Jumat, 09 Oktober 2020

Tips Mudik Menggunakan Kapal Feri Penyeberangan Saat Membawa Mobil dan Sepeda Motor

Mudik menggunakan tunggangan motor buat hingga ke kampung page saat melewati selat harus memakai kapal feri penyeberangan yg banyak dimanfaatkan sang para pemilik kendaraan kendaraan beroda empat atau seperda motor. Kapal feri yg dipersiapkan oleh operator yg sudah ditunjuk sang pemerintah ini bekerja buat membantu rakyat bepergian karena transportasi ini masih termasuk sangat penting buat menghubungkan seluruh pulau yg ada di Indonesia. Yang paling penting penyeberangan antara pulau Jawa dan Sumatera dan Jawa & Pulau Bali.

Jenis kapal feri penyeberangan ini spesifik buat mengangkut tunggangan bermotor spesifik pada libur panjang seperti Lebaran Idul Fitri ini sudah pasti kendaran ukuran akbar seperti truk nir diperkenankan naik lantaran khusus buat kendaraan mudik ke kampung halaman. Di lihat berdasarkan bentuk kapal feri roll on roll off ini mempunyai desain spesifik dengan adanya pintu ramp yg akan dibuka & ditutup setelah bongkar muat seluruh kendaraan sudah dilakukan. Kapal yg dipersiapkan ini spesifik dipersiapkan menggunakan struktur yang berat tonase yang besar dan bertingkat supaya pengaturan sang petugas mampu lebih terarah & rapi.

Poto oleh: bumn.go.id

Pola pengaturan ini lah hal yang sangat penting buat diketahui bagi anda yang membawa kendaraan bermotor untuk menaiki kapal feri penyeberangan wajib mengetahui instruksi ataupun pengaturan yang dilakukan petugas pada lapangan lantaran mereka telah mempunyai pengetahuan pada sistem standar supaya kesempurnaan susuan ini buat meminimalisir kecelakanan. Plesirankotatua sudah merangkum kabar tips bagi anda yang akan pulang kampung menggunakan kapal feri penyeberangan buat berpindah pulau saat liburan panjang ini menggunakan tunggangan bermotor misalnya kendaraan beroda empat atau sepeda motor.

1. Sebelum anda memasuki kapal harus antri di sebuah lapangan khusus parkir yg sudah disediakan oleh pengelola pelabuhan dekat menggunakan kapal feri yang berlabuh. Setelah membayar tiket masuk termasuk tunggangan dengan tarif yang telah ditetapkan maka anda dipersilahkan masuk ke lapangan parkir [tarif sudah final tidak bisa ditawar, jumlahnya telah terlihat jelas pada saat anda memasuki pintu masuk parkir]. HARUS IKUTI INSTRUKSI petugas di lapangan jangan pernah melanggar lantaran berdampak pada keselamatan baik buat diri anda sendiri dan seluruh penumpang lainnya.

Dua. Setelah rapi di lapangan parkir tersebut satu per satu lajur akan dipersilahkan masuk oleh petugas melewati jalur yang sudah disediakan. Kecepatan kendaraan anda harus pelan karena melewati pembatas antara bibir lambung kapal & sisi beton pelabuhan berupa jembatan besi kapal yang terbuka [pintu ramp]. Ikuti arahan petugas waktu giliran anda memasuki kapal. Jangan pernah menyerobot ataupun ugal-ugalan karena setiap tunggangan akan dipersilahkan naik secara teratur.

3. Ukuran kapal yang terbatas hanya mampu memuat seluruh tunggangan bermotor dengan jumlah tertentu. Ruangan yg tersedia ini akan terdapat petugas lain yg akan menyuruh anda buat parkir pada loka yang sudah disediakan. Anda ikuti saja peraturan dan instruksi mereka karena mereka lah yang sangat paham pada mana posisi terbaik untuk kendaraan yang akan parkir pada kapal.

4. Seluruh kendaraan telah parkir menggunakan teratur & rapi jangan meninggal kan mesin kendaraan anda saat kapal sedang berlayar, serta posisi rem tangan sudah pada pasang. Selama kapal berlayar anda tidak boleh menyalakan mesin kendaraan beroda empat karena akan tercipta polusi pada ruangan parkir kendaraan beroda empat akibatnya lambung kapal akan panas yang bisa menyebabkan kebakaran. Apabila terjadi kecelakan lambung kapal terbakar sedangkan masih dalam pelayaran maka dampaknya akan fatal. Keselamatan keseluruhan penumpang termasuk anda pada zona bahaya.

TIPS: Setelah kendaraan telah parkir di lajur yg sudah ditetapkan sang petugas, seluruh penumpang akan masuk ke ruang khusus buat penumpang menikmati pelayaran. Ruangan yang tersedia ini cukup lega dengan berbagai fasilitas yg disiapkan agar penumpang permanen nyaman selama pada kapal. Anda mampu pilih posisi duduk yang berdasarkan anda paling nyaman, bila anda suka mabuk bahari disarankan pada posisi paling rendah. Lantaran meningkat ayunan kapal akan sangat terasa.

Selama pada bepergian tentu anda akan selalu waspada terhadap barang bawaan supaya tidak tercuri, tertukar, ataupun tertinggal. Karena sibuk menggunakan aktifitas lain hingga terlupa menggunakan barang bawaan tentu akan menghipnotis kenyamanan perjalanan anda nanti.

5. Pada waktu pelabuhan tujuan sudah dekat anda dipersilahkan menuju kendaraan masing-masing buat bersiap keluar menurut kapal. Saat keluar anda akan dipersilahkan keluar satu persatu menggunakan rapi, jangan saling menyerobot apalagi ugal-ugalan karena pintu yang akan dilewati ukuran pintu hanya muat buat satu tunggangan.

6. Ikuti jalur yg telah disediakan menggunakan melihat rambu-rambu petunjuk ke pintu keluar pelabuhan. Petunjuk cukup jelas yg akan mengarahkan anda ke jalur yg akan dituju.

Tambahan informasi: untuk menghindari penumpukan jumlah kendaraan di pelabuhan sebaiknya anda bepergian tidak dekat pada hari-h liburan cuti bersama. Perhatikan jadwal keberangkatan kapal yang anda inginkan. Sekarang ini telah bisa melakukan pembelian tiket secara online: PT ASDP Persero untuk mempermudah antrian anda untuk memasuki kapal. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar