Rabu, 25 November 2020

Wisata Alam Bukik Chi Nang Kiek Singkarak Solok Sumatera Barat

Sebuah Bukik atau Bukit Chi Nang Kiek| Chinangkiek| Chinangkiak| Cinangkiek| atau Cinangkiak [tulisan berbeda tetapi maksudnya sama, sebutan lainnya dari lokal penduduk] telah dijadikan sebuah wisata alam baru  dan telah dibuka sekitar 1 bulan setelah lebaran 1438H adalah bernama Wisata-Alam-Bukik-Chi-Nang-Kiek-Singkarak-Solok Sumatera Barat [nama resmi oleh pengelola wisata]. Dengan lokasi wisata dengan alamat di kawasan Jorong Tampunik Singkarak X Koto, Solok, Sumatera Barat 27356. Wisata alternatif ini akan saya tuju menggunakan sepeda motor dengan persiapan yang biasa dibawa yaitu helmet, jacket, jas hujan, dan tas pribadi harus dibawa. Perjalanan ini dimulai pada Jam 09:00 WIB cuaca cukup cerah dari kota Padang, tetapi terlihat diujung sana awan gelap terlihat disekitaran kota Solok. Tetapi tidak menyurutkan untuk melihat apa sih yang ada di puncak Bukik-Chi-Nang-Kiek-Singkarak-Solok ini. Lokasi ini ternyata sudah banyak informasi yang wara wiri di medsos yang kurang puas rasanya untuk mendapatkan informasi yang cukup komplit dan terarah. Khusus turis dari luar negeri yang kurang familiar dengan bahasa lokal seperti ini wisata ini disebut juga dengan Cinangkiak-Chi Nang Kiek-Chinangkiak-Peak-Solok.

Sekilas Wisata Alam Bukik-Chi-Nang-Kiek-Singkarak-Solok.

Setelah menerima informasi berdasarkan petugas penjaga di sana ternyata wisata alam ini dibuat oleh anak nagari yg diperantauan yang sengaja membeli bukit ini untuk membuka suatu peluang irit dilingkungan lebih kurang. Memang awalnya lokasi perbukitan milik suatu kaum yang dibeli oleh anak nagari yang ingin membuka huma sebagai destinasi wisata baru. Awal mulanya lokasi ini akan dibuat suatu loka penginapan sekelas villa atau semi resort namun tidak diijinkan sang pemuka adat atau ulama yg terdapat di Nagari X Koto Singkarak ini. Setelah saya melihat lokasinya cukup representatif dan masih dalam pembangunan oleh pihak pengelola dengan beberapa fasilitas yang relatif mumpuni kelak sebagai daya tarik wisata di nagari ini khususnya dan pada Kabupaten Solok pada umumnya. Kita tunggu wahana apa yang akan dibuat oleh pemilik huma ini. Pembangunan struktur landscape nya masih dilakukan, semoga dalam saat dekat telah bisa dinikmati seluruh wisatawan termasuk aku .

Bagaimana Cara ke Wisata Alam Bukik Chi Nang Kiek Singkarak Solok Sumatera Barat.

Untuk sampai ke lokasi ini tidak sulit. Jaraknya /- 60-65 km dari kota Padang Sumbar. Setelah memasuki kota Solok anda harus terus menuju ke Sumani Singkarak. Setelah melewati pasar Sumani Singkarak /- 3 km bepergian anda akan menemukan pohon beringin besar disebelah kanan. Ambil kanan masuk kedalam jalan yg terdapat di depan pohon beringin tersebut & lurus saja hingga terdapat penunjuk jalan ke Wisata Alam Bukik Chi Nang Kiek. Setelah memasuki jalan yang saya maksud ini kondisi jalan kampung cukup rupawan setelah memasuki ke wisata alam ini syarat jalan semen yang kurang baik kondisinya masih semi tetap namun menjadi rintisan jalan aku cukup memakluminya. Pemandangan disini telah terlihat indah menggunakan sawah dan perkebunan penduduk yg fertile & siap panen seperti padi, butir naga, pohon rambutan, pohon sawo, ada juga beberapa btg pohon mangga.

Inilah petunjuk jalan pertama menuju Wisata Alam Bukik Chi Nang Kiek Singkarak Solok yaitu pohon beringin besar yg berada pada posisi sebelah kanan selesainya berjalan /- tiga km setelah pasar Sumani Solok.

Setelan memasuki jalan pada depan pohon beringin besar terdapat tempat tinggal norma nagari di sebelah kanan. Inilah jalan awal menuju ke Bukik Chi Nang Kiek Singkarak Solok.

Setelah sampai lokasi aku harus membayar porto masuk dan parkir motor kendaraan masing-masing IDR 5rb menggunakan total IDR 10rb. Dengan jalan yang relatif terjal dengan taraf kemiringan lebih kurang 30-40 derajat ini harus mempunyai nyali buat tetap mendaki. Apa lagi membawa tunggangan harus siap pergantian porseneling agar tidak meluncur kebawah. Jalan beton yang masih belum kokoh atau semi permanen ini harus dibenahi sang pengelola supaya kecelakaan kendaraan bermotor tidah terjadi. Rambu-rambu jalan masih sangat minim hanya jalan masuk & keluar telah dibuat jalur khusus supaya tidak terjadi macet pada saat kendaraan masuk & keluar.

Ini jepretan aku buat lokasi jalan menuju wisata alam Bukik Chi Nang Kiek Singkarak.

Fasilitas di Wisata Alam Bukik-Chi-Nang-Kiek.

Setelah mendaki jalan yg cukup terjal ini sudah disambut sang pemandangan alam seperti sawah dan Danau Singkarak yang sudah mulai terlihat berdasarkan atas bukit. Setelah memasuki lokasi telah terlihat tempat tinggal pohon yang baru terselesaikan dibentuk sang pengelola yang bisa dinikmati sang semua pengunjung. Tetapi berbeda di rumah pohon yg pada lokasi wisata saya harus membayar lagi IDR 2rb untuk menikmati panorama dari atas tempat tinggal pohon. Tetapi nir masalah yg penting aku bisa menikmati panorama alam dari lokasi ini dan melihat pemandangan sawah yang hijau & menguning menggunakan berlatar Dananu Singkarak.

Rumah Pohon Pada Saat Memasuki Wisata Alam Bukik Chi Nang Kiek posisi sebelah kiri pintu masuk.

Untuk anda yang ingin menjelajah motor trailer alias ATV mini mampu dinikmati & sudah disediakan oleh pengelola. Adu tangkas berjalan diatas tali pula ada layaknya outbond, bila anda ingin menggunakannya mampu menghubungi petugas yang terdapat disana.

Untuk makanan & minuman juga disediakan loka yg relatif representatf bagi pengunjung menggunakan beraneka-ragam menu pilihan. Namun aku tidak mencoba menu disini karena masih belum banyak tersedia yg cocok menggunakan kesukaan pada ketika itu. Tidak mungkin saya menikmati mie panaskan buat jauh-jauh ke lokasi ini. Tentu nir. Ingin sesuatu yg tidak ditemukan dilokasi lain. Untuk menikmati lokasi bukik yang masih alami dengan bangunan bambu relatif menyenangkan dan terlihat alami.

Tips Untuk Menikmati Wisata Alam Bukik-Chi-Nang-Kiek-Singkarak-Solok.

1. Setelah saya mencoba alternatif wisata ini kondisi jalan relatif terjal & anda wajib mempunyai nyali yg cukup tinggi buat menuju lokasi. Memang awal jalan permanen landai setelah anda membayar karcis masuk kepada petugas pertualangan jalan mendaki sudah dimulai. Jadi, anda harus mempunyai kemampuan mumpuni berkendaraan terutama roda empat buat tepat membarui porseneling apabila memasuki jalan yang sudah menanjak.

2. Masih minimnya rambu-rambu setelah memasuki lokasi, memang aku nikmati sendiri, tetapi itu nir jadi masalah bila jalan masih sepi dan tidak terlalu poly tunggangan, jika tunggangan poly akan memberikan ketajaman naluri membawa kendaraan beroda empat atau motor supaya tidak mundur atau masuk jurang. Jadi, jika anda membawa tunggangan roda empat atau dua wajib siap & sigap ketika menanjak.

3. Hindari demam isu hujan buat mendatangi lokasi wisata alam ini. Karena lokasi jalan yang cukup terjal ini jika musim hujan mempunyai kesulitan bertambah apalagi jalam masih ada tanah bukit, sanggup slip jika ada tanjakan karena jalan sedikit licin. Jadi waspada bila musim hujan memasuki lokasi wisata alam Bukik Chi Nang Kiek Singkarak Solok ini.

4. Fasilitas cukup baik dan rupawan menggunakan adanya bale-bale atau semacam booth buat duduk beristirahat yg telah memadai. Tinggal sajian makanan dan minuman yg harus anda coba disana.

5. Fasilitas toilet sudah tersedia dan cukup bersih buat dipakai. Namun dalam ketika itu saya belum menemukan loka buat melaksanakan ibadah sholat fardhu atau mushola. Mudah-mudahan dimasa yg akan tiba telah disediakan sang pengelola.

6. Anda wajib menaiki rumah pohon di area wisata alam ini. Untuk memaksimalkan pemandangan sawah & Danau Singkarak diatas tempat tinggal pohon sangat indah sekali. Hanya saja anda wajib dikenakan porto tambahan lagi sebanyak IDR 2rb saja buat sampai ke zenit tempat tinggal pohon. Ini jepretan saya diatas tempat tinggal pohon pada Bukik Chi Nang Kiek Singkarak Solok Sumatera Barat menggunakan berlatar pemandangan Danau Singkarak. Lantaran waktu kunjungan aku ini terdapat sedikit kabut jadi latar danau kurang aporisma, namun over all relatif indah memang.

Pemandangan pada atas rumah pohon berlatar Danau Singkarak.

Angle spot poto lain diatas rumah pohon berlatar Danau Singkarak.

7. Parkir yg relatif luas untuk kendaraan roda 2 dan roda empat yg sudah relatif tetap. Menurut perhitungan aku lokasi parkir dalam ketika itu bisa memuat sebanyak 100 mobil & lebih dari 200 motor.

8. Pada saat keluar menggunakan kendaraan bermotor wajib berhati-hati lantaran jalan menurun yang cukup waspada menggunakan slip atau belokan yang cukup tajam. Tetapi itu tidak perkara jika anda telah mahir pada kondisi jalan seperti ini. Perhatikan posisi porseneling buat sanggup tetap berjalan menggunakan baik.

9. Saya selalu menghimbau kepada wisatawan yg berkunjung ke lokasi wisata supaya selalu menjaga kebersihan nir hanya dilokasi wisata tetapi pada ketika diperjalanan juga harus menjaga kebersihan. Buang sampah pada tempatnya, saya melihat saat menuju ke lokasi wisata ada beberapa teman yang mempunyai kendaraan roda empat atau dua seenaknya membuang sampah dijalan seperti tisu, sampah makanan, botol bekas minuman, dsb lewat jendela kaca buat kendaraan beroda empat & motor seenaknya. Jangan beropini seenaknya didalam tunggangan bersih tanpa sampah tetapi membuang sampah ditempat yang nir sepatutnya nir perkara. Atitude seperti ini wajib dirubah, kebersihan adalah tanggung-jawab bersama. Mari menjaga lingkungan menggunakan membuang sampah pada tempatnya. Untuk pengelola agar tempat sampah jua poly disediakan dan pemandangan higienis bisa saling kerjasama antara pengunjung dan petugas kebersihan yang terdapat disana.

10. Untuk pengelola lokasi wisata ini relatif baik & memiliki bisnis baru yang akan memajukan perekonomian nagari yang telah mulai menggeliat. Toko dan usaha baru tumbuh dan pembangunan infrastruktur juga telah terlihat oleh rakyat nagari. Jadi, anda jua sanggup berpartisipasi untuk belanja pada warung tetangga misalnya nagari X Koto Singkarak dan terdapat juga loka nongkrong sebelum memasuki lokasi menggunakan pemandangan sawah dengan pondok booth untuk masing-masing tamu yg ingin berkunjung. Tempatnya relatif representatif dan kalem.

11. Fasilitas yang dipersiapkan nantinya akan bertambah baik misalnya water boom, tempat rekreasi keluarga, sampai penginapan yg bisa anda rasakan bersama keluarga. Untuk masing-masing wahana tentu anda porto termasuk loka penginapan atau hotel dimulai dari harga IDR300.000 tergantung berdasarkan price list pengelola.

Ini bentuk lokasi jalan penurunan di Bukik-Chi-Nang-Kiek-Singkarak-Solok.

Semoga goresan pena ini bisa memberikan masukan berita kepada anda seluruh, tempat wisata cara lain yang terdapat di Singkarak Solok yaitu Bukik-Chi-Nang-Kiek-Singkarak-Solok menjadi lokasi tempat wisata baru yang tidak membutuhkan biaya yg besar buat hingga kesana & tidak terlalu jauh menurut sentra kota Padang dan Bukittinggi. Kewaspadaan terhadap medan wajib dipahami supaya selamat hingga tujuan. Selamat berlibur beserta keluarga tercinta.

Tag: jalan menuju bukik chi nang kiek.

Lokasi bukik chi nang kiek.

Alamat bukik chi nang kiek.

Lokasi bukik cinangkiak.

Jalan menuju bukik cinangkiak.

Alamat bukik cinangkiak.

Puncak cinangkiak solok, sumatera barat.

Zenit ci nang kiek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar