Minggu, 28 Juni 2020

Panduan Naik Pesawat Udara Keluar Negeri Untuk Pertama Kali

Khusus anda yg pertama kali naik pesawat udara tujuan ke luar negeri tentu menjadi sesuatu yang amazing sekali, hati ini cita rasanya berdebar-debar hingga tidak mampu tidur & sedikit keringat dingin. Tapi anda jangan khawatir artikel ini berisikan panduan lengkap bagaimana anda wajib melakukan bepergian ini sebagai menarik & bisa diikuti menggunakan gampang lantaran ada beberapa poin yg harus diikuti. Setelah anda paking semua barang bawaan dengan dokumen penting telah dibawa anda siap melakukan perjalanan ini dimana penerbangan yg sudah dipersiapkan yaitu pilihan apakah budget airline LCC atau full service. Pastikan semua data yg anda masukan buat membeli tiket pesawat wajib sesuai menggunakan paspor, lantaran dokumen dan semua dokumen bepergian anda harus sinkron menggunakan identitas ini. Jangan pernah tertukar apalagi anda pulang secara rombongan. Untuk memberikan penjelasan yg lebih akurat kami mencoba menjelaskannya satu-satu per satu supaya tidak terdapat yg terlewatkan & mampu menjadi pedoman bagi anda yg ingin melakukan perjalanan nanti pada demam isu perlop yang akan datang.

BUAT PASPOR BERSERTA VISA.

#1. PASPOR.

Semua perjalanan ke luar negeri anda wajib membuat paspor sebagai dokumen resmi yg harus dipersiapkan sebagai bukti diri resmi pada global internasional. Paspor dibuat pada Imigrasi pada lokasi anda berdomsili dan wajib dilengkapi menggunakan dokumen pelengkap & wajib valid dan sesuai dengan bukti diri daru yg menciptakan paspor. Proses pembuatannya bisa dimulai menurut pendaftaran secara online atau datang langsung ke Imigrasi buat mengikuti proses yang harus diikuti. Harus tiba pribadi tidak boleh diwakilkan karena bukti diri ini dicatat semua warta menurut pemohon & disahkan sang pejabat Imigrasi setempat.

Khusus anda yang telah mempunyai paspor pastikan masa berlakunya melebihi waktu 6 bulan atau minimal 12 bulan sewaktu anda melakukan perjalanan. Ada beberapa negara yg mensyaratkan masa berlaku paspor minimal 12 bulan seperi USA & India, pastikan dan lihat masa berlakunya pada bagian paling depan. Jangan hingga galat, apabila anda kelupaan akan menghipnotis ketenangan bepergian nanti.

#dua. VISA.

Setelah paspor telah ditangan teliti negara mana yg akan sebagai destinasi liburan. Apakah negara tersebut bebas visa atau harus memakai visa. Untuk negara ASEAN anda tidak perlu memakai visa relatif paspor saja dan paspor tersebut akan pada cap pada pintu Imigrasi masing-masing negara. Pastikan anda harus updated berita negara mana saja yg menerapkan sistim visa dan non visa sebelum anda menetapkan negara yg akan sebagai destinasi traveling liburan nanti. Visa ini dibuat pada perwakilan embassy negara yang anda tuju yang membuka interaksi diplomatik mereka dengan Pemerintah Indonesia.

PERSIAPAN KEBERANGKATAN.

Setelah paspor & visa bila dibutuhkan saatnya persiapan embarkasi telah anda mulai. Perlengkapan yang akan dibawa sudah tertata rapi dengan jumlah pakaian, uang, tiket pesawat, hotel, sampai itinerary perjalanan sudah dipersiapkan lengkap semua. Pisahkan barang bawaan dan perlengkapan menggunakan dokumen bepergian buat memberikan kemudahan mencari dan diperlukan waktu diperlukan. Jangan lupa, saat anda akan bepergian siapkan ball point atau pena buat menulis ketika masuk ke negara tujuan menggunakan mengisi kartu atau kertas atau formulir kemigrasian yang diserahkan oleh pramugari ketika akan landing di negara tujuan. Pastikan anda mengisi dengan jelas, akurat, & jujur pada kertas imigrasi ini.

TIPS: sebelum anda berangkat pastikan telah mempersiapkan uang yg telah pada tukar di Indonesia. Sesuai menggunakan negara tujuan, pastikan sudah menukarkan jumlah yg relatif dengan nominal kecil hingga besar . Karena sangat dibutuhkan waktu anda transaksi untuk membeli tiket transportasi generik di negara tujuan nanti tentu butuh pecahan nominal kecil.

Semua telah siap dan ready maka anda akan melakukan bepergian berdasarkan tempat tinggal , terdapat yg menggunakan busa Damri, taksi online, atau diantar sang keluarga hingga ke Bandara Soekarno Hatta Cengkareng Tangerang Banten. Pastikan anda harus kalkulasikan waktu selama bepergian nanti dan sebaiknya anda sudah hingga pada bandara minimal 2-3 jam sebelum keberangkatan. Alasannya buat mengantisipasi kemacetan atau beberapa hambatan yang mampu saja terjadi waktu pada bepergian nanti. Jadi tidak tergesa-gesa hingga cemas mampu dihindari & lainnya.

Saat setelah sampai di bandara tentu anda akan melakukan proses check in balik di konter airline yang akan anda pilih menggunakan melihatkan tiket dan identitas yang berlakuk seperti paspor atau KTP. Proses ini akan memakan waktu /- lima-10 mnt tergantung menurut antrian pada ketika itu. Sebelum anda memasuki pintu keberangkatan pastikan anda jua memasuki scanning barang yg pertama dengan memasukan semua barang kedalam container yg telah disediakan: barang yang harus dibuka adalah jam tangan, ikat pinggang, hand phone, jaket, & seluruh barang bawaan anda masuk kedalam mesin pengecekan barang. Kemudian menuju ke konter airline tunjukan semua dokumen perjalanan ini pada petugas airline yang bertugas saat itu dan apabila anda ada bagase makan mampu dimasukan ke kabin bawan dengan minimal /- 20 kg buat airline full service perdeo, spesifik untuk airline buget LCC anda wajib membeli terlebih dahulu sewaktu pembelian tiket secara online dan lebih murah. Apabila anda membeli eksklusif dalam saat itu harganya sangat mahal sekali. Jadi pastikan poin ini wajib anda ketahui agar uang yang anda bawa tetap relatif sinkron dengan anggaran yg sudah disiapkan. Apabila anda membawa barang ke kabin atas pesawat buat saat sekarang ini hanya diperbolehkan berat /- 7 kg menjadi tas tenteng atau ransel.

MEMASUKI PEMERIKSAAN IMIGRASI INDONESIA.

Setelah semua beres dan anda sudah mendapatkan boarding pass berdasarkan konter check in barang tadi dan sudah dicek seluruh dokumen & tiket penerbangan telah sinkron maka saatnya anda menuju ke pintu inspeksi dokumen paspor di Imigrasi Indonesia. Untuk ketika sekarang ini anda harus mengisi kertas atau kartu atau formulir imigrasi yg sudah tersedia pada sudut ruangan pintu masuk antrian. Anda wajib mengisi dengan lengkap & seksama sesuai dengan data dan paspor yg dimiliki. Tulis dengan huruf balok & kentara, harus amanah jangan ada kebohongan saat menyampaikan informasi ini. Isian ini sesuaikan dengan informasi yang diminta sang Imigrasi Indonesia. Jika anda berbohong akan terdeteksi oleh petugas dan anda akan diperiksa sangat intensif sebagai akibatnya akan merusak kenyamanan bepergian anda nanti.

Setelah anda isi lengkap dan paripurna saatnya masuk ke jalur antrian bersama turis lainnya saat proses pemeriksaan di pintu imigrasi Indonesia. Anda harus antri & sesuai jalur, lantaran kebiasaan antri sangat diutamakan. Semua dokumen resmi bepergian anda dipersiapkan dimulai dari boarding pass, paspor, sampai kertas imigrasi yg sudah anda isi lengkap nanti. Saat inspeksi nanti ada kalanya petugas bertanya & anda wajib jawab sejujurnya, jika lancar paspor anda akan di scan di mesin imigrasi & pada stempel. Kemudian kertas imigrasi ini akan diberi rabat buat anda & wajib disimpan, karena potongan ini akan dikembalikan lagi pada petugas saat anda pulang lagi ke Indonesia waktu pengecekan paspor pada pintu pengecekan dokumen paspor.

credit: travelandleisure.com

MENUJU KE RUANG TUNGGU KEBERANGKATAN.

Setelah pemeriksaan Imigrasi Indonesia selesai dan anda menuju ke ruang tunggu embarkasi pesawat yg telah tertera di boarding pass anda. Segera menuju ke ruang tunggu & membawa seluruh barang yang anda bawa ketika selesainya check ini pada konter airline tersebut. Sebelum anda memasuki ruang tunggu akan ada inspeksi sekali lagi buat barang-barang yang akan masuk kedalam pesawat. Pastikan anda harus mentaati peraturan yg sudah dibuat sang otoritas bandara dan keselamatan penerbangan. Semua barang senjata tajam, barang gampang meledak, sampai cairan nir diperkenankan naik walaupun itu air minum sekalipun. Jadi semua barang ini harus masuk ke scan barang terakhir sebelum anda memasuki ruangan tunggu pesawat.

SAAT DI RUANG TUNGGU.

Setelah selesai semua & inspeksi anda sudah masuk ke ruang tunggu pesawat sesuai menggunakan boarding pass. Anda wajib bersabar menunggu dan dengarkan instruksi menurut petugas yang ada pada ruang tunggu tadi. Apabila pesawat anda telah siap diberangkan dengan kode penerbangannya maka anda siap menuju ke jalur buat masuk kedalam pesawat yang akan anda naiki nanti. Siapkan boarding pass dan paspor anda sebelum memasuki pesawat yg akan dilakukan pengecekan sang petugas airline.

SAAT BERADA DALAM PESAWAT.

Saat memasuki pesawat anda harus duduk pada nomer kursi yg telah tertulis di boarding pass. Jangan hingga keliru duduk, dan selesainya sampai di kursi yg anda tuju letakan semua barang bawaan anda di tempat penyimpanan barang diatas loka duduk. Pastikan tas anda sudah terkunci aman, dan semua alat komunikasi harus segera dimatikan sebelum pesawat akan take off nanti. Selama anda berada di dalam pesawat udara anda akan terbang menuju ke negara tujuan buat traveling nanti. Sebelum landing /- 1 jam sebelumnya pramugari akan memberikan kartu imigrasi negara tujuan & harus anda isi lengkap. Hampir sama dengan karu imigrasi Indonesia, dan harus sudah selesai sebelum anda keluar dari pesawat di negara tujuan nanti. Semua kolom harus berisi keterangan yang amanah & jangan sampai anda berbohong. Lantaran akan menyulitkan anda nantinya ketika inspeksi imigrasi.

TIPS: kolom yg paling primer diisi pada kertas imigrasi adalah nama lengkap, lepas lahir, kebangsaan, nomer penerbangan, angka paspor, dimana anda akan tinggal, alamatnya, dan bila perlu terdapat nomer telepon. Untuk lainnya sanggup anda isi sesuai menggunakan kesempatan anda mendatangi negara tujuan nanti.

SETELAH SAMPAI NEGARA TUJUAN.

Setelah pesawat anda berhenti sempurna dan semua barang bawaan dibawa serta, maka anda harus turun di pintu yg telah ditunjuk & harus turun segera. Sampai di gedung kedatangan anda harus mengikuti petunjuk yang sudah terlihat kentara masuk ke pemeriksaan dokumen keimigrasian negara tujuan. Anda harus persiapkan seluruhnya dimulai dari paspor, kertas imigrasi negara tujuan, akomodasi dan sebagainya. Semua aktifitas traveling anda harus sudah stand by jika ketika pemeriksaan nanti terdapat kesempatan ditanya oleh petugas disana andadapat langsung memberitahuakn. Pastikan anda wajib masuk ke pada jalur antrian tertib untuk menunggu giliran ketika diperiksa sang petugas nanti.

Baca selengkapnya:

Pertanyaan Apa Saja Yang Sering Ditanya Oleh Petugas Imigrasi Saat Membuat Paspor Bahkan Terulang Lagi Saat Masuk Ke Pintu Pengecekan Dokumen Di Bandara Negara Tujuan

Saat anda diperiksa tetap santai dan jangan gugup pastikan anda seseorang turis yang mempunyai attitude baik & jujur, saat pertanyaan terlontarkan oleh petugas imigrasi negara tujuan anda jawan menggunakan cepat akurat amanah dan tidak dibentuk buat. Setelah semuanya lancar paspor anda siap di cap dan anda telah resmi masuk diizinkan masuk ke negara tujuan. Setelah seluruh beres pada imigrasi saatnya anda menuju ke pengambilan barang ketika barang anda dimasukan ke bagase pesawat.

TRANSIT ATAU TRANSFER.

Untuk penerangan yg telah diuraikan diatas anda melakukan perjalanan direct eksklusif ke negara tujuan. Bagaimana dengan transit atau transfer? Berikut penjelasannya:

Di pada penerbangan buat traveling misalnya ini ada saatnya turis melakukan bepergian menggunakan sistem transit atau transfer. Kedua istilah ini memiliki perbedaan dan jangan hingga salah arti. Setelah pesawat udara yang anda tumpangi sudah landing di negara tujuan maka pesawat tersebut sedang pada transit. Waktu yang diperlukan sang pesawat udara ini tergantung berdasarkan kebutuhan apakah satu jam, dua jam, hingga beberapa jam ke depan. Khusus anda menjadi penumpang tentu terdapat yg transit pada bandara tujuan buat memakai pesawat yang sama menuju ke negara tujuan akhir. Sedangkan transfer anda harus membarui pesawat baik menurut airline yg sama atau tidak sinkron. Proses misalnya ini poly sekali dilakukan di waktu turis seperti anda melakukan bepergian liburan yang mengharuskan melakukan skema ini hingga ke negara tujuan akhir.

#a. ANDA TRANSIT TIDAK PINDAH PESAWAT.

Apabila anda berada pada skema misalnya ini hanya transit sementara di negara tertentu buat melanjutkan penerbangan kembali. Anda bisa permanen tinggal pada dalam pesawat atau turun & eksklusif masuk ke ruang tunggu, ikuti istruksi berdasarkan cabin crew dan penumpang tidak perlu lagi pemeriksaan paspor di imigrasi dan langsung masuk ke ruang tunggu saja. Jika terdapat situasi misalnya ini anda mampu memilih permanen pada dalam pesawat atau turun menunggu di ruang tunggu.

#b. TRANSFER MASIH SATU NAMA AIRLINE YANG SAMA.

Tranfer yg masih pada satu airline mempunyai laba waktu anda membeli tiket dengan kode booking yang sama. Tidak perlu was was lagi untuk memikirkan bagasi yg anda masukan ke konter check in awal, & seluruh semua sudah pada handle sang airline yang besangkutan. Airline yang anda pilih ini tentu saja akan mengantarkan sampai ke tujuan negara akhir berikut dengan barang bawaannya. Jika anda berada dalam skema ini maka harus mengikuti tahap berikut:

Setelah turun menurut pesawat tentu saja anda akan dipandu sang cabin crew anda harus melapor ke transfer desk buat menerima arahan lebih akurat. Menurut pengalaman penumpang nir perlu lagi cek paspor lagi bahkan bea cukai sama sekali dan memasuki lajur khusus ailine bagu penumpang tranfer. Tidak diperlukan lagi boarding pass tambahan lantaran sudah ada diberikan sang petugas airline saat anda melapor pada check in awal, dan petugas akan mempersilahkan anda buat menunggu di ruang tunggu tanpa wajib mengikuti pemeriksaan pulang.

#c. TRANSFER BEDA AIRLINE.

Skema seperti ini pula ada rekan traveler mengalaminya, transfer seperti ini mampu dilakukan waktu membeli tiket pesawat secara online terdapat pada satu nomer booking atau tidak sama. Setiap disparitas tentu ada perbedaan masing-masing & kelebihan kekurangan masing-masingnya. Jika beli satu booking tiket maka anda tidak perlu lagi pusing buat check in balik , melakukan pengecekan ke imigrasi, dan nir perlu lagi boarding pass.

Jika anda transit membutuhkan ketika yang relatif lama maka berdasarkan airline mempersilahkan pada penumpang buat keluar bandara & tidak perlu lagi urus imigrasi. Pilihan lain jika anda melakukan pembelian secara terpisah airlinenya tentu jauh lebih poly dan bisa memilih sendiri airline terbaik. Tentu saja anda sudah melakukan riset buat masalah harga dan berapa lama waktu transit pesawat.

Transit ini memang berbeda-beda dimulai berdasarkan lima jam hingga 24 jam tergantung dari anda buat mendapat tiket perjalanannya. Jika terjadi keterlambatan makan turis akan menganggung sendiri akibatnya, tiket hangus dan tidak diganti & anda harus membeli tiket yang baru buat penerbangan lanjutan.

Yang sebagai perhatian krusial merupakan anda wajib mengurus semuanya menurut awal, perpindahan barang bawaan, pengecekan imigrasi kembali, dan pastinya untuk check in ulang akan dilakukan pula. Traveler yang memanfaatkan transit beda airline ini untuk singgah sementara waktu ke negara transit melihat suasana kota & lainnya. Tetapi harus diperhatikan saat yang diharapkan untuk bepergian, barang yang dibawa wajib dititipkan terlebih dahulu pada bandara pada loker sewaan, hingga perpindahan terminal sanggup saja terjadi ketika keberangkatan estafet berikutnya.

Jika barang bawaan anda hanya tas ransel saja tentu jauh lebih mudah tetapi rekan yang banyak membawa barang butuh waktu yang cukup lama untuk menggotong atau mendorongnya akan menjadi masalah tersendiri. Jadi, hal yang harus dipertimbangkan adalah apabila ingin mempunyai aktifitas berlebih di saat transfer beda airline dan memanfaatkan banyak  aktifitas harus perhatikan semua komponen perjalanan seperti ini agar tidak ribet dan membuat anda stress.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar