Jumat, 08 Mei 2020

Tips Aman Mudik Dengan Sepeda Motor Ke Kampung Halaman

Memang memakai sepeda motor buat pulang kampung pergi ke kampung page telah banyak dipilih oleh para perantau karena masalah biaya yang akan dihabiskan pada bepergian nanti sangat terjangkau bahkan sesuai dengan ekonomi seseorang pegawai kantoran seperti anda. Tips aman mudik harus anda prioritaskan disaat membawa keluarga tercinta rela berboncengan lama sampai ke kampung page di mudik liburan panjang buat bersilaturahmi menggunakan famili tercinta disana sudah menunggu kedatangan anda. Walaupun pemerintah telah melakukan edukasi pada rakyat buat mempertimbangkan nir melakukan bepergian jauh pulang kampung memakai sepeda motor namun kenyataannya banyak sekali perantau permanen pergi kampung menggunakannya karena kasus porto.

Fenomena pulang kampung memakai sepeda motor buat pulang ke kampung laman tidak bisa terpisahkan dari Hari Raya Idul Fitri dimana seluruh keluarga berkumpul bersilaturahmi saling memaafkan di hari yg sangat krusial ini wajib anda ikuti. Di waktu kehidupan rantau yang masih terbatas menggunakan biaya terpaksa membawa sepeda motor buat menempuh perjalanan yg cukup panjang tetapi apa daya memang ini lah kesempatan yang dapat dilakukan demi berkumpul beserta famili akbar pada kampung laman. Nah, bila anda berencana melakukan perjalanan mudik menggunakan sepeda motor ke kampung laman di tahun ini, simak tips kondusif ini sebelum anda memulai perjalanan.

#1. Pastikan Anda Harus Tidur Minimal 8 Jam.

Pemudik yg membawa motor buat bepergian jauh ini yg sebagai versus terberat adalah diri anda sendiri. Jika fisik anda kuat dan prima maka bepergian akan terasa enteng, bagaimana menggunakan kebalikannya syarat mengantuk dan lelah permanen melanjutkan bepergian dampaknya akan sangat beresiko yaitu nyawa anda taruhannya. Selalu prioritaskan anda wajib tidur minimal 8 jam sebelum melakukan bepergian mudik nanti, agar kantuk yg menggila saat berkendara dapat diminimalisir segera.

#2. Motor Harus Kondisi Prima.

Perjalanan jauh anda wajib mempersiapkan kondisi kendaraan dalam zona prima, jika dibutuhkan masuk ke bengkel resmi buat diperiksa semua komponen krusial yg beresiko akan mengganggu bepergian hingga tune up mesin disertai ganti oli. Semua aspek kenyaman anda berkendara harus disempurnakan dengan mengecek seluruh pengapian, kelistrikan, hingga komponen spare part yang telah aus segera diganti semuanya. Untuk melakukan pengecekan ini anda wajib mempersiapkan saat satu hari dan konsultasi pada tenaga mekanik bengkel apa saja keluhan yg dirasakan & segera dilakukan perbaikan atau penggantian alat spare part.

#tiga. Perlengkapan Penting Berkendara.

Saat perjalanan sudah dekat persiapan perlengkapan telah tersedia semuanya seperti helm, sarung tangan, jas hujan, sepatu, jaket, kunci-kunci, & lainnya. Semua aspek perlindungan harus anda persiapkan termasuk proteksi kaki & tangan jua nir akan lupa. Jadi, driver paling aman yg akan anda lakukan dimulai menurut perlengkapan penting berkendara ini sebagai akibatnya pengalaman perjalanan nanti masuk pada syarat baik & minim kecelakaan.

#4. Surat Penting Jangan Lupa Dibawa.

Sebagai pemudik yang taat anggaran harus membawa surat krusial kendaraan seperti STNK & SIM yg berlaku. Surat penting ini menjadi hal penting karena peraturan yg mengharuskannya. Sebelum anda berngkat dipastikan lakukan pengecekan ulang apakah STNK & SIM sudah masuk dalam dompet, selesainya lengkap maka siap melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.

#5. Telah Memahami Arti Rambu Lalu Lintas.

Anda harus paham arti rambu lalu lintas yg terpasang di perjalanan nanti. Minimal anda paham rambu yang sering dicermati apalagi pada rute perjalanan mudik nanti. Rambu kemudian lintas ini sebenarnya untuk menaruh peringatan bagi pengendara sepeda motor buat segera berhati-hati memasuki beberapa wilayah yg riskan terhadap resiko kecelakaan. Pastikan anda mengerti semua rambu-rambu ini saat anda menanjak, menurun, berbelok, hingga jalan berada di perbuktitan menggunakan jurang cukup dalam.

Baca juga:

Saat Touring Jangan Pernah Sepelekan Hal Kecil Ini Akan Berdampak Buruk

Anda Hobi Touring Sepeda: Tips Persiapan Lengkap Sebelum Memulai Perjalanan

#6. Selalu Memakai Prinsip Setiap Dua Jam Harus Berhenti.

Fisik waktu diatas motor tentu akan cepat capek apalagi berhubungan dengan udara & terik sinar mentari . Energi anda akan terkuras cepat sebagai akibatnya kelelahan yang dirasakan pasti cepat terasa. Maksimal bepergian yang direkomendasikan agar permanen kondusif selama bepergian pulang kampung nanti adalah setiap 2 jam anda harus berhenti & istirahat. Rasa capek dan lelah walaupun tidak memuncak tapi anda telah menaruh ketika kepada tubuh buat rehat sejenak sekaligus memulihkan kosentrasi yang telah terpecah saat mulai perjalanan tersebut. Hal yang paling poly dirasakan adalah tulang punggung belakang terasa pegal lantaran beban yg sudah anda ciptakan cukup bertenaga sehingga rasa pegal terasa dimulai dari pundak hingga ke tulang ekor.

#7. Pahami Rute Perjalanan Mudik.

Sebelum anda berangkat telah memilih rute bepergian mudik yg akan dilalui. Jangan hingga salah rute akan mengakibatkan ketika bepergian makin bertambah lama . Pilih yg paling minim resiko sangat direkomendasikan bila dibandingkan menggunakan resiko yg relatif tinggi menggunakan medan yg berbahaya. Sesuaikan rute ini dengan syarat sepeda motor dimana ketika jalan yang selalu menanjak akan menaruh tertekan tinggi terhadap kendaraan kesayangan anda, kombinasikan dengan situasi perjalanan nanti supaya mesin permanen pada kondisi prima. Hal yg krusial adalah masuk zona macet pastikan rute alternatif telah anda pahami buat melintas agar macet ini bisa anda taklukan pada perjalanan pulang kampung nanti dengan mengaktiftak map online yang sangat mudah dilihat setelah instal aplikasi eksklusif.

#8. Berangkat Sepagi Mungkin.

Waktu yang sangat baik memulai perjalanan mudik dengan sepeda motor merupakan sebelum Subuh, lantaran kondisi tubuh masih pada kondisi prima dan udara masih sangat sejuk & sehat. Jangan berangkat tengah malam lantaran rasa kantuk masih sangat tinggi yg akan menghantui anda selama perjalanan nanti. Pastinya faktor keamanan lainnya yaitu di tengah malam terdapat rute yg belum aman dilalui & masih poly faktor keamanan yang akan merintangi & rawan kejahatan. Waktu sebelum subuh dan anda dapat melakukan ibadah pada jalan waktu bepergian telah hampir setengahnya. Rasa ketika tidak akan terasa disaat bepergian sepagi mungkin ini telah menempuh rute yang cukup jauh.

#9. Bawa Barang Bawaan Penting Saja.

Memang memakai sepeda motor sangat disenangi dengan porto yg dipersiapkan sangat terjangkau. Jangan gara-gara ini anda wajib membawa barang bawaan sebanyak mungkin agar seluruh biaya bisa ditekan. Cara misalnya ini tentu galat, lantaran akan membahayakan anda saat diperjalanan nanti. Bawa barang krusial saja & apabila anda berlebih dapat anda gunakan jasa ekspedisi untuk cepat sampai terlebih dahulu di kampung halama. Dengan bawaan yang relatif tentu memberikan hal positif tidka membayakan diri sendiri dan pastinya lebih nyaman pada mengendarai kendaraan.

#10. Jangan Terburu-Buru Sampai Tujuan.

Pastikan anda wajib kontrol emosi buat tetap bersabar membawa kendaraan, jangan terburu-buru ingin cepat hingga tanpa memperhatikan aspek keamanan. Ikuti saja jalan menggunakan kecepatan yg standar & pastinya anda bisa memprediksikan jeda aman dengan lawan pada depan agar terhindar berdasarkan tambrakan mendadak pada saat anda lengah. Jarak kondusif yang direkomendasikan kurang lebih tiga-4 meter di depan dan perhatikan lampu versus didepan agar anda siap selalu posisi yang baik buat tetap pada syarat kondusif berkendara.

PERSIAPAN BALIK SETELAH MUDIK.

Waktu bersilaturahmi telah cukup & persiapan pulang kembali ke perantauan segera dilakukan. Jangan lupa anda harus melakukan pengecekan ulang syarat kendaraan bila ada hal yang dirasa absurd atau tidak nyaman waktu mengendarai kendaraan segera lakukan pemugaran sebelum berangkat. Pastikan semua barang tetap cukup & nir membahayakan anda waktu berangkat ke kota tujuan. Terkadang hal misalnya ini terlupakan sang para pemudik sehingga rasa bahagia berkumpul lupa bagaimana kondisi kendaraan & barang yg akan dibawa, tahap buat balik balik hampir sama menggunakan proses diatas. Semoga tulisan ini bermafaat dan mudik memakai sepeda motor di tahun ini tetap dalam kondisi baik & anda terbebas berdasarkan resiko yg membahayakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar