Selasa, 15 September 2020

Air Terjun Lubuk Batu Bulan

Keindahan air-terjun-lubuk-batu-bulan Mungka Kabupaten Lima Puluh Kota ini telah mempengaruhi para wisatawan sampai traveler yang menginginkan lokasi terkini buat dikunjungi menjadi loka wisata favorit dan lokasinya masih pada Ranah Minang. Air terjun ini sangat unik sekali air jatuh langsung ke lubuk atau kolam yang bentuk cekungan seperti bulan. Aliran air yg jatuh ke lubuk ini tidak terdapat sungai yang mengalir tetapi air yang jatuh ke lubuk atau kolam. Keunikan lain adalah lubuk genangan air tersebut terdapat gua yang cukup luas pribadi menampung air yg jatuh tersebut. Air jatuh ini pula ditemukan kurang lebih satu kilomenter ke arah hilir menjadi air krusial buat aliran sawah petani. Jadi, lokasi air terjun ini nir sanggup dijadikan lokasi buat mandi atau berenang. Hanya bisa sebagai tempat buat cuci muka atau merasakan gemercik air yg kena pada dinding tebing.

Poto oleh: portalwisata.co.id
Poto oleh: pesona-minangkabau.blogspot.com

GEOGRAFI AIR TERJUN LUBUK BULAN.

Air terjun menggunakan ketinggian /- 50 meter ini terlihat dibelakangnya terdapat cekungan bentuk goa yang sangat unik bahkan alami terbentuk dari alam. Tentu lingkungan lebih kurang menjadi panorama yang sangat menakjubkan bahkan terunik yg hanya terdapat pada air terjun ini.

BAGAIMANA CARA KE AIR TERJUN LUBUK BULAN.

1. DARI KOTA PAYAKUMBUH.

Jalan menuju ke air-terjun-lubuk-bulan merupakan anda usahakan berangkat berdasarkan sebuah pasar rakyat tradisional di Kecamatan Mungka menggunakan jeda tempuh /- 10 km. Perjalanan menuju ke lokasi air terjun disuguhi menggunakan pemandagan sawah lokal penduduk serta beberapa aktifitas peternakan penduduk terlihat dengan kentara seperti peternakan unggas yang sebagai mata pencaharian primer penduduk lokal pada Nagari Mungka.

Kalau anda menurut sentra kota Payakumbuh memakai tunggangan generik wajib menuju ke daerah Danguang-Danguang, & bisa menyewa ojek hingga ke wilayah yang bernama Simpang Kapuak.

PENTING!.

Perjalanan yang akan dilakukan ini sangat menantang & akses terbaik memakai tunggangan roda dua. Lebih baik memakai motor spesifik buat treking jangan matik. Karena medan yg relatif terjal ini akan membutuhkan motor yang spesifik juga & setelah itu anda akan melakukan perjalanan kaki menuju ke hutan & perkebunan penduduk lokal.

Setelah anda menempuh bepergian menggunakan motor sendiri ini & akhirnya jalan aspal berganti menggunakan jalan hotmix. Setelah keseluruhan jalan ini anda tempuh makan saatnya pertualangan dimulai. Dibutuhkan kosentrasi tingkat tinggi karena anda telah mulai menaiki perbukitan yg relatif terjal, berliku, dan memiliki medan yang cukup curam. Setelah liku-liku perjalanan ini anda akan bisa rehat pada tempat duduk atau istriahat sejenak waktu perjalanan yg menegangkan telah usai. Dari lokasi ini anda sanggup pribadi melihat lebatnya hutan khas Sumatera yg masih terawat.

Perjalanan anda belum selesai saatnya melanjutkan bepergian, jangan terlalu lama duduk pada kurang lebih loka istirahat ini. Tujuan akhir ke air-terjun-lubuk-bulan masih lebih kurang /- 15 km lagi buat sampai ke lokasi. Perjalanan sudah dilanjutkan & anda sudah sampai di jorong Koto Tinggi Kubang Balambak saatnya ekspedisi pecinta alam dipersiapkan. Siapkan kaki yang kokoh sebab anda akan masuk ke rimba hutan yg cukup lebat yg tentu memberikan sebuah pengalaman menarik menjadi pecinta alam.

Jalan setapak sebagai tumpuan kaki melangkah kiri & kanan telah menyambut pohon yg tinggi menggunakan bermacam jenis. Terlihat pula tumbuhan gambir menjadi komoditas output bumi lainnya di lebih kurang jorong ini. Setelah melewati beberapa hutan gambir ini dan akan masuk ke rimba yang akan mempunyai tema perjalanan berupa tebing yg cukup curam bahkan sampai ke kaki lembah. Lama bepergian buat sampai kesini sudah memakan saat -/ tiga jam perjalanan menurut awal jalan hotmix habis hingga pemberhentian terakhir.

Setelah sampai di puncak bukit anda mampu melihat indahnya pemandagan di bawah sana menjadi nilai plus dari ekspedisi perjalanan ini. Sekitar /- 5 mnt menurut sini anda telah mulai mendengar hentaman air terjun dan akhirnya sampai pada lokasi tujuan akhir yaitu air-terjun-lubuak-bulan.

2. DARI PEKANBARU.

Jika anda berasal dari kota Pekanbaru mampu eksklusif menuju ke lokasi air terjun nir perlu lagi melewati kota Payakumbuh. Ambil dalur di Simpang Hulu Air, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota. Simpang hulu ini merupakan jalan masuk awal menuju ke lokasi air terjun tepatnya sebelum anda memasuki kelok sembilan. Posisinya sebelah kana dan telah anda papan petunjuk yang sudah dibentuk sang mahasiswa sedang tugas KKN pada lebih kurang wilayah ini. Jarak dari simpang masuk ini menuju ke lokasi dengan jarak /- 15 km dengan waktu tempuh lebih kurang 1 jam perjalanan.

Kondisi jalan ada aspal dan akan bertemu juga jalan berbatu dan tanah. Hampir sama menggunakan rute di kota Payakumbuh wajib ekstra hati-hati lantaran medan yg akan anda lalui akan ada treking yang perbukitan turun & naik. Jadi pastikan kewaspadaan tingkat tinggi agar motor permanen stabil dala berkendara & akan menemukan jalan hingga ke pintu masuk wisata.

SUASANA LENGKAP SEKITAR AIR TERJUN.

Suasana kurang lebih air terjun ini ada berupa jarak yg cukup tinggi seperti patahan bumi menggunakan syarat hutan liar. Pemandangan alam yang sangat latif sekali & tak terdapat duanya ada pada Ranah Minang ini. Di atas air terjun terlihat punggung tebing & adanya gua yang terjadi proses alami patahan tersebut dengan bebatuan. Jika anda berdasarkan pada gua jua mampu pribadi terlihat air terjun yg turun memberikan warna tersendiri saat berada pada lebih kurang goa ini.

Air terjun ini tampaknya eksklusif masuk ke perut bukit dan keluar di jorong dibawah berupa mata air sekitar 1 km meter jauhnya. Kemungkinan asal airnya dari menurut air terjun ini. Memang terasa lain & tidak selaras sekali menggunakan keindahan ini rasanya ingin berlama-lama dan menikmati suasana 2 menggunakan leyehan santai hingga waktu siap buat turun kembali.

ALAMAT AIR TERJUN LUBUK BULAN.

Alamat letak lokasi air terjun di Jorong Koto Tinggi Kubang Balambak, Kanagarian Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Tata letak yang sangat terpencil ini dapat dikatakan terisolir di Kabupate Lima Puluh Kota butuh waktu kurang lebih 4-lima jam perjalanan memakai sepeda motor menurut sentra kota Payakumbuh.

PARKIR KENDARAAN.

Memang menuju ke lokasi wisata terdapat perumahan penduduk yg mampu anda parkir kendaraan sesudah mendapat izin dan membayar porto parkir pada penduduk lokal tersebut. Memang nir terdapat tarif spesifik tetapi anda mampu memberikan IDR5000 per motor buat memulai perjalanan treking sehabis tunggangan anda parkir dan melanjutkan berjalan kaki menuju ke hutan dan perkebunan masyarakat. Dari sini anda pula bertanya ke penduduk atau memakai jasa tour guide buat antar hingga ke lokasi telah sanggup anda tawarkan pada mereka, menjadi cara berterima kasih untuk memberikan sedikit peluang kerja pada mereka.

TIPS SAAT MELAKUKAN EKSPEDISI MENUJU AIR TERJUN.

Ada beberapa saran buat melangkapi goresan pena ini supaya perjalanan ini menjadi lebih nyaman.

1. Sebaiknya perjalanan ini dimulai pada waktu trend kemarau, jangan dalam trend hujan. Karena medan akan sebagai sulit & licin waktu dikendarai sang tunggangan bermotor.

2. Sebaiknya anda menggunakan jasa tour guide sangat direkomendasikan. Pada masuk ke nagari Koto Tinggi Kubang Balambak terdapat jasa buat menemani anda sampai ke lokasi air terjun. Untuk biaya sanggup anda negosiasikan, harga mampu dimulai menurut IDR25.000.

Tiga. Persiapan buat sepatu usahakan memakai sepatu spesifik buat naik gunung denan sol sepatu yg bertenaga mirip sepatu mendaki gunung sangat direkomendasikan.

4. Bawalah perlengkapan logistik yang cukup selama melakukan ekspedisi perjalanan ini. Bawa tas & barang secukupnya nir berlebihan sesuai menggunakan ketika kunjungan saja, misalnya sandang ganti & handuk bila pada lokasi anda bermain air.

5. Sebaiknya anda melakukan perjalanan secara tim atau rombongan supaya suasana yg akan akan nikmati bersama lebih bersemangat dan saling tolon menolong dalam bepergian nanti.

6. Jangan buang sampah sembarangan karena ada tanda wisatawan yg menciptakan sampah menurut logistik yg mereka bawa. Anda jangan hingga membuang sampah pada lokasi air terjun lantaran lokasi ini bukan loka sampah tetapi likasi wisata alam yg masih alami & sangat disukai sang wisatawan semua global.

7. Budayakan sifat orang timur & beradat nir melakukan corat-coret dinding gua. Sifat seperti ini sangat tidak terpuji dan akan Mengganggu aset wisata Ranah Minang yang harus dijaga beserta.

8. Perjalanan ini wajib memiliki stamina prima, nir sakit, atau phobia dari ketinggian.

9. Total usang saat perjalanan untuk hingga ke air terjun /- 4-5 jam, pastikan saat yang cukup buat anda yang mengunjungi & sampai kembali pada jorong Koto Tinggi Kubang Balambak. Perjalanan beragkat ke lokasi usahakan dalam pagi hari & cuaca terbaik di ekspresi dominan panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar