Minggu, 14 Juni 2020

Tempat Wisata Situ Gunung Sukabumi Jawa Barat: Tips Cara Lengkap Kesana Serta Aktifitas Liburan Khusus Pemula

Tempat wisata Situ Gunung Sukabumi Jawa Barat telah menghipnotis para traveler berdasarkan DKI Jakarta buat segera mengunjunginya lantaran lokasi tidak terlalu jauh & bisa dijangkau dengan transportasi yg sangat murah meriah yaitu Kereta Api. Daya tarik yg paling primer merupakan jembatan gantung yang berdiri diatas hutan kayu damar yg menyejukan mata ini tentu menjadi alasan paling utama karena ini lah jembatan yg lokasinya diatas hutan menggunakan infrastruktur yang relatif memadai menunjang pariwisata penting di Sukabumi sangat dekat menurut DKI Jakarta pastinya. Secara administratif jembatan gantung ini terletak pada Taman Nasional Gede Pangrango TNGP menggunakan tinggi 150meter dan membentang diatas hutan sepanjang 240 meter. Sebagian traveler yg ingin menguji seberapa kuat di ketinggian anda wajib tiba kesini lantaran sudah tentu pasti akan menggunjang lutut anda apakah bergetar atau biasa saja. Jembatan gantung inilah bagian menurut kawasan Situ Gunung Sukabumi yg sangat fenomenal itu.

Situ Gunung yg menjadi loka primer buat dikunjungi adalah daerah wisata danau yg berada di TNGP, di lokasi yang sama ini sebenarnya relatif banyak destinasi wisata alam lainnya yang dapat anda kunjungi yaitu danau atau situ, curug sewer, hutan alam yang masih alami, dan menjadi pamungkasnya ya jembatan gantung ini. Satu kali berkunjung anda telah mendapatkan beberapa objek tempat wisata lainnya jadi relatif worth it untuk menghabiskan waktu weekend anda disini.

Untuk saat sekarang ini memang jembatan gantung ini terpanjang di Jawa Barat menggunakan kabel yg mengikat di ujung ke ujung yang relatif kuat dengan bantalan jalan yang cukup kuat & rapi sehingga waktu dipijak sangat kokoh menikmati pemandangan alam diatas ini.

BAGAIMANA CARA KE JEMBATAN SITU GUNUNG SUKABUMI JAWA BARAT.

Tentu saja yg menjadi topik yang paling poly dicari merupakan bagaimana cara ke jembatan Situ Gunung Sukabumi Jawa Barat. Ada 2 laternatif jalan menuju kesana dengan syarat jalan ke Situ Gunung cukup baik, berikut penerangan lengkapnya.

#1. Menggunakan Kereta Api KAI.

Tentu saja anda sebagai turis dari DKI Jakarta akan memakai kereta api menjadi cara terbaik dan termurah pastinya nyaman. Setelah anda memakai Commuter Line menuju ke Stasiun Bogor dan harus estafet menggunakan naik Kereta Pangrango tujuan ke Bogor Palegan Sukabumi dengan harga tiket RP 35.000 dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan. Rekomendasi terbaik merupakan anda wajib berhenti pada Stasiun Cisaat setelah Stasiun Karang Tengah atau sebelum Stasiun Sukabumi.

Setelah anda hingga di Stasiun Cisaat memang tidak ada angkutan kota yang pribadi menuju ke Situ Gunung namun bisa naik Angkutan Umum apapun menuju ke Polsek Cisaat menggunakan waktu yang nir lama sekitar 10 mnt menggunakan ongkos Rp5.000. Setelah sampai di Polsek maka estafet lagi pakai Angkutan Umum berwarna merah menuju ke tujuan akhir ke Situ Gunung dengan ongkos Rp12.000.

Setelah hingga ke Situ Gunung anda wajib membayar tiket masuk pastinya & jika anda ingin melakukan kamping disekitar area ini wajib melapor ke petugas yg terdapat disana. Untuk harga tiket masuk ke Situ Gunung adalah Rp 35.000.

Note: kini ini pada kurang lebih Stasiun Cisaat sudah ada ojek online yang bisa anda pakai buat sampai ke Situ Gunung. Rekomendasi ini bisa anda lakukan apabila jumlah rombongan lebih dari tiga orang dan jauh lebih irit.

RINCIAN BIAYA PERJALANAN KE SITU GUNUNG SUKABUMI JAWA BARAT.

Commuter Line: Rp 8.000

Kereta Pangrango - Stasiun Cisaat: Rp 35.000

Angot ke Polsek Cisaat: Rp lima.000

Polsek Cisaat - Situ Gunung: Rp 12.000

Tiket masuk: Rp 35.000

Total biaya bepergian ke Situ Gunung Sukabumi Jawa Barat menurut Jakarta ala backpacker berdasarkan DKI Jakarta adalah Rp 95.000 per orang.

#dua. Menggunakan Bus Umum Dari Terminal Baranang Siang Bogor.

Memang tidak semua traveler dari DKI Jakarta dapat menggunakan Kereta Api, dapat juga menggunakan bus dari Terminal Baranang Siang. Setelah sampai Stasiun Bogor pastikan anda naik angkot 03 menuju ke Terminal Baranang Siang, dan gunakan bus tipe menangah ELF dengan tujuan Bogor ke Sukabumi dengan harga Rp 30.000. Waktu perjalanan kesana ya memang tergantung dari padatnya. Setelah bus sampai di pertigaan Cisaat anda harus turun disini kemudian naik angkot ke Situ Gunung dengan ongkos Rp 12.000. Dan untuk tiket masuk juga sama.

Indahnya Situ Gunung di Sukabumi mampu menjadikan destinasi wisata dekat dari DKI Jakarta ini sangat worth it sekali untuk menghabiskan waktu liburan singkat anda di weekend ini. Kunjungi lokasi Situ Gunung mendapatkan view seperti ini sebaiknya di pagi hari sekitar pukul 07:00 - 08:00 WIB saat matahari sudah mulai terbit. Musim kemarau sangat direkomendasikan karena langit akan terlihat biru dan pastinya kece banget untuk dijadikan spot potografi anda. Poto credit: khairulleon.com
Jembatan gantung Situ Gunung Sukabumi Jawa Barat ini terlihat menggantung di atas hutan yang masih alami, dan pastikan anda menjaga adab saat meniti jembatan ini dan selalu menjaga langkah. Tidak ugal-ugalan saat menikmati pemandangan sekitar karena setiap anda melangkah akan terasa ayunan. Pastikan waktu terbaik mengunjunginya tidak pada waktu cuaca hujan atau berangin karena akan mengganggu kenyamanan saat anda melakukan wisata ke tempat ini. Poto credit: jayakartanews.com

KEGIATAN WISATA SEKITAR SITU GUNUNG SUKABUMI JAWABA BARAT.

Tentu saja anda seseorang turis yang ingin mengunjungi tempat wisata ini harus mengetahui aktivitas wisata apa saja yang bisa dinikmati disana, berikut penjelasannya:

Tidak hanya jembatan gantung saja terdapat 2 curug yang mempesona pada dekat telaga yang harus dikunjungi. Memang Curug Sawer primadonannya selain Curug Cimanaracun. Curug Sawer yg lebih tinggi kurang lebih 30 meterini tentu lebih dekat. Jika menurut Situ Gunung berjarak 4 km saja atau lebih kurang 45 mnt bepergian pada jalur treking yg sudah tersedia. Apabila anda nir mau capek bisa sewa ojek penduduk lokal kurang lebih Rp 50.000 buat sekali jalan. Lantaran lokasi jalan yg relatif terjal & terdapat jurang tentu pastinya ojek penduduk lokal lebih lihai dan pengalaman.

Jika anda ingin bersepeda pengelola pula menyediakan penyewaan, begitu pula menggunakan permaian lainnya seperti river tubing dan high rope juga sebagai cara lain aktivitas wisata disana.

TIPS SELAMA KE SITU GUNUNG SUKABUMI JAWA BARAT.

Selama anda melakukan wisata ke Situ Gunung Sukabumi Jawa Barat ada beberapa tips yg perlu diperhatikan agar bepergian ini tetap di zona nyaman.

#1. Selama anda berada pada area Situ Gunung khususnya area camp jangan pernah khawatir karena banyak sekali lapak yg menyediakan kuliner & minuman. Jangan pernah takut kehausan & kelaparan.

#dua. Untuk menggunakan internet di sekitar area gunakan provider Telkomsel sebagai ara terbaik karena sinyalnya relatif stabil.

#3. Bagi anda yang ingin melakukan camping pada kurang lebih area Situ Gunung usahakan hindari weekend lantaran peminatnya sangat banyak sekali. Apabila anda tidak rela program camping tidak terlaksana menggunakan sempurna dan lapak telah terisi penuh usahakan cari hari lain.

#4. Rencanakan perjalanan ini sedini mungkin lantaran pendaftar memakai Kereta Api menuju ke Situ Gunung sangat tinggi sekali.

#lima. Perjalanan ini usahakan di lakukan pada pagi hari minimal pagi menjelang siang sudah sampai pada Situ Gunung agar waktu selama traveling di lebih kurang loka wisata ini relatif.

#6. Jika anda berencana menginap pada Cisaat atau lebih kurang Situ Gunung pastikan perlengkapan & pakaian hangat tersedia relatif. Lantaran sekitar lokasi relatif dingin di malam hari jadi jangan hingga hipotermia lupa bawa pakaian hangat.

#7. Anda jangan risi, jalan menuju ke Curug Sawer relatif bagus dan pastinya zona nyaman masih di dapatkan selama di tempat wisata ini.

#8. Sekarang ini buat penginapan sudah relatif poly tersedia & pilihan. Pembelian usahakan dilakukan pada pembelian online lantaran sudah banyak review positif terhadap hotel yg akan anda pilih.

#9. Menggunakan suspension bridge atau jembatan gantung ini merupakan jalan pintas buat sampai ke curug sawer. Sebelum adanya jembatan ini buat hingga ke curug jalannya harus memutar dengan ketika tempuh /- 1,5 jam bepergian dengan treking menanjak.

#10. Saat anda memakai jembatan gantung ini akan dikenakan biaya Rp 50.000 mendapatkan welcome drink dan snack yang disediakan. Cara terbaik ini banyak dilakukan oleh turis lantaran pemandangannya jauh lebih menarik dan cepat sampai ke curug menjadi hal yang sangat mengasikkan menghemat saat tempuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar