Rabu, 20 Mei 2020

Makanan Khas Makassar Wisata Kuliner Wajib Sebelum Liburan Traveling Usai

Makanan spesial Makassar sangat fenomenal bahkan telah menjadi perburuan pecinta wisata masakan bagi turis yg kebetulan menentukan kota ini sebagai tempat wisata dengan destinasi alam yg tidak dapat terlupakan. Banyak sekali olahan kuliner yg dibentuk oleh penduduk lokal disana menjadi makanan yang mereka buat sebagai maha karya masakan bahkan telah ada dari generasi ke generasi. Jika anda sempat bertandang ke kota ini pastikan artikel yang kami buat ini bisa sebagai acum krusial & jangan sampai terlupakan setiap jenisnya.

Keunikan makanan spesial Makassar ini menggunakan kaya rasa dan bumbu ini sanggup mempengaruhi pengecap para traveler dimulai ketika icipan pertama hingga nir bersisa sama sekali. Hidangan yg sangat menarik hati baik dari segi hidangan dan aroma ini menciptakan mimpi anda menjadi fenomena disaat sebelumya hanya melihat lipuran teman pada media umum saja kini sudah langsung di lokasi kota Makassar buat bergerilya mencari hidangan masakan pada lokasi loka yg sangat direkomendasikan sang rekan kami yg sudah berkunjung kesana. Nah, anda akan menjadi bertanya-tanya makanan spesial Makassar apa saja yang harus dinikmati dan tempat yang wajib dituju ada pada tulisan artikel kami ini sebagai akibatnya anda menerima apa yang dicari, berikut penerangan lengkapnya:

Baca jua:

Khas-Kendari-Sulawesi-Tenggara: Makanan, Minuman, Cemilan, Serta Oleh-Oleh

#1. COTO MAKASSAR.

Lokasi: Jl. Nusantara Baru No.142, Ende, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Jam Operasional: Senin-Minggu Pukul 06.30 WITA - 18.00 WITA

Harga: Mulai menurut IDR15,000 per porsi

Poto credit:spiritriau.com

Menu paling dicari saat berada pada kota Makassar adalah Coto Makassar. Hidangan fenomenal & paling poly direkomendasikan ini harus masuk pada daftar santapan pertama segera menggoyang pengecap. Kuah yang sangat kaya rempah & bumbu ini sangat terasa hingga tetes terakhir. Cocok sekali hidangan makan siang dan makan malam di saat cuaca dingin musim hujan akan terasa hanget dan porsi tambah nir mampu terhindarkan. Bahkan hidangan yg sebagian traveler menyebutnya hidangan output olahan maha karya berdasarkan Makassar ini telah berkembang menjadi sebagai wisata masakan yang tidak tergantikan.

Satu porsi sajian Coto Makassar ini akan berisi potongan daging sapi yang sangat banyak dengan kuah yg sangat berbumbu bahkan sangat kental, sebagai toping akan dibubuhi bawang goreng dan daun bawang buat memperkuat kuah sebagai nendang. Pastinya, didampingi dengan ketupat akan menemati coto ini siap-siap keringat akan keluar waktu anda menikmati hidangan ini.

#dua. KONRO.

Alamat: Jalan Gunung Lompo Battang No.41-43, Pisang Utara, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Jam Operasional: Senin-Minggu Pukul 10.00 WITA - 22.00 WITA

Harga: Mulai menurut IDR30,000 per porsi

Poto credit: backpackerjakarta.com

Hidangan kuliner khas Makassar lainnya bernama Konro yg disajikan berdasarkan bagian iga daging sapi yg pastinya memakai bumbu yang sangat lengkap dan aroma harum & menarik hati selera. Bahan bumbu menurut air asam jawa, kayu anggun, dan bumbu misteri lainnya ini ada sedikit hitam yang berasal menurut kluwak. Sajian sajian yang mirip sup ini sangat dahsyat rempah yg digunakan ini cocok sekali disantap waktu panas & sepiring nasi hangat.

Menikmati hidangan ini pastinya setiap orang berbeda terdapat senang menjadi sarapan pagi atay bahkan makan malam, sesuaikan kesempatan buat menu makan siang pula bisa dilakukan. Banyak sekali ulasan yang sangat positif terhadap hidangan sup Konro ini karena terasa sekali bumbu meresap sampai ke dalam daging nir akan rela kuah sup ini nir dihabiskan dampai dengan tetes akhir.

#tiga. SOP SAUDARA.

Alamat: Jalan Dokter Wahidin Sudiro Husodo No.40, Pattunuang, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Jam Operasional: Senin-Minggu selama 24 jam

Harga: IDR15,000 per porsi

Poto credit: merahputih.com

Memang buat hidangan ini sebenarnya berasal menurut kota diluar Makassar yaitu tepatnya di Pangkep masih pada daerah Sulawesi Selatan. Pastinya rasa masakan ini sangat fenomenal sekali bahkan sulit buat melupakan kualitas sajian waktu anda traveling ke sana. Sebuatan sop yang harus anda coba ini saat disajikan dicampur menggunakan bihun & kentang yang sudah dimasak kemarau tentu akan terasa lebih kaya rasa & anda akan selalu berburu wisata kuliner di ketika liburan traveling kesana.

#4. PALUBASA.

Alamat: Jalan Serigala, Mamajang Dalam, Mamajang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Jam Operasional: Senin-Minggu Pukul 09.00 WITA - 20.00 WITA

Harga: Mulai menurut IDR13,000 sampai IDR15,000

Poto credit:wisataku.id

Menu kuliner yang sangat mirip dengan Coto Makassar ini namun terbuat berdasarkan jenis jeroan menurut sapi atau kerbau, dan pastinya proses olahan masaknya cukup panjang dan usang. Hal prinsip yg membedakannya merupakan sajian pendampingnya untuk satu porsi sajian. Pallabasa ini dinikmati dengan sepiring nasi hangat sangat cocok sekali buat makan siang. Saat kini ini terdapat kesukaan dari pembeli ingin ditambahkan dengan irisan daging untuk satu porsi agar sebagai lebih lengkap untuk satu sendok yang akan memulai kuliner penting ini.

#5. PALLUMARA.

Alamat: Jalan Prof.Dr. Abdurrahman Basalamah No.99A, Karampuang, Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Jam Operasional: Senin - Minggu, 09.00 WITA - 22.00 WITA

Harga: Mulai berdasarkan IDR30,000

Poto credit:makassar.terkini.id

Makassar yg terletak pada wilayah pesisir laut ini hadir olahan sea food yg kaya dan sangat juara cita rasanya. Jenis makanan khas Makassar yang harus anda coba adalah Palumara jenis sajian berbahan dasar ikan. Hidangan sup ikan rona kuning dari kunyit ini mirip menggunakan hidangan menurut wilayah Indonesia lain yaitu ikan asam cantik. Jenis sea food yg digunakan adalah ketua kakap merah atau jenis tongkol dapat sebagai bahan utamanya. Sup ikan ikan ini dapat terhidang dengan sepiring nasi hangat dan cocok sekali pada musim dingin yang akan menemani wisata liburan anda.

#6. BARONGKO.

Alamat: Jalan Serui No.19, Pattunuang, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Jam Operasional: Senin - Minggu, 08.00 WITA - 20.00 WITA

Harga: Mulai berdasarkan IDR3.500 per buah.

Poto credit: steemkr.com

Ini lah kue basah yang sangat digemari bahkan sangat khas Makassar menggunakan rasa yang cita rasanya anggun & lembut saat dikunyah. Barongko dalam proses pembuatannya menggungakan cetakan spesifik & lebuh brilian hasilnya dibungkus menggunakan daun pisang. Untuk menikmati makanan khas Makassar ini sinkron dengan kesukaan apakah panas atau dingin mempunyai sensasi tersendiri. Jadi masukan Barongkok ke wisata kuliner anda waktu berada di Makassar.

#7. PISANG EPE.

Alamat: Jalan Penghibur, Losari, Maloku, Ujung Pandang, Maloku, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Jam Operasional: Senin - Minggu, Pukul 16.00 WITA - 24.00 WITA

Harga: Mulai dari IDR10.000 sampai IDR12.000 per porsi.

Poto credit: masfikr.com

Saat anda berada pada pantai Losari banyak sekali penjual kudapan ringan bahkan sangat khas sekali pada kota Makassar yaitu Pisang Epe. Pisang kepok yg dibakar diatas bara barah ini akan mengeluarkan aroma harum yg semerbak dan dipipihkan dengan indera yaitu 2 kayu kemudian pisang diberikan toping aneka rasa seperti gula merah, air daun pandan, durian, susu kental manis, & lain sebagainya. Saat menikmati suasana sore pada pantai sangat cocok sekali ditemani menggunakan makanan spesial Makassar ini & pastinya fenomenal sekali poly penjual yang menghidangkan menu ini setiap hari.

#8. ES PALU BUTUNG.

Alamat: Jalan Sultan Alauddin Nomor 27, Mangasa, Tamalate, Mangasa, Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Jam Operasional: Senin - Minggu, Pukul 09.00 WITA - 21.00 WITA

Harga: Mulai berdasarkan IDR10.000 sampai IDR15.000 per porsi

Poto credit:goodindonesianfood.com

Minuman es spesial Makassar ini telah sangat fenomenal bahkan telah mensugesti para traveler yang sudah berkunjung ke loka ini lantaran sensasi rasa yang sangat menyegarkan bahkan rasa cantik di animo panas cocok sekali buat menemani saat senggang, pastinya anda akan terdapat rasa ingin nambah satu porsi lagi karena terdapat rabat pisang cantik yg dibalut menggunakan kulit warna hijau ini disajikan menggunakan bubur sumsum ditambah dengan susu kental manis, es serut, disiramkan dengan sirup merah di wadah mangkuk.

#9. GOGOSO.

Alamat: Jalan Serui No.19, Pattunuang, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Jam Operasional: Senin - Minggu, Pukul 08.00 WITA - 20.00 WITA

Harga: Mulai menurut IDR10,000 buat dua gogoso & satu telur asin

Poto credit: jejakkulinerindo.wordpress.com

Makanan jenis kudapan yg poly hadir di hari penting umat Islam yaitu Lebaran ini dihidangkan dengan telur asin. Gogoso dapat dikatakan makanan ringan menurut beras ketan menggunakan proses memasaknya dibakar dan dibungkus menggunakan daun pisang. Kesukaan suku Bugis Makassar ini masih bisa dinikamti lantaran masih anda penjual yang tetap ingin menghadirkannya selain hari besar diatas. Rasanya yang sangat sedap & legit ini pastinya wajib masuk pada wisata kuliner anda selama traveling ke Makassar nanti.

#10. KAPURUNG.

Alamat: BTP Bumi Tamalanrea Permai, Jalan Tamalanrea Raya Blok C No.12A, Tamalanrea, Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Jam Operasional: Senin - Minggu, Pukul 10.00 WITA - 22.00 WITA

Harga: Mulai menurut IDR15,000 per porsi

Poto credit: traveltodayindonesia.com

Hidangan yg memakai daging ayam yang ditambah menggunakan adonan jenis sayuran dan tepung sagu ini yg permanen menjadi incaran para traveler merupakan bernama Kapurung. Sajian yg masih tradisional & wajib anda coba ini pula ada di Luwu & Palopo. Masih dibentuk secara tradisional ini mempunyai rasa asam cantik dan segar yang tetap eksis sampai sekarang ini walaupun anda masih berada di kota Makassar masih sangat gampang ditemukan penjualnya.

#11. MIE TITI.

Alamat: Jalan Boulevard No.25, Masale, Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Jam Operasional: Senin - Minggu, Pukul 10.00 WITA - 02.00 WITA

Harga: Mulai berdasarkan IDR15.000 buat satu porsi besar

Poto credit:indonesianfoods313.blogspot.com

Dengan sajian yang menjadikan pengecap anda tidak akan berhenti menikmati lezatnya masakan khas Makassar ini coba Mie Titi Panakukang menjadi dari menurut mie ini yang menjadi fenomenal ini. Rasanya sangat legit dan lezat menggunakan isian yang sangat berlimpah ruah dimulai menurut daging sapi sampai sea food ditambah menggunakan sayuran yang enak menyehatkan ini. Porsi yang sangat luar biasa akbar prosinya ini harus sebagai pilihan terbaik buat masakan selama di Makassar.

#12. PALLU CE'LA.

Alamat: Jalan Pangeran Diponegoro No.95, Melayu, Wajo, Melayu, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Jam Operasional: Senin - Minggu, Pukul 11.00 WITA - 21.00 WITA

Harga: Mulai berdasarkan IDR15.000 per porsi

Poto credit: cookpad.com

apabila anda pecinta hidangan ikan pada Makassar terdapat sajian yang harus anda coba bernama Pallu Ce'la yg terbuat berdasarkan pilihan jenis ikan seperti ikan cakalang, ikan Bolu, Sibula', Layang, atau Tembang. Penggunaan bumbu sangat sederhana sekali & pastinya mengahasilkan sajian yg sangat enak. Walau sederhana peminan kuliner sangat banyak dan sudah mencicipi sekali anda nir akan pernah melupakan.

#13. BEBEK PALEKKO.

Alamat: alan Tamalanrea Raya BTP Blok C No 27 A, Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Jam Operasional: Senin - Minggu, Pukul 09.00 WITA - 22.00 WITA

Harga: Mulai dari IDR40,000 buat bebek kecil dan IDR55,000 per porsi buat bebek berukuran akbar.

Poto credit: makassarkuliner.com

Para pecinta daging bebek di Makassar terdapat kuliner spesial yang wajib dicoba bernama Bebek Palekko. Daging yg empuk & paling favorit sang penduduk lokal & turis sudah sebagai destinasi wisata masakan. Hidangan khas menurut Bugis ini pastinya daging yg dicincang. Rasanya gurih dan pedas cocok sekali buat makan siang spesifik anda yg senang rasa ini wajib segera cicipi & dapat dinikmati menggunakan sepiring nasi hangat.

#14. BURASA.

Alamat: Jl. Bete-Bete No.35, Barana, Kec. Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Jam Operasional: Senin - Minggu, Pukul 07.30 WITA - 20.00 WITA

Harga: Mulai dari IDR5.000

Poto credit: en.Wikipedia.Org

Makanan khas Makassar yg terbuat dari beras seperti lontong ini menggunakan tekstur lembut yg dibungkus menggunakan daun pusang disantap diberi toping taburan jenis kelapa kering, cabe, garam, & gula. Sangat banyak sekali penjual yg menjajakan kuliner spesial ini khususnya pada pasar tradisional dan beberapa tempat penjual kue & makanan. Bersegera untuk menikmati sajian ini & rasakan keunikan sajian menggugah selera ini.

#15. SANGKOLO BAGADANG.

Alamat: Jl. Pannara No.19, Antang, Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam

Harga: Mulai dari IDR5,000 per porsi

Poto credit: eljohnnews.com

Saat lapar tengah malam sudah tentu pasti hidangan yg terdapat pada Makassar ini akan menemani waktu yang sangat berharga apalagi anda yg suka melek tengah malam harus mencoba sangkolo bagadang. Nasi ketan hitam atau putih menjadi pilihan ini ditaburi menggunakan parutan kelapa sangrai dan serundeng sangat digemari bahkan memiliki pesona tersendiri buat mengguncang lidah anda. Ada juga traveler menambah dengan telor atau sambel kuning hingga teri asin tentu menaruh pesona rasa tersendiri. Menurut penduduk hidangan ini poly dijumpai saat terdapat acara norma pada Sulawesi Selatan & beruntunglah anda ketika menyantap sajian ini saat berada pada Makassar akan menjadi terhormat mencicipi cita rasanya masakan spesial yg sebagai krusial di acara tata cara.

#16. SARABBA.

Alamat: Jl. Bulu Saraung, Pisang Utara, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Jam Operasional: Senin - Minggu, Pukul 07.30 WITA - 22.00 WITA

Harga: Mulai menurut IDR7.500 s/d IDR10,000 buat jenis sarabba yang tersedia.

Poto credit: beritagar.id

Minuman kesehatan khas jua ada pada Makassar, seperti minuman tradisional yang terdapat di wilayah lain misalnya STMJ, wedang uwuh, nah disini anda harus mencoba yaitu minuman Sarabba. Minuman kesehatan yg terbuat menurut bahan-bahan yg sangat sehat misalnya kuning telur, campuran jahe, merica bubuk, gula aren diracik sampai sebagai minuman yang hangat. Sensasi minum di cuaca dingin pada malam hari inilah jagoannya di Makassar. Cukup terjangkau & poly penjual yg menjajakan minuman ini khususnya bagi pengunjung yg butuh minuman hangat di malam hari ya niscaya mencari Sarabba. Sarabba adalah minuman-khas-Makassar sehat dan menyehatkan bagi tubuh.

#17. KONRO BAKAR.

Alamat: Jalan Gunung Lompo Battang No.41-43, Pisang Utara, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Jam Operasional: Senin - Minggu, Pukul 11.00 WITA - 23.00 WITA

Harga: Mulai menurut IDR40.000 per porsi

Poto credit: namnamstory.blogspot.com

Setelah anda menikmati sop konro yang sangat fenomenal bagi lidah traveler, sekarang ada varian lain yaitu konro bakar. Menu khas & menaruh perbedaan makna baru buat sebuah hidangan makanan khas Makassar ini sudah bermetamorfosis menjadi pilihan yg tidak akan pernah terlewatkan. Iga yang ada daging masih inheren pada tulang pastinya berdasarkan sapi pilihan ini diracik dengan bumbu yg sangat komplit sehingga anda akan menikmatinya disaat bumbu yg menyatu di konro bakar akan belepotan di bibir. Tidak usah malu lantaran setiap penikmat konro bakar akan merasakan situasi ini & terasa nikmat dengan hidangan nasi panas yg menggelora kesukaan makan.

#18. SOP UBI.

Alamat: Jl. Datumuseng (Dalam Lorong) (Samping RS Stella Maris), Makassar, Sulawesi Selatan

Jam Operasional: Senin - Minggu, Pukul 10.00 WITA - 22.00 WITA

Harga: Mulai dari IDR20,000 per porsi

Poto credit: beritamks.com

Olahan masakan spesial Makassar lainnya yaitu terbuat berdasarkan ubi yg tentu memberikan citra rasa baru yang tidak sama hadir di pilihan wisata kuliner anda nanti. Bentuk sop yg isiannya ubi dipotong mini ditambah dengan telur, toge, bihun, bawang goreng, daun bawang, rabat daging. Hidangan ini sangat cocok sekali disantap masih panas & akan tambah paripurna lagi cita rasanya bila anda menambahkan jenis kerupuk selera. Jadi, jangan pernah lewatkan menu sop ubi ini lantaran telah sebagai destinasi pilihan traveler di wisata masakan nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar