra kota Padang. Sampai ke lokasi ini poly diminati sang semua wisatawan menggunakan sepeda motor atau roda empat. Khusus buat roda empat hanya hingga pada lokasi dasar buat pendakian lantaran bepergian ini seperti jalan setapak yg sanggup dilewati oleh sepeda motor atau sepeda mountain bike.

Rekomendasi terbaik merupakan menggunakan roda 2 lantaran jalan yg cukup sempit ini sanggup dilewati menggunakan baik. Perjalanan akan dimulai saat anda memasuk lokasi Pasar Sumani dan perjalanan berdasarkan sini akan menempuh jeda kurang lebih 7 km dengan waktu tempuh /- 30 mnt. Berbelok kekiri selesainya Pasar Sumani sebelum jembatan menuju ke nagari Saniangbaka. Lanjut terus perjalanan sesudah anda menemukan tugu khas yang ada model bagonjong anda berbelok kekiri, walaupun jalur ini relatif sepi dilewati namun sanggup jua hingga ke posko penjagaan yang dilengkapi dengan mushola & toilet generik. Kondisi jalan yg masih berbatu dan terjal wajib memperhatikan kecepatan berkendara supaya posisi pijakan masih pada status selamat.

Waktu terbaik kunjungan ke Bukit Gagoan ini adalah dalam demam isu kemarau. Dan anda harus paham bahwa kurang lebih bulan Maret S/d Juli setiap tahun wilayah ini pada masa trend hujan, isu terkini kemarau pada bulan Februari, sedangan musin pancaroba dalam bulan Agustus S/d Oktober.

Objek wisata ini sudah dikelola swadaya sang penduduk lokal dan sebenarnya tidak terdapat biaya pasti buat dibebankan kepada wisatawan. Tetapi anda sebagai wisatawan menaruh effort buat penduduk lokal yang menjaga kebersihan & menjaga kendaraan anda saat parkir. Biaya parkir dimulai berdasarkan harga IDR5000 untuk sepeda motor.

Objek paling disukai sebenarnya pada Bukik Gagauan ini adalah 3 spot terbaik yaitu wisata tebing, pemandangan alam berlatar Danau Singkarak, serta spot padang rumput yg anggun.

Spot PAdang Rumput di Puncak Gagoan Solok. Poto oleh: barrabaa.com

ALAMAT PEMANDANGAN BUKIT GAGOAN SOLOK.

Lokasi alamat tempat wisata Bukit Gagoan ini adalah Nagari Paninggahan Junjungan Sirih, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat.

TIPS MENGUNJUNGI BUKIT GAGOAN.

Ada beberapa tips khusus bagi anda yg ingin melakukan perjalanan ke Bukit Gagoan ini menjadi wisata alternatif yang masih dekat dengan pusat kota Solok dan reltif dekat menurut kota Padang.

1. Sebaiknya anda memulai bepergian pada pagi hari dan pad animo kemarau atau pada trend yang sangat bersahabat agar treking yang dilalui permanen baik & nyaman.

2. Perjalanan ini usahakan memakai sepeda motor roda dua sebaiknya memakai kopling lantaran medannya sangat menantang.

Tiga. Pada saat treking menggunakan jalur yang berbatu usahakan anda memakai sepatu khusus mendaki gunung menggunakan sol yang bertenaga saat berjalan terasa kokoh dan langkah terasa kuat.

4. Bawa perlengkapan secukupnya tidak perlu membawa jumlah banyak. Pastikan anda membawa handuk kecil, topi, sun block, hingga pakaian lengan  panjang untuk antisipasi hal yang tidak nyaman selama perjalanan.

Lima. Bawa logistik kuliner dan minuman secukupnya, karena selama perjalanan anda butuh konsumsi makanan ini agar tetap prima. Sebaiknya bawa jenis sehat dan menyehatkan agar sanggup menaruh energi ekstra yg dibutuhkan oleh tubuh.

6. Untuk mendapatkan spot pemandangan latar Danau Singkarak pastikan ketika kunjungan wajib terbebas menurut demam isu hujan ataupun demam isu berkabut. Lantaran lebih kurang lokasi ini situasi misalnya ini masih tak jarang terjadi.

7. Selama melakukan perjalanan anda harus memperhatikan buat tidak membuang sampah asal-asalan apapun jenisnya kuliner atau minuman. Lokasi bepergian ini terdapat rumput ilalang dan semak belukar pastikan sampah yg anda bawa tidak mengundang percikan api yg mampu memicu kebakaran. Saat anda berada dipuncak wajib berhati-hati karena pada zenit luasnya nir begitu luas dan harus bergantian bila pengunjung banyak.

8. Jangan melakukan corat coret atau destruksi di batu zenit Bukit-Gogoan karena akan menghambat pemandangan. Apapun bentuknya & kecilnya goresan pena anda tidak diperkenankan buat melakukan hal yg nir mengundang ketenangan pandangan.

9. Selama anda melakukan treking harus fokus dan berhati-hati jangan selalu bercanda apabila anda berangkat secara rombongan. Karena perjalanan terjal dan curam jika anda tidak fokus dengan langkah dan pijakan akan mengakibatkan fatal. Karena telah terdapat beberapa kejadian para wisatawan yang jatuh korban pada treking adventure seperti ini.

10. Jangan malu bertanya kepada penduduk lokal bila anda masih ragu buat rute bepergian hingga ke Bukit Gagoan atau Bukit Gagauan. Jika anda ragu akan berputar jauh & ketika akan terbuang sia-sia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar