Selasa, 29 September 2020

Jangan Lupakan Oleh Oleh Khas Balikpapan: Makanan, Souvenir, Hingga Kerajianan

Memang sehabis berkunjung ke Balikpapan dan menikmati semua wisata yg ada di sana kudu harus membawa oleh-sang-khas-souvenir-kuliner-kerajinan-khas-unik-Balikpapan nir hanya makanan saja tetapi souvenir dan produk kerajinan yg kaya pula tersedia di bawa menjadi buah tangan kepada keluarga dan teman pada perantauan. Khas dan unik berdasarkan Balikpapan telah mulai poly di kenal sang seluruh traveler sehingga poly sekali instagramable menyampaikan & harus anda siapkan waktu sesudah selesai berwisata disana. Plesirankotatua berhasil merangkum semua oleh oleh khas unik Balikpapan berupa kuliner, souvenir, sampai produk kerajinan yang telah animo menjadi butir tangan favorit pada beli oleh para wisatawan dan pemudik orisinil berdasarkan kota ini, berikut penjelasannya.

1. Aksesori Souvenir Budaya Khas Suku Dayak.

Poto oleh: balikpapanpremio.com

Kayanya hasil karya berdasarkan Suku Dayak yang terdapat di Kalimantan ini juga sanggup ditemukan pada Balikpapan. Sangat khas & unik ini tercipta beberapa produk aksesori dan souvenir budaya yang terpajang banyak di pasar tradisional sampai pada toko oleh oleh. Membeli sang sang ini anda telah memajukan bisnis UKM disana dan membuka lapangan pekerjaan sehingga hayati sebuah daur ekonomi. Jenis pilihan aksesori souvenir cinderamata ini relatif banyak dimulai dari kalung, anting, tas, sampai gesekan spesial suku Dayak bisa anda temukan. Tempat yg sebagai favorit adalah pada Pasar Kebun Sayur dan Pasar Impres yang sudah terkenal sang para perantauan & traveler semua global.

2. Kue Mantau.

Poto oleh: dunianugroho29.blogspot.com

Memang mirip kudapan manis dari negara Cina sahih adanya. Namun jenis yg ada pada Balikpapan ini cukup tidak sama & unik disesuaikan menggunakan kesukaan berdasarkan penduduk lokal. Awalnya mungkin dari dari peranakan Cina yg bermukim di Balikpapan menciptakan makanan ini dijual, menjadi populer disukai sang penduduk lokal sebagai akibatnya menjadi sebuah sang sang yg praktis pada jual di toko sang sang. Harganya sangat terjangkau menciptakan hadiah buat sahabat pada perantau sudah mulai menjadi pilihan.

3. Snack Amplang Ikan.

Poto oleh: travelingyuk.com

Jenis kerupuk yang bahan dasarnya dari ikan pipih termasuk macam jajanan yang sangat mudah sekali ditemui di kota Balikpapan. Bahan dasar yang ada sekarang sudah ada jenis ikan tenggiri menjadikan rasa amplang ikan ini cukup gurih dan kriuk saat dikunyah. Banyak penduduk lokal Balikpapan menyebut bahwa amplang adalah oleh oleh khas yang harus di bawa jika tidak  ada tidak lengkap perjalanan wisata dari sana. Cukup mudah ditemukan dan banyak penjual yang menyediakan snack amplang ikan yang akan diburu oleh traveler lokal dan seluruh dunia.

4. Olahan Dari Kepiting.

Poto oleh: Abon Kepiting Shifodji

Pilihan lain jatuh ke olahan menurut kepiting yang sangat fenomenal. Jenis kepiting dari Balikpapan ini cukup tidak sinkron & khusus penggemar kepiting ini lah oleh sang yang haru anda beli. Bukan hanya hidangan saja yg populer misalnya kepiting saus Padang, tauco, ataupun asam cantik tetapi olahan dalam bentuk abon kepiting. Sangat unik & spesial sekali yg sanggup anda dapatkan berdasarkan kota Balikpapan. Olahan bahan daging kepiting lainnya juga banyak ditemukan menggunakan beragam jenis yg sangat enak & legit.

5. Onde-Onde Isi Ubi Ungu.

Poto oleh: mytrip123.com

Sebelumnya anda mengenal onde-onede isi kosong saja atau isi kacang ijo, pada Balikpapan terdapat onde onde isian dari ubi ungu yg tentu memiliki keunikan dan spesial berdasarkan kota Balikpapan. Varian lain juga tersedia dimulai dari coklat dan keju, yg sangat unik & original memang ubi ungu. Jenis makanan ringan ini sudah mulai terkenal dengan harga yg sangat terjangkau & bisa diperoleh pada tempat tinggal kudapan manis Brownies. Pastinya anda akan pribadi jatuh cinta menggunakan jenis onde-onde yg satu ini.

6. Kue Bingka.

Poto oleh: fantasticrab.wordpress.com

Kue yg tradisional berdasarkan kota Balikpapan harus masuk ke dalam itinerary belanja oleh sang anda disana. Sudah banyak traveler menjadikan kue bingka sebagai butir tangan terbaik yg cita rasanya manis & lembut. Sejenis kue basah yg nir tahan lama dengan aneka rasa pilihan seperti pisang, pandan, coklat, keju, gula merah, atau pandan. Oleh sang spesial unik ini sebaiknya hingga pada kota tujuan langsung di santap lantaran kue basah ini nir memakai pengawet. Berbahan dasar menurut telur, kentang, susu, mentega, gula, dan santan ini bisa mensugesti para perantau & wisatawan yang berkunjung di kota Balikpapan.

7. Kue Bakpia.

Poto oleh: Kue Pia Jaya Balikpapan

Tidak hanya terdapat di Yogyakarta saja ternyata di Balikpapan juga terdapat Bakpia. Yang menciptakan perbedaan dengan bakpia di Yogyakarta adalah ukurannya yang lebih akbar tentu satu sudah relatif mengenyangkan. Rasanya tidak menaruh pengaruh cantik yg hiperbola berdasarkan kulit bakpianya cocok menjadi cemilan pada ketika senggang waktu anda berada pada tempat kerja atau kumpul beserta sahabat. Keseluruhan gigitan ini ada adonan rasa gurih & asin yang berakibat oleh oleh menjadi camilan yg merakyat. Pilihan rasa ada tersedia dimulai dari rasa coklat, keju, hingga kacang ijo menjadi pilihan traveler.

8. Kain Batik Khas Balikpapan.

Poto oleh: inibalikpapan.com

Sebuah budaya membuat batik nir hanya di pulau Jawa saja, di Balikpapan jua terdapat pilihan batik khasnya. Koleksi ini memang mampu anda jadikan menjadi oleh sang khas yg sanggup anda pakai buat keperluan eksklusif atau sebagai hantaran. Corak & warna spesial penduduk lokal menggunakan budaya yang menyatu pada kain batik cukup berbeda dengan batik yg terdapat pada pulau Jawa. Bisa pada jadikan sebuah fashion buat kantoran atau ke resepsi pernikahan.

9. Batu Alam dan Batu Mulia Khas Balikpapan.

Poto oleh: kitadankota.wordpress.com

Kota Balikpapan menjadi surganya batu alam & batu mulia. Seluruh gema ke semua dunia telah mulai berdatangan para wisatawan seluruh dunia buat memburu batu ini menjadi aksesoris ataupun menjadi fashion. Batu orisinil menurut Kalimantan memang poly ditemukan di kota Balikpapan yang mampu anda jadikan menjadi oleh sang spesial unik yang bisa dipadukan dengan banyak sekali macam perhiasan buat istri atau seserahan mau pernikahan. Dengan harga yg sangat terjangkau ini mampu sebagai sebuah pilihan terbaik buat segala kesempatan buat menunjang penampilan yg akan anda tonjolkan dari batu alam yg sangat latif ini. Lokaso terbaik buat mendapatkan batu alam dan batu mulia ini pada Pasar Kebun Sayur sebagai pusatnya.

10. Songket Khas Balikpapan.

Poto oleh: sakurrivaldo.com

Hasil karya budaya yang terdapat di kota Balikpapan yang sanggup anda jadikan sebuah bantuan gratis ataupun jenis oleh oleh unik khas akan memilik kain songket, Kain songket yg memiliki corak & sudah berbentuk kain ini mampu dijadikan menjadi sandang resmi atau sandang buat resepsi. Sudah banyak pendaftar dari wisatawan dunia & lokal berakibat songket Balikpapan sebuah fashion buat aneka macam keperluan pria dan wanita. Jadi, jangan sampai peluang ini saat berkunjung ke Balikpapan buat singgah ke toko oleh sang yg menyediakan songket menjadi produk utamanya.

PENUTUP.

Untuk membeli semua jenis oleh sang khas dari kota Balikpapan Kalimantan ini mampu tertuju dalam Pasar Impres & Pasar Kebun Sayur. Alasannya harga tentu lebih kompetitif menurut toko. Banyak sekali rekomendasi yg diberikan oleh rekan traveler buat berkunjung ke 2 pasar ini menjadi lokasi yang sangat tepat, anda mampu menerima seluruh kebutuhan sang oleh ini di satu tempat. Semoga berguna artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar