Senin, 02 November 2020

Misteri Petra Yordania Pesona Kota Batu Tua Destinasi Penting Sejarah Dunia Terungkap Pembelajaran Umat Manusia

Misteri kota Petra yg hilang ditemukan kembali bernama Petra Yordania telah dinobatkan menjadi situs bersejarah global dari tahun 2007. Julukan The Lost City ini sudah membelalakan mata seluruh dunia menggunakan keindahan kagum maha karya insan mampu mewujudkan sebuah kota yg begitu latif dengan cara memahat sampai ke pada perut gunung batu. Keahlian inilah yg menciptakan para traveler semua global ingin mengetahui sejarah Petra Yordania sebagai kota batu tua yg sudah masuk dalam sejarah peradaban global yg wajib diketahui sebagai akibatnya mendapat pembelajaran apa yg sebenarnya terjadi sehingga ditemukan balik misalnya sekarang ini.

Poto oleh: commons.wikimedia.org
Poto oleh: alterra.cc

DIBALIK MEGAHNYA PAHATAN BATU PETRA YORDANIA

Petra yang terletak pada daerah Amman Yordania adalah sebuah kota batu yg telah hilang menurut permukaan bumi selama ratusan tahun ditemukan kembali & sanggup dilihat sang traveler Indonesia dan semua dunia hingga ketika ini. Memang takjub dengan pahatan batu seperti ini entah bagaimana cara mereka memahat gunung batu sebesar ini mampu terbuat sebuah kota yg begitu megah dengan berukuran sangat akbar dengan arsitektur megah. Perjalanan buat sampai ke Petra lebih kurang 5 jam bepergian dari kota Amman Yordania adalah rumpun bangsa Arab sebelum masuk bangsa Romawi.

Pada saat itu Petra adalah sebuah kota yang makmur berbentuk sebuah Kerajaan yg bernama Nabatean yg didirikan oleh Raja Aretas IV pada masa lebih kurang 9 - 40 Sebelum Masehi dengan ibu kota berdasarkan Nabath. Sekarang telah sebagai simbol menurut negara Yordania menjadi destinasi paling favorit disenangi oleh wisatawan semua global termasuk Indonesia. Julukan menjadi kota yang sangat baik berdirinya dan sangat sulit ditembus musuh bahkan lokasi Petra dalam ketika itu terhindar dari badai pasir yang selalu muncul dalam saat tertentu. Dilihat menurut geografinya Petra terletak pada daratan rendah diapit oleh Gunung Hor membentuk sayap pada timur Wadi Araba, sebuah lembah yg sangat luas pada mulai menurut Laut Mati hingga hingga ke Teluk Aqaba dengan ketinggian antara 800 - 1.396 dpl.

Zaman pada waktu itu masih dalam serba keterbatasan sudah terwujud sebuah peradaban manusia mempunyai ilmu pengetahuan yg tinggi terlihat adanya peninggalan sebuah pengairan kota mengalirkan air higienis ke seluruh penduduk dengan sistem teknologi pompa hidrolik karena kota terletak di sebuah lembah makan pengariran mampu berjalan dengan baik.

Mengunjungi ke kota Petra ini sekitar 200 km arah selatan kota Amman Yordania yg mampu ditempuh menggunakan tunggangan roda empat selama 5 jam perjalanan ini terhampar kota yg kering bebatuan yg merupakan perbedaan makna sendiri menuju ke pusat situs yg akan anda kunjungi.

PETRA SEBUAH KOTA PERDAGANGAN DUNIA.

Lokasi yang penuh menggunakan bebatuan tersembunyi dengan tebing yg sangat terjal ini menjadi lokasi yg sangat ideal untuk sebuah kota mandiri dalam zaman itu. Tempat ini hanya sanggup dilalui pada celah sempit pegunungan ke arah barat daya ataupun ke arah timur dalam sebuah canyon yg terbentang sejauh /- 1,5 km menggunakan kedalaman /- 200 meter bernama Siq menjadi jalan primer menggunakan lebarnya hanya /- dua meter.

The Siq in Jordan. Poto oleh: internationaltraveller.com

Pertra berarti Batu berupa kota yang berisi dengan bebatuan besar yg dihuni sang penduduk yg pandai memahat batu sampai menjadi sebuah bangunan megah yang luar biasa latif yg mampu menebus perut batu menggunakan cara memahat. Dari bangunan yg tersisa ketika ini terlihatlah sebuah makam raja dalam reruntuhan gedung theater yang mampu menampung kurang lebih 4000 penonton berikut menggunakan beberapa fasilitas yang ada seperti taman & lainnya. Meskipun pada masa kini terlihat antik namun pada masa itu penduduk Petra telah mempunyai sebuah peradaban dan memiliki teknologi yg sangat tinggi serta adanya ruangan spesifik rendezvous seperti ini buat sebuah sosialisi penduduk & para saudagar. Ditambah lagi sebuah teknologi sistim pompa hidrolik buat mengalirkan air hingga ke tempat tinggal penduduk sudah sanggup tercipta menggunakan baik & sempurna. Suku yang membentuk kota Petra yang memahat batu ini bernama Suku Nabatean yg pula mampu mewujudkan teknologi terowongan air dengan sistem teknologi hidrolik ini buat mengangkat air bisa berjalan menggunakan baik sehingga kota Petra menjadi sebuah kota mandiri.

Keahlian mereka sudah mampu menciptakan saluran air di bawah tanah yg terbuat berdasarkan tanah menggunakan menggalinya & terdapat pula yg terbuka serta bentuk pipa yang masih terlihat dengan baik walau sudah ada kerusakan karena berjalannya ketika.

ASAL MULA SEJARAH RUNTUHNYA PETRA

Sejarah menceritakan bahwa Petra sebagai ibu kota dari Nabath ini merupakan sebuah pusat kota perdagangan dengan menggunakan Karavan. Kota mandiri yang memiliki sistem pengairan yang baik yang dapat dijadikan sebagai sebuah benteng yang mengontrol lalu lintas rute perdagangan penting dari Gaza -> Bushra -> Damaskus Utara -> Aqaba di Laut Merah -> sepanjang gurun hingga sampai ke teluk Persia.

Asal mula suku Nabatean ini dari para pakar belum diketahui dengan pasti dimana mereka populer dengan kelompok yg senang melakukan pengembara ke seluruh penjuru dengan membawa kawanan domba dan unta.

Pada ketika itu penduduk Petra menyembah berhala menggunakan kenyakinan mereka yg anut ini terlihat bekas pada pahatan gedung batu yg mereka untuk yang bisa anda lihat sampai sekarang ini sebagai bukti sejarah.

Pada akhir abad ke 5 SM ini menggunakan tingginya kemudian lintas perdagangan melewati Petra ini maka Suku Nabatean telah mulai melakukan kebijakan ekonomi yg harus mereka terapkan yaitu pajak atau fee bahkan pajak bea cukai khusus buat memasuki kota ini. Petra kala itu adalah rute perdagangan global yang sangat krusial pada bagian selatan Yordania dan Laut Mati. Tumbuh kegiatan ekonomi yang sangat mempengaruhi kehidupan kota termasuk masyarakat.

Dengan syarat ini Suku Nabatean yg awalnya pengembara kini sebagai seseorang saudagar yang kaya sukses menggunakan perdangan barang-barang penting seperti rempah-rempah, dupa, gading, & lainnya tentu dari menurut wilayah tetangga misalnya India bagian timur serta selatan Arab.

Sangat tingginya kemudian lintas perdagangan ini kota Petra secara bersambung mempertahankan kemakmuran mereka dengan sistem ekonomi yang mereka terapkan sehingga menjadi kota internasional yang berkembang pesat sangat unik & mempunyai peradaban.

Pada awalnya sebuah kota batu sebagai kota pertahanan tetapi dengan berkembangnya saat sebagai kota metropolitan dengan penduduk puluhan ribu yg sebagai sebuah kota perdanganan sangat penting buat kemudian lintas barang krusial dari Timur Tengah ke Eropa harus melewati Petra.

Sekitar 106 SM kota Petra ini diserang sang Romawi menggunakan mencaplok kota Petra sehingga menjadi lemah dan sistem perdagangan yang sudah tercipta waktu itu sebagai lumpuh musnah & mulai pudar. Akhirnya Petra menjadi kota yg ditinggalkan. Romawi menguasai daerah ini & Petra pun ditentukan beberapa arsitektur yg ada disana.

PETRA DITEMUKAN KEMBALI.

Setelah terkubur sekian ribu tahun lamanya kemudian kota Petra ini ditemukan kembali dimulai dalam waktu 1812 seseorang petualangan menurut Swiss melakukan misi buat mencari eksistensi kota ini bernama Johann Ludwig Burckhardt. Dia mendapatkan warta kota Petra ini menurut suku Badui yg hidup pada kurang lebih daerah itu dengan menyamar untuk medapatkan informasi krusial kota Petra ini dan akhirnya ditemukan dan diperkenalkan ke semua global, dan sampai kini sudah dikunjungi lebih berdasarkan satu juta wisatawan per tahun buat melihat keajaiban global dari tahun 2007 ini.

KILAS SEJARAH ISLAM HADIR DI PETRA.

Sebagi kota yg sudah disiarkan oleh BBC sebagai quotes mereka "Ini merupakan satu berdasarkan 40 tempat yg harus anda lihat sebelum mati" sudah membius semua traveler global & Indonesia melihat keunikan kota ini masih tetap berlangsung sampai sekarang bahkan mencari keterangan tentang sejarah Petra buat melengkapi pengetahuan sejarah kota berdikari seperti ini dalam waktu itu begitu ramai sekarang hanya sebagai puing bebatuan kemarau dan nir berdaya.

Data dari Republika yang berhasil dihimpun oleh Plesirankotatua catat bahwa Hadis tak menjelaskan secara langsung kota Petra, namun Bangsa Arab Kuno yang dinamai dengan Anbath Asy-Syam. Menurut kitab Al-Qamus al-Islami adalah sebuah kota yang sangat indah dan menakjubkan ini bangsa Arab kuno yang bermukim di Semenanjung Sinai dan Harun.

Menurut Dr Syauqi Abu Khalil kota Petra sempat hilang menurut permukaan bumi & peradaban manusia selama 500 tahun tepatnya berakhir Perang Salib pada abad ke 12 M.

Kota yg diyakini bahwa pada puncak Jabal Harun disanalah Nabi Harun dimakamkan sang Nabi Musa. Rasulullah SAW diduga jua pernah tiba ke gunung tersebut bersama Paman beliau Abu Thalib dalam saat melakukan perdagangan ke Syam [Suriah]. Serta tadisi Arab jua meyakini bahwa Petra sebuah tempat dimana Nabi Musa A.S memukulkan tongkatnya ke batu hingga keluarlah air dari batu tersebut, terlihatlah di kota itu ada nama sebuah tempat yg bernama Wadi Musa untuk mengungkapkan lembah sempit tadi.

Sekitar abad ke 14 dibangunlah sebuah masjid pada loka tadi berkubah warna putih yg bisa ditinjau pada area Petra. Konon ketika itu Nabi Harun datang pada lokasi tadi ketika Nabi Musa membawa umatnya keluar dari negara Mesir yg dikejar sang kerajaan Firaun. Sampai kini mesjid ini poly dikunjungi sang traveler Muslim semua dunia.

PELAJARAN SEJARAH PETRA DARI SUDUT ISLAM.

Plesirankotatua menautkan sejarah Petra ini dari sudut Islam. Setiap insiden ada pembelajaran bagi umat insan, dengan diberi pengetahuan yg melebihi dan mempunyai kemampuan keahlian buat membuat sebuah peradaban menggunakan membangun gedung menggunakan pahatan batu tidak terdapat manusia yang mampu menandinginya hingga sekarang namun hanya pada Allah SWT lah zat yang berakibat hal itu seluruh menggunakan kekuasaan-Nya. Teguran insan ini sudah pada firmankan pada QS Al-Fajr 89: 6-9

?????? ?????? ??????????? ???????????

?????? ???? ?????? ?????? ??????? ??????? - 89:6

?????? ????? ?????????? - 89:7

??????? ???? ???????? ????????? ??? ?????????? - 89:8

????????? ????????? ??????? ????????? ?????????? - 89:9

artinya: Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu berbuat pada kaum 'Aad?. Yaitu penduduk Iram yg memiliki bangunan-bangunan yg tinggi yg belum pernah dibangun pada sebuah kota seperti itu di negeri-negeri lain. Dan kaun Tsamud yng memotong batu-batu akbar pada lembah.

QS Al-A'raaf 7:74

?????? ?????? ??????????? ???????????

??????????? ???? ?????????? ????????? ??? ?????? ????? ????????????? ??? ????????? ???????????? ??? ?????????? ???????? ????????????? ?????????? ???????? ? ??????????? ?????? ??????? ????? ????????? ??? ????????? ??????????? - 7:74

Artinya: Dan ingatlah olehmu di waktu Tuhan menjadikam kamu pengganti-pengganti (yang berkuasa) sesudah kaum 'Aad dan memberikan tempat bagimu di bumi. Kamu dirikan istana-istana di tanah-tanahnya yang datar dan kamu pahat gunung-gunungnya untuk dijadikan rumah; maka ingatlah nikmat-nikmat Allah dan janganlah kamu merajalela di muka bumi membuat kerusakan.

Vidio dari "official RCTI' ini bisa menjadi gambaran singkat yang mampu anda saksikan misteri Petra pada Yordania menjadi pembelajaran bagi kita semua.

BIAYA PERJALANAN KE SITUS PETRA YORDANIA.

Untuk mengunjungi objek wisata Petra sangat murah dan terjangkan, buat masuk ke pada situs bersejarah ini anda harus mempersiapkan sejumlah dana 90 JOD atau lebih kurang USD 130 buat sekali masuk transit di Yordania tidak menginap. Tetapi hal ini bisa anda siasati menginap pada kota Amman porto sanggup dipangkas setengahnya. 50 JOD buat one day pass, 55 JOD buat two days pass, dan 60 JOD buat tiga days pass.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar