Minggu, 20 September 2020

Air Terjun Sarasah Banyak Gariang

Anda telah berada di kota Padang saatnya mengunjungi air-terjun-sarasah-banyak-gariang yang lokasinya tidak jauh menurut sentra kota. Tidak terlalu jauh menurut pusat kota Padang ini sebagai destinasi terbaik bagi anda yang ingin menghabiskan saat liburan hanya di sekitar kota saja. Mungkin dana terbatas sanggup membawa semua keluarga kesini & tentunya tidak banyak jua biaya yg akan anda belanjakan.

Poto sang: wisatakotapadang.Wordpress.Com

GEOGRAFI AIR-TERJUN-SARASAH-BANYAK-GARIANG.

Air terjun ini memiliki ketinggian /- 40 meter yang sudah pasti terletak pada pada hutan Bukit-Sarasah sempurna di kaki Bukit-Barisan-Sumatera. Apabila ditinjau menurut jumlah pengunjung memang air terjun ini lebih disenangi karena tersebut jaraknya telah sangat dekat berdasarkan LIK Gaduik lebih kurang 2 km saja. Jadi akses relatif mudah & tidak repot buat sampai ke lokasi air terjun.

Menurut cerita penduduk lokal disana, air terjun ini dulunya kolam air sangat banyak Ikan Gariangnya, jadi makanya dengan nama ini langsung melekat ke AIR-TERJUN-SARASAH-BANYAK-GARIANG. Dari struktur air terjun dengan poly batu alam yg bertumpuk sebagai akibatnya mirip seperti piramida. Setelah anda hingga ke lokasi sudah tentu akan disambut menggunakan air terjun yg terpecah sang bebatuan tentu akan mengarah ke anda apabila sangat dekat menggunakan hempasan air tadi.

Sangat latif memang dan air yg berjatuhan ini melewati struktur bebatuan yg menumpuk ini menaruh pesona lain latif & asri. Sebagian wisatawan menyebutnya AIR-TERJUN-SARASAH-ULU-GADUIK, walau sebutan relatif sedikit tidak sinkron tetapi maknanya permanen sama. Untuk taraf pertama mempunyai ketinggian /- 8 meter.

Jika dihitung berdasarkan bawah air terjun ini terlihat ada tujuh taraf dimana masing-masing tingkat memiliki jalur air. Dari tingkat pertama air mengalir hampir tegak lurus dn akan jatuh ke taraf yg ke 2. Menaiki buat ke taraf pertama relatif mudah & harus menaiki batuan, kalau dihitung ketinggian /- 15 meter dari kolam.

Apabila anda sudah sampai ke lokasi memang wajib memperhatikan langkah, karena bebatuan yg akan anda injak ada yang sudah berlumut tentu akan merusak langkah anda licin. Para wisatawan homogen-rata bisa hingga ke taraf pertama & ke 2 saja lantaran masalah keselamatan saja. Untuk hingga ke taraf tertinggi ke level tujuh memang wajib melalui jalur yang cukup terjal dan sulit karena kemiringannya hampir mendekati 50 derajat, itupun harus mempunyai keahlian panjat tebing buat melakukan hal yg ekstrim & uji adrenalin ini.

ALAMAT AIR-TERJUN-SARASAH-BANYAK-GARIANG.

Lokasi air terjun berada di Nagari Koto Baru Gaduik, Keluruhan Limau Manih Selatan, Kecamatan Pauh, Padang, Sumatera Barat.

BAGAIMANA CARA KE AIR-TERJUN-SARASAH-BANYAK-GARIANG.

Cara ke air-terjun-sarasah-banyak-gariang ini nir sulit hanya berjarak 2 km dari posisi LIK Gaduik hanya 40 mnt perjalanan berdasarkan kota Padang. Mayoritas penduduk lokal banyak memakai kendaraan roda empat & roda 2 buat sampai ke lokasi.

Tetapi jika anda seorang backpacker yang ingin menjajal diri menggunakan tunggangan angkutan kota juga mampu menggunakan menaiki angkutan kota jurusan Ulu-Gaduik. Setelah anda hingga ke LIK Gaduik ini harus menaiki balik angkutan kota lainnya rona kuning menuju ke Koto Baru. Anda turun pada hingga rute angkot ini berakhir & harus estafet lagi sampai ke posko seperti tempat tinggal sebelum ada jembatan kayu menggunakan jalan kaki. Di kurang lebih posko inilah anda bisa melihat poly sekali kendaraan bermotor parkir dan wajib memakai kedua kaki buat melangkah sampai ke lokasi tujuan. Yang sangat menarik merupakan, berjalan kaki wajib melewati aliran sungai. Ikuti hingga ke hulu akan terlihat air terjun eksklusif ketika anda telah mendekati lokasi. Perjalanan kaki ini relatif panjang membutuhkan waktu 1,5 jam bepergian atau jeda tempuh /- 6 km.

BIAYA-BIAYA.

Tentu memasuki lokasi air terjun akan dikenakan tarif IDR3.000 dan parkir IDR2.000 per motor.

TIPS:

Ada beberapa tips yang menjadi perhatian anda ingin mengunjungi air terjun  yang sangat menarik dan dekat dari kota Padang. Tips ini tentu berhubungan dengan kenyamanan selama melakukan treking hingga tetap betah berlama-lama di lokasi air terjun. Berikut diantaranya:

1. Kunci terbaik buat samapi ke lokasi merupakan menyelusuri genre sungai sampai ke hulu pada saat cuaca baik atau musim kering. Tidak direkomendasikan dalam demam isu hujan karena perkara keamanan & situasi kondisi pada bepergian lantaran anda berada di sungai.

2. Perhatikan ketika bepergian telah masuk pada musim kering lantaran ketika ini sangat terbaik. Apabila pada hari biasa yg masih ada musim hujan usahakan diundur hingga waktu yang direkomendasikan ini.

3. Tentu bepergian ini akan melakukan tracking sedikit & bawalah barang seperlunya supaya bepergian anda tetap nyaman saat tas backpack dibawa.

4. Lokasi terbaik bagi anda yang memiliki budget murah buat medatangi lokasi air terjun ini, telah tentu niscaya pada akhir pekan sangat ramai pengunjung. Apabila anda ingin agak sepi sebaiknya berkunjung di hari biasa saja.

5. Selalu jaga kebersihan, buang sampah dalam tempatnya. Apabila anda pada perjalanan harus membawa kantong plastik & akan dibuang waktu anda masuk di pintu gerbang tadi. Lokasi air terjun bukan loka sampah, lokasi ini tempat wisata buat ketenangan beserta.

6. Tetap beradat untuk memakai pakaian yang sopan. Anda harus mengedepankan kesponan atas norma supaya ketenangan semua wisatawan bisa terwujud menggunakan baik.

7. Pesan terakhir merupakan adanya tangan jahil yang akan selalu mencari kesempatan untuk melakukan corat-coret atau vandalisme objek datar yang tentu akan Mengganggu pemandangan & merusak keadaan air terjun. Jadi, menjadi waisatawan yang berkunjung saling pantau adanya kenyataan seperti ini. Mari jaga alam ini permanen nyaman lantaran tentu akan berdampak pada anda yg menikmati treking bepergian ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar