Selasa, 08 Desember 2020

10 Tips Menjadi Seorang Tour Guide Pariwisata

Apabila anda memiliki kapabilitas sebagai seseorang tour guide di bidang pariwisata bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan yg relatif baik penghasilannya. Ada beberapa tips cara yg wajib diperhatikan jika sebagai seseorang tour guide pariwisata dimanapun berada. Bisa saja anda menjadi pemandu wisata di negara yg poly orang Indonesia yg ingin berlibur pada negara tujuan yang anda tinggal misalnya Jepang, Eropa, Australia, New Zealand, Korea Selatan, dsb. Jadi peluang sebagai tour guide atau pemandu wisata ini sangat menjanjikan bahkan sudah sebagai profesi. Apa saja tips cara menjadi seseorang tour guide pariwisata berikut kondisi poin krusial yang harus diperhatikan.

Tips Cara Menjadi Seorang Tour Guide Pariwisata. Poto oleh: http://23tourism.blogspot.co.id

1. Customer adalah raja.

Prinsip ini berlaku dibidang jasa apapun termasuk seseorang tour guide. Jemput customer dimulai berdasarkan pintu kedatangan. Biasanya mereka sangat senang jika dijemput di bandara sebagai respek hormat pada mereka. Buatlah sedikit goresan pena pada kertas menyebutkan rombongan atau nama customer yg anda lakukan kolaborasi. Biasanya mereka akan menghampiri anda sehabis melihat nama yg tertera di kertas yg bertulisan nama mereka.

Dua. Perhatikan waktu kerja.

Sebelum deal dengan customer anda wajib menentukan jam kerja tour guide. Apakah full time atau hanya sebagai penunjuk jalan saja. Ini perlu dibicarakan supaya tidak terjadi kesalahpahaman dalam saat kunjungan wisata. Sebenarnya customer akan mendiskusikan ketika yang akan mereka habiskan beserta anda agar liburan mereka ini sebagai lebih berkesan bahkan nir pernah terlupakan.

Tiga. Buatlah itinerary acara.

Biasanya customer akan memberikan itinarary nya kepada tour guide buat dunia acara liburan mereka. Biasanya mereka akan menyebutkan lokasi yang akan mereka tuju menurut waktu & jam nya. Seorang tour guide akan memberikan rekomendasi kepada customer jadwal terbaik atau efektifitas jadwal kunjungan wisata pada negara tujuan. Apabila anda seorang tour guide harus mampu memberikan sedikit citra krusial karena anda sangat mengetahui seluk beluk lokasi tujuan wisata tersebut. Biasanya customer akan percaya menggunakan keterangan yg anda berikan, & mereka akan bertanya serba-serbi lokasi wisata tadi. Jadi siapkan penerangan yg baik dan gampang dimengerti sehingga customer mengetahui lebih jelasnya sebenarnya.

Tiga. Menggunakan transportasi pribadi atau umum.

Biasanya transportasi buat berkunjung ke lokasi ada dua jenis yaitu transportasi umum publik dan transportasi eksklusif. Untuk transportasi publik biasanya buat negara yg sudah baik transportasi umumnya misalnya bus atau MRT nir sebagai masalah. Untuk negara Indonesia masih ada keterbatasan pada transportasi publik maka rekomendasi yg terbaik merupakan mengunakan jenis moda transportasi eksklusif misalnya bus pariwisata atau kendaraan beroda empat minibus. Jika pada negara yang relatif baik transportasinya lebih baik memakai transportasi generik, yang sebagai poin penting adalah jika kunjungan wisata yg terdapat di Indonesia membutuhkan moda transportasi yang nyaman dan aman seperti bus pariwisata & minibus eksklusif. Kesepakatan ini wajib dibicarakan juga dengan customer menggunakan anda menjadi seseorang tour guide.

4. Biaya kerjasama menggunakan seorang tour guide.

Jika diluar negeri porto seorang tour guide sangat bervariasi, jika profesional menggunakan jumlah anggota yang ikut lebih banyak tentu tarifnya mengikuti standar berdasarkan negara tujuan. Jika anda seorang tour guide membawa orang Indonesia sedangkan anda juga dari Indonesia hanya terdapat kesepakatan ke 2 belah pihak saja selesainya memperhitungkan standar disana. Biasanya tarif dimulai berdasarkan anda sendiri dan customer umumnya akan menghitung apakah biaya tadi masuk ke pada budget anggaran mereka. Biasanya mereka akan melakukan negosiasi dengan kerumitan jadwal kunjungan wisata yg mereka lakukan menggunakan budget yang anda tawarkan.

Apabila di Indoensia biasanya harganya sehari penuh diubahsuaikan dengan itinarary kunjungan wisata. Round down acara dibuat oleh tour guide menggunakan aktivitas sehari penuh tersebut & tour guide ini sudah sebagai pada satu paket wisata pada tour and travel yg mereka bikin seperti paket perjalanan. Anggota wisata disesuaikan dengan paket yang ditawarkan, menjadi model 10 orang & aporisma 30 orang. Paket ini jua termasuk moda transportasi yang dipakai sehingga all in one paket. Jadi mereka nir memikirkan pernak-pernik mini lainnya. Tetapi ada juga customer yg ingin kunjungan wisata keluarga saja yg lebih private mampu saja dilakukan dengan pertimbangan kerahasian wisata atau lebih kealam ranah privasi.

Lima. Food and beverage.

Selama diperjalanan niscaya ada makan & minuman menemani bepergian wisata lebih hayati. Biasanya customer akan selalu mencoba masakan negara tadi dengan banyak sekali alasan seperti kalau belum cicip kuliner asli belum paripurna liburan ini. Agak kurang sedikit tidak etis memang bila membicarakan food and beverage, selaku orang timur seperti Indonesia mengungkapkan hal ini terdapat rasa segan atau sedikit membuat malu. Tetapi ini krusial juga agar anda seseorang tour guide yg telah ditunjuk telah menjadi bahagian anggota dari mereka. Kesepakatan ini dibentuk sebelum kunjungan wisata dimulai.

6. Buat perjanjian tertulis.

Untuk mengakibatkan kerjasama ini lebih terarah & tidak ada pihak yang dirugikan usahakan ada perjanjian tertulis supaya salah paham nir akan terjadi. Seorang tour guide merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan jasa pada customer menggunakan banyak sekali hambatan dan hambatan yg mungkin terjadi dilapangan. Hal ini harus dihindari. Dispute terhindarkan dapat sebagai rekomendasi jasa anda dapat digunakan oleh semua networking berdasarkan customer anda kelak. Amin.

7. Performance penampilan.

Seorang tour guide harus memiliki penampilan yg baik, sopan, & terpelajar. Biasanya customer akan melihat personal information menurut background anda, mungkin saja mereka akan melakukan interview sedikit tentang personality anda. Hanya tour guide yang higienis, rapi, tidak merokok, sopan, dan charming yg akan dipilih sang customer buat membantu mereka pada kunjungan liburan nanti. Jadi, jangan bergaya misalnya preman, urakan, dan bau badan akan mengurangi respek customer terhadap anda.

Prinsip ini adalah benar. Attitude seorang tour guide menentukan karakter. Poto oleh: studipariwisata.Com

8. Tepat saat.

Customer sangat respek dengan tour guide yg tepat ketika. Ngaret akan menjadikan mereka nir bahagia bahkan sebagai perjalanan yg tidak menyenangkan nantinya. Kunjungan wisata yang dipandu oleh pemandu wisata telah ada schedule yang sempurna ketika supaya itinarary holistik acara mampu terwujud menggunakan sempurna. Bagi anda yang senang ngaret perlu perhatikan hal ini. Tepat ketika memilih masa depan karir anda dibidang tour guide.

9. Sangat paham lokasi wisata.

Seorang pemandu wisata atau tour guide wajib paham lokasi tujuan wisata. Anda wajib mempunyai fakta yang cukup buat menyebutkan kepada turis cerita dibalik objek wisata yg dikunjungi. Jika anda hanya melongo saja, nir ada fakta penting yg disampaikan maka anda akan sebagai tour guide yg nir akan direkomendasikan sang mereka. Jika ada kerjaan sebagai tour guide anda wajib menciptakan diary tersendiri buat menciptakan sedikit tulisan mengungkapkan warta objek wisata yg akan dikunjungi sebelum mereka tiba. Berikan saat yg relatif bagi customer buat mengambil poto, selfie, dan welfie beserta anda.

10. Selesai tugas.

Setelah tugas terselesaikan tentu anda akan mengantarkan customer pulang hingga ke bandara. Apabila anda menjemput dimulai menurut bandara maka anda akan mengantarkan mereka hingga ke bandara juga. Atitude misalnya ini mencerminkan anda seorang tour guide yg profesional pada bidang pemandu wisata dan memahami benar customer sangat senang menggunakan cara seperti ini. Pada ketika berpisah inilah anda bisa mengetahui kinerja anda selama sebagai pemandu wisata menggunakan mereka. Apakah mereka puas, sedang, atau mengecewakan. Jangan hingga pekerjaan anda memberikan jasa misalnya ini menjadi mimpi jelek, jadikan sebagai batu loncatan buat menerima pekerjaan lebih baik lagi dibidang pemandu wisata, siapa tau kelak anda mempunyai perusahaan tour and travel kelak yg membutuhkan networking customer menurut mereka. Perlu diingat, anda jangan memikirkan tipping uang menurut tamu anda, bila anda hanya berharap dengan penekanan uang kinerja anda tidak akan maksimal . Apabila tugas memandu wisata ini telah membuat mereka bahagia & puas makan tipping uang akan mengalir dengan sendirinya.

Inilah tips penting yang harus diperhatikan bila anda sebagai seorang tour guide pariwisata, telah fokus dan membuahkan aktivitas ini menjadi profesi. Setiap gerak-gerik anda merupakan attitude, karakter, harus friendly dan bahkan mencerminkan diri anda. Semoga 10 tips ini sanggup memberikan sedikit sharing ilmu & berguna bagi karir anda dikemudian hari & bila anda seorang pemula atau newbie inilah poin penting yang harus diketahui.

PENTING! Apabila anda memiliki skill komunikasi banyak sekali bahasa asing misalnya Inggris, Perancis, Jepang, Mandarin, & lainnya akan menaruh nilai lebih buat perkerjaan seorang guide pariwisata ini. Gali seluruh potensi diri anda buat permanen berusaha semaksimal mungkin agar semua hasil jerih payah anda bangun selama ini akan memberikan hasil yg sanat tinggi bahkan anda akan diberikan tips yang banyak secara sukarela menggunakan mudahnya bila konsumen anda sangat puas menggunakan pekerjaan anda pada saat mengantarkan mereka ke tempat wisata penting pada kurang lebih daerah anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar