Jumat, 16 Oktober 2020

Inilah Menu Buka Puasa Khas Orang Minang Selalu Dicari Perantau Anak Nagari Lokal Di Seluruh Dunia

Olahan hidangan orang Minang akan selalu terdepan lantaran banyaknya perantau anak nagari yg beredar ke seluruh global, khusus dalam saat buka puasa akan selalu melihat apakah sajian ini tersedia pada pasar buat melengkapi keseruan berpuasa di bulan suci Ramadhan ini. Menu buka puasa ini sangat disenangi oleh penduduk lokal secara langsung akan menghipnotis perantau buat mencari dimana penjual berada, walaupun terbatas di belahan negara eksklusif terpaksa wajib membuatnya sendiri demi memuaskan kesukaan masakan bundo kanduang yang nir akan pernah lekang menggunakan ketika. Apa saja menu buka puasa spesial orang Minang yg selalu tersedia pada kampung halaman sebagai surganya kuliner orang Padang yg menjadi pilihan terbaik buat bersantap malam bersama famili, Plesirankotatua berasil menghimpunnya buat sanak urang awak semuanya.

I. Menu Ringan Buka Puasa.

Biasanya menu ringan ini pada waktu berbuka puasa sehabis meneguk air hangat dalam bentuk air putih ataupun teh. Setelah ditambah menggunakan dua buah kurma sebagai awal berbuka dapat ditambah galat satu sajian favorit lainnya orang Minang saat berbuka.

LAMANG TAPAI KHAS MINANG.

Poto oleh: kopisenja.com

Menu sangat trandisional sudah ada sejak dulu sebagai menu yg sudah melegenda bahkan termasuk menu terbaik dipilih pada bulan puasa ini. Rasa cantik adanya sedikit asam dari tapai ini sangat segar apabila kondisi dingin menambah suasana berbuka waktu disantap sebagai tidak selaras. Bahan primer terbuat menurut ketan hitam ini memang proses fermentasi secara alami membuat kuah yang rasa spesial bercampur menggunakan lamang yg telah dibuat beserta santan dimasak pada bambu. Paduan yg sangat harmonis ini sebagai destinasi masakan bulan puasa dari generasi ke generasi sebagai akibatnya akan selalu dicara walaupun dalam kondisi pada perantauan.

KOLAK PISANG BIJI SALAK.

Poto oleh: cookpad.com

Olahan pisang kepok atau penduduk lokal menyebutnya pisang batu menjadi pilihan terbaik bercampur dengan gula aren beraroma pandan. Biasanya tambahan pelengkap buat satu porsi merupakan bulatan dari jenis umbi putih atau orange yg dianggap dengan biji salak sebagai paduan serasi buat sebuah saajian panis ketika berbuka puasa. Jangan sampai terlupakan jenis kolak khas Minang menjadi pelengkap buka puasa ini pula sanggup dibuat dengan bahan sederhana misalnya santan kental, daun pandan, kayu manis, gula aren, diaduk homogen. Setelah merata & matang siap disajikan.

BUBUR KAMPIUN.

Poto oleh: winnetnews.com

Jajanan olahan anak nagari asli Minang ini tersaji menggunakan adonan kolak pisang, bubur beras putih, ketan putih atau ketan hitam, disiram kembali dengan gula aren cair disajikan satu porsi bubur kampiun. Penjual makanan ini setiap hari memang tidak terlalu poly karena kasus harga namun pada bulan puasa Ramadhan ini banyak hadir penjual yg menjual sebagai menu berbuka. Rasa anggun & gurih legit akan membasahi pengecap dan kerongkongan cocok buat memulai aktifitas berbuka anda hari ini.

SARABI KHAS MINANG.

Poto oleh: kompasiana.com

Olahan berdasarkan tepung beras menggunakan santan ini bisa memberikan sajian pilihan buka puasa dengan rasa manis dan legit. Mirip dengan serabi Solo, Yogyakarta, ataupun Bandung hanya mirip bentuk Sarabi namun beda dengan tambahan siraman kuah santan menggunakan gula aren. Sebutan penduduk lokal Minang Sarabi ini telah hadir menurut pandangan baru bundo kanduang zaman dulu menciptakan hidangan yg murah dibuat dan enak rasanya. Di luar bulan puasa cocok sebagai hidangan sarapan pagi & cocok pula untuk menu berbuka puasa.

GORENGAN KHAS MINANG.

Poto oleh: zonasedap.blogspot.co.id

Urang awak Minang pula dikenal gorengan khas nya yaitu perkedel kentang, perkedel jagung, pisang goreng, hingga olahan tepung gandum lainnya misalnya bakwan, dan tahu tepung dan tahu berontak. Cocok sekali buat sajian buka puasa rasa pedas guring siraman saus sambal tentu pas sekali. Gurih menurut bumbu dan krispi berdasarkan tepung ini sudah menjadi pilihan terbanyak lantaran harganya terjangkau & relatif banyak penjual yg menyediakan panganan ini.

JAJANAN KUE BASAH PASAR.

Poto oleh: kidalnarsis.blogspot.co.id

Jajanan pasar yang spesial Minang yang diburu sang perantauan adalah Lapek Sagan yg berbahan dasar pisang batu atau kepok bercampur menggunakan beras ketan, rabat kelapa belia, garam, & bumbu rahasia lainnya dibungkus dengan daun pisang lalu di kukus sampai matang. Di bulan puasa Ramadhan ini tentu bermunculan hidangan tradisional ini dengan banyaknya permintaan terutama untuk acara berbuka beserta. Ada jua jajanan pasar populer pada Miang: lapek bugih, sala laluak, risoles, kudapan manis mangkuak anggun, & lainnya.

SEGARNYA MINUMAN AIA AKA.

Poto oleh: saribundo.biz

Sudah sangat dikenal bahkan banyak digunakan sebagai cara buat menyingkirkan panas pada selama berpuasa minum Aia Aka. Minuman segar yg spesial Minang ini terbuat berdasarkan bahan dasar cincau yang dibentuk secara tradisional ini dicampur dengan kuah santan serta perasa jeruk nipis siap memanjakan sajian buka puasa anda di bulan Ramadhan ini. Walupun nir banyak penjual Aia Aka ini di kota Padang namun penjual yang populer berlokasi di pertigaan Jalan Andaleh dan Jalan ke Kampus Unand Limau Manih.

ES BUAH SEGAR.

Poto oleh: pojokbisnis.com

Setiap daerah sudah tentu niscaya terdapat hidangan es butir segar yg terdiri menurut nanas, bengkoang, pepaya, kolang kaling, sampai tambahan rabat nangka tentu segar menyehatkan saat berbuka puasa. Menu misalnya ini sudah niscaya kesegarannya bahkan terdapat penjual pada kota Padang memberikan tambahan sirup merek terkenal menggunakan rasa melon, cocopandan, hingga jeruk. Sajian ini niscaya diincar sangat simpel dan harga sangat terjangkau buat semua keluarga.

II. Menu Berat Makan Malam.

Menu berat spesial Minang ini tentu tidak terlepas berdasarkan olahan santan dan hebatnya bumbu dapur buat olahan kuliner kampung laman. Bumbu dapaur yang dipersiapkan ini sanggup sebagai olahan kuliner tumisan, balado, hingga gulai yg akan menggoyang lidah anda. Jenis masakan ini sudah ada dari setiap generasi bahkan wajib terhidang di meja makan.

GULAI TAMBUSU.

Poto oleh: cookpad.com

Nama lain dari usus sapi yang dimasak dengan bumbu spesial Padang terisi menggunakan kocokan telur bebek atau telur ayam yg sudah dibumbui pula seperti bawang, kemiri, garam, dan santan. Setelah bahan ini siap maka usus sapi tersebut diisi menggunakan kocokan telur & masing-masing ujung usus diikat menggunakan benang. Saat olahan ini lengkap siap dimasak menggunakan mengungkep terlebih dahulu agar usus & telur sebagai matang. Setelah matang paripurna kemudian diceburkan ke kuah santan yg sudah dimasak terpisah mirip gulai ini menjadi sajian buka puasa yang gurih enak & bergizi tinggi.

GULAI GAJEBOH.

Poto oleh: saribundo.biz

Masakan ini tentu telah tidak asing lagi ditelinga urang awak Minang, berbahan dasar daging sapi & lemaknya ini disajikan berminyak memang enak menyapu seluruh bagian atas nasi panas. Daging sapi yang dipilih banyak lemak menjadi ciri spesial bahkan perbandingan lemak lebih banyak daripada daging. Hasil olahan menu ini mampu tercipta 2 variasi jenis misalnya asam padeh gajeboh atau gulai gajeboh. Sama-sama enak jangan lupa jangan terlalu banyak santap jenis kuliner ini lantaran kandungan lemak sangat tinggi, memang sangat enak permanen akan mempercepat tingginya kolesterol pada darah.

KALIO DAGIANG.

Poto oleh: selerasa.com

Penduduk lokal Minang membuat rendang yang masih pada keadaan kecoklatan disebut dengan Kalio. Jika Kalio ini dimasak terus sampai berubah rona agak kehitaman akan menjadi Rendang. Kalio masih terlihat seperti gulai yg mengental & adanya hidangan bumbu rempah yang masih basah sudah bisa dinikmati menggunakan rasa yang khas. Namun di Pulau Jawa jenis hidangan Kalio ini jua dianggap dengan rendang karena kecenderungan bentuk namun sebernanya ada disparitas dalam olahan kuliner. Kalio tidak butuh saat yang terlalu lama buat tersaji menjadi hidangan berbuka puasa, beda dengan Rendang yg harus dimasak sampai bumbu & santan mengering sehingga nir ada lagi bumbu basah dalam waktu disajikan di meja makan.

SOTO PADANG.

Poto oleh: masakandapurku.com

Jenis sajian ini juga telah hadir sebagai hidangan yg diburu untuk dinikmati pada waktu buka puasa Ramadhan. Cocok di daerah yang berhawa sejuk ditambah dengan kuliner panas disajikan dengan isian potongan daging sapi ataupun daging dendeng kemarau, perkedel kentang, bihun, serta diguyur dengan kuah kaldu sapi kaya rempah. Seporsi soto ini akan ditaburi menggunakan bawang goreng dan sambal balado merah sebagai toping pedas yang siang disantap.

SATE PADANG.

Poto oleh: foody.id

Siapa sangka menu yg sangat melegenda ini jua termasuk menu untuk berbuka puasa niscaya menjadi kuliner yang digemari banyak sekali usia. Tidak hanya di hari biasa sate dinikmati, di bulan yg penuh pesan yang tersirat ini jua pas sebagai santapan buka puasa dengan jenis potongan daging sapi, jeroan, pengecap, hingga kerang disiram kuah berbumbu tentu siap menggoyang lidah anda. Jenis sate Padang ini setiap daerah pada Sumatera Barat tentu tidak sinkron dalam kuah sate yang tersaji misalnya kuahnya warna kuning dari kunyit, rona merah menurut cabe & kacang, serta warna kuah kehijauan berdasarkan rempah daun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar